Masih Sering Mager? Lakukan 5 Tips Ini Untuk Mulai Aktif Bergerak!

Siapa nih yang suka sering mager? Merapat yuuuk.


Ilsutrasi mager (pixabay.com/CoxinhaFotos)

Istilah mager sudah umum terdengar di semua kalangan, apalagi bersumber di ranah dunia virtual dan sosial media. Mager atau malas gerak pastilah selalu erat kaitannya dengan hal yang bersifat pasif dan terlalu membuang-buang waktu di dalam kesantaian selama berjam-jam, bahkan taraf waktunya tidak bisa ditentukan.

Terkadang sebagai manusia pasti pernah merasa ketika melakukan kemageran ini adalah sesuatu yang salah, tapi tidak tahu bagaimana cara menanggulanginya. Apalagi, kalau sudah ditemani beragam pendamping camilan, fitur-fitur menyenangkan seperti tayangan kesukaan, dan lain sebagainya. Tidak bisa dipungkiri, waktu seakan-akan puas melumat tanpa menghiraukan mager yang sedang menggerogoti diri Anda.

Cuplikan tips-tips di bawah ini menjadi referensi dan mengajak Anda agar terhindar dari kemageran.

1. Kurangi Bergadang

Ilustrasi bergadang bermain kartu (pixabay.com/jlaso)

Tidur merupakan kebutuhan dasar manusia yang mutlak harus dipenuhi oleh semua manusia. Setiap orang memerlukan tidur yang cukup untuk dapat melakukan kegiatan secara optimal di kemudian hari. Manfaat dari tidur itu sendiri adalah untuk mengistirahatkan tubuh sehingga setiap orang pasti membutuhkannya. Tidur juga memiliki beberapa dampak positif, yaitu memperbaiki sel rusak, meningkatkan daya ingat, mencegah penyakit, meningkatkan energi, dan mencegah stres.

Bergadang dapat mempengaruhi pola tidur. Pola tidur yang buruk mengakibatkan kesehatan fisiologis dan psikologis menurun. Secara fisiologis, pola tidur yang buruk dapat menyebabkan rendahnya tingkat kesehatan individu dan meningkatkan kelelahan atau mudah letih. Secara psikologis, dapat mengakibatkan ketidakstabilan emosional, kurang percaya diri, impulsif yang berlebihan dan kecerobohan. Jika sudah menjadi kebiasaan, bergadang bisa juga berbahaya bagi kesehatan psikis yang mana salah satunya ialah menyebabkan Anda sulit berkonsentrasi. Selain berbahaya terhadap psikis, dampak paling besar yang bisa terjadi adalah kematian.

Anda benar-benar harus mengusahakan tidur 6-8 jam setiap hari agar lebih segar di saat bangun keesokan paginya. Kalau bisa, buatlah kegiatan rutin sebelum tidur biar lebih rileks dan gampang tidur, misalnya mendengarkan lagu beritme mendayu (slow), minum teh hangat, atau memasang lampu aromaterapi.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Kegiatan Menyenangkan Untuk Isi Waktu Luangmu

2. Buat Jadwal Olahraga Setiap Minggu

Ilustrasi berolahraga bersama teman (pixabay.com/12019/ 10255)

Olahraga membantu merangsang otot-otot dan bagian tubuh lainnya untuk bergerak. Otot-otot menjadi terlatih, sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh pun menjadi lancar sehingga metabolisme tubuh menjadi optimal. Tubuh akan terasa segar dan otak sebagai pusat saraf pun akan bekerja menjadi lebih baik.

Berolahraga merupakan salah satu aspek penting dalam membentuk tubuh yang sehat dan bugar. Olahraga perlu dilakukan secara teratur dalam durasi waktu tertentu. Selain itu, olahraga yang dilakukan tidak harus membuat tubuh melakukan hal yang berat. Kegiatan olahraga juga bisa dilakukan dengan melakukan beberapa jenis gerakan ringan, santai, dan menyenangkan.

Setidaknya Anda harus melakukan olahraga 3-4 kali setiap minggu. Anda bisa mengatur jadwalnya dan melakukan aktivitas yang seru untuk menghilangkan stres, dan menggerakkan segala sendi di sekujur tubuh.

Baca Juga: Kerap Merasa Hampa dan Kesepian? 5 Tips Berikut Ampuh Mengatasinya!

3. Jangan Terlalu Sering Overthinking

Ilustrasi overthingking (pixabay.com/ambermb)

Overthinking menjadikan Anda memikirkan ketakutan-ketakutan yang belum tentu terjadi sehingga menimbulkan kecemasan. Anda mesti temukan apa yang menyebabkan overthinking dan cari tahu permasalahan apa sehingga terjerumus ke dalam overthinking dan melihat semuanya dengan sudut pandang yang lebih luas sehingga dapat berpikir secara jernih dan positif.

Mengucapkan kalimat yang positif kepada diri sendiri juga akan membantu diri untuk berhenti memikirkan sesuatu secara berlebihan seperti itu.

Kalau Anda tipe yang mudah overthingking dan akhirnya menjadi mager karena terlalu banyak berpikir, cobalah tetapkan aturan lima detik. Maksudnya ialah sewaktu Anda ragu, hitunglah mundur dari 5-4-3-2-1, lalu berikan jawaban kepastian.

4. Gantilah Kata ‘Harus’ Jadi ‘Ingin’

Ilustrasi berfikir positif (pixabay.com/sweetlouise)

Dalam mengatasi mager, hal yang paling penting itu adalah Anda harus bisa berpikir positif dan melihat sisi baik dari semua ajakan teman atau pekerjaan yang harus Anda lakukan.

Jadi, daripada mengatakan ‘aku harus melakukan itu’, sekarang ubahlah menjadi ‘aku ingin melakukan itu’.

5. Buat Batas Waktu

Ilustrasi memperhatikan waktu (pixabay.com/JESHOOTS-com)

Biasakanlah menetapkan jangka waktu kapan Anda harus melakukan sesuatu dengan tenggat waktu yang jelas. Karena itu bisa membuatmu menumbuhkan kedisiplinan dalam diri.

Bagaimana? Apa sudah tercerahkan? Atau masih ingin terus pelihara mager?

Lalu, apa memang kita sebagai manusia tidak diizinkan memiliki waktu santai sama sekali? Nah, ada yang perlu diingat juga. Bukan berarti manusia tidak boleh membutuhkan waktu luang untuk berleha-leha dan menghabiskan waktu rehatnya dengan tanpa kegiatan apa pun.

Namun, jika waktu kosong yang dihabiskan seperti tanpa ada arah dan titik akhirnya tidak jelas ditemukan, sebaiknya dari sekarang harus dibiasakan menerapkan tips-tips yang sudah dipaparkan sebelumnya agar jauh lebih berfaedah dan menjadi pribadi yang produktif.

 

Sumber :

Pane, Bessy Sitorus. “PERANAN OLAHRAGA DALAM MENINGKATKAN KESEHATAN.” JURNAL Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 21 Nomor 79 Tahun XXI Maret 2015 1

Utami, Tika Setia dkk. “Dampak Overthinking Dan Pencegahannya Menurut Muhammad Quraish Shihab Studi Surah Al-Hujurat Ayat 12.” Al Wasathiyah: Journal of Islamic Studies Volume 2 Nomor 1 (2023)

Baca Juga: 5 Tips Tetap Eksis Bekerja, Walau Lagi Galau!

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Emperor

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *