Melahirkan Caesar ERACS Pakai BPJS, Gratis dan Caranya Mudah!

Melahirkan caesar minim rasa sakit dengan metode ERACS kini dapat dinikmati semua kalangan, biayanya yang mahal bukan lagi halangan karena bisa ditanggung BPJS.


Ilsutrasi kelahiran anak (pexels.com/rene-asmussen)

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Merupakan asuransi yang diwajibkan oleh pemerintah bagi seluruh warga Indonesia. Salah satu program BPJS adalah BPJS Kesehatan yang menjamin biaya pengobatan dengan skema kelas, namun berita terbaru mengabarkan bahwa skema kelas tersebut akan dihapus dan digeneralisasikan tahun mendatang.

Saat ini para ibu tidak perlu khawatir untuk biaya melahirkan karena BPJS juga dapat digunakan sebagai jaminan, baik melahirkan secara normal ataupun melalui operasi caesar. Berikut ulasan terkait penggunaan BPJS sebagai jaminan melahirkan operasi caesar :

1. BPJS menanggung biaya persalinan

Adanya jaminan kesehatan ini sangat meringankan orang tua dalam persiapan menyambut kelahiran anak mereka, karena masih banyak lagi hal-hal yang perlu disiapkan selain biaya persalinan dan pastinya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

2. BPJS menanggung biaya caesar ERACS

Operasi caesar seringkali ditakuti oleh calon ibu yang baru pertama kali melakukannya, sehingga tak sedikit para ibu yang menjelang operasi tekanan darah naik karena gugup dan terlalu stress. Padahal tekanan darah yang tinggi harus dihindari agar tidak membahayakan ibu dan janinnya. Saat ini ada metode baru dalam melahirkan secara caesar, yaitu metode ERACS.

Enhanced Recovery After Cesarean Surgery (ERACS) adalah metode operasi caesar dengan pendekatan khusus perawatan untuk mengoptimalkan kesehatan ibu, sebelum, selama, dan setelah menjalani operasi caesar. Tujuannya, agar mobilitas dan proses penyembuhan atau recovery persalinan dapat dipercepat.

Metode ini diklaim dapat meminimalisir rasa sakit serta mempercepat pemulihan pasca operasi jika dibandingkan dengan operasi konvensional. Biaya yang dikeluarkan untuk melakukan operasi ERACS ini tentunya juga lebih mahal. Namun kabar bahagianya adalah BPJS juga dapat kita gunakan untuk prosedur operasi dengan metode ini, sehingga para ibu tidak perlu khawatir lagi.

Baca Juga: Gizi pada Ibu Hamil: Kebutuhan Gizi dan Gaya Hidup Sehat Selama Hamil

3. Operasi caesar diputuskan atas rekomendasi dokter

Perlu diketahui bahwa BPJS menanggung biaya operasi caesar jika memang dokter yang menyarankan hal tersebut, artinya kehamilan tergolong beresiko jika melahirkan secara normal.

BPJS tidak dapat digunakan jika kalian sendiri yang meminta operasi caesar tanpa ada rekomendasi dokter, untuk itu jika kehamilan tidak beresiko kalian harus melahirkan secara normal agar bisa ditanggung BPJS.

4. Tidak semua rumah sakit melayani operasi caesar metode ERACS

Meskipun BPJS dapat menanggung biayanya, namun kalian harus memastikan terlebih dahulu apakah rumah sakit yang dituju melayani metode ERACS tersebut. Karena masih tergolong metode baru sehingga tidak semua rumah sakit menyediakannya.

5. Pelayanan caesar ERACS tidak ditanggung penuh oleh BPJS

Meskipun BPJS menanggung penuh biaya persalinan caesar konvensional, namun untuk caesar ERACS perlu kalian konfirmasi terlebih dahulu untuk mengetahui kepastiannya.

Berdasarkan pengalaman pribadi saat melakukan survey ke beberapa rumah sakit di Surabaya, ada rumah sakit yang masih harus membayar sebesar Rp 1,5 Juta dan ada yang Rp 3 Juta. Namun ada juga rumah sakit yang benar-benar gratis dalam memberikan pelayanan ERACS ini.

6. Berkas yang harus dipersiapkan 

Jika kalian berencana menggunakan BPJS sebagai jaminan melahirkan, maka kalian harus menyiapkan surat rujukan dari faskes satu, foto copy dan KTP asli peserta, foto copy dan KTP asli suami atau wali, foto copy dan Kartu BPJS asli peserta, foto copy dan kartu keluarga (KK) asli, buku kesehatan ibu dan anak (KIA).

Hampir sama seperti melahirkan caesar konvensional, suami atau wali yang bertanggung jawab akan diminta untuk mengisi formulir rawat inap dan beberapa formulir lainnya sebelum prosedur operasi ERACS dilakukan. Jika sudah selesai mengisi berkas selanjutnya akan dibawa menuju kamar inap, jika kamar masih belum tersedia biasanya kalian harus menunggu sementara waktu di UGD.

Nah, itulah beberapa informasi penggunaan BPJS untuk biaya melahirkan secara melalui metode  persalinan ERACS.

Baca Juga: 6 Cara Jitu Turunkan Demam pada Anak, Jangan Langsung Minum Obat!

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *