Kamu Sering Overthinking? Kurangi Dengan 5 Cara Ini!

Siapa hayo yang suka overthinking? Overthinking itu tidak baik lho untuk kamu, Ayo kurangi dengan cara dibawah!


Ilustrasi overthinking (pexels.com/(KarolinaGrabowska)

Overthinking merupakan keadaan dimana pemikiran kita terlalu jauh hingga mengakibatkan munculnya hal-hal yang negatif, yang sebenarnya hal negatif tersebut belum tentu terjadi. Hal ini dapat diakibatkan oleh keadaan yang sering membuat kita kecewa, sehingga akhirnya kita terus menerus berpikiran negatif karena tidak mau berekspetasi tinggi dan pada akhirnya kecewa.

Tapi meskipun begitu, overthinking ini bukanlah hal yang baik, karena jika pikiran kita terus-menerus negatif, maka secara tidak sadar kita menjadi pasrah tidak berusaha dengan maksimal dan akhirnya hasilnya pun buruk. Oleh karena itu, kurangi yuk overthinking ini dengan mencoba cara di bawah!

1. Belajar dari masa lalu

Ketika kejadian masa lalu yang buruk menimpa kita bukan berarti masa depan kita pun akan buruk juga. Oleh karenanya, kita harus bisa belajar dari masa lalu, ubahlah perspektif kita dalam melihat masa depan. Jangan sampai, kita terus berpikiran buruk hingga lupa dan tidak berusaha untuk menjadi lebih baik dari masa lalu.

Cara belajar nya pun, bisa kita peroleh mulai dari menganalisa apa penyebab dari kejadian buruk tersebut lalu, bagaimana cara mengatasinya agar kejadian tersebut tidak terulang. Hal ini bisa membuat kita menghindari kejadian buruk tersebut.

2. Berhenti berekspetasi pada masa depan

Seringkali kita hanya berfokus kepada masalah, sehingga masalahnya terlihat sangat besar dan sulit untuk diatasi, padahal sebenarnya masalah tersebut bisa kita atasi dengan melihatnya secara keseluruhan. Maksudnya ialah daripada kita berfokus terhadap masalah yang ada, lebih baik kita mencoba mencari solusinya, misalnya dengan fokus pada hal yang bisa kita lakukan sekarang bukan berfokus kepada masalah yang akan datang nantinya.

Intinya kita jangan terlalu berekspetasi tinggi terhadap masa depan dengan memperkirakan masalah yang belum tentu terjadi, kita boleh melihat masalah kedepannya namun jangan sampai merusak langkah kita saat ini.

Baca Juga: 5 Cara Mindfulness Untuk Meredakan Stress

3. Sadari fase overthinking

Sebelum kita overthinking berlebihan, baiknya kita harus sadari, pahami dengan betul bagaimana ciri-ciri kita akan overthinking dan apa penyebab nya. Jika kita tahu ciri dan penyebabnya apa, maka kita pun bisa menghindari overthinking tersebut dan ubah pola pikir dengan konstruktif.

Lakukan penghindaran overthinking sedini mungkin, agar kita tidak overthinking terlalu jauh, karna semakin dalam overthinking kita maka semakin negatif juga pikiran kita terhadap suatu hal.

4. Diskusikan pikiran tersebut dengan orang lain

Diskusi dengan orang lain disini adalah untuk mencari solusi bukan untuk berkeluh kesah dan berfokus kepada masalah yang akhirnya masalah tersebut tidak terselesaikan. Jika kita mempunyai masalah yang bisa dibagi dengan orang lain dan orang lain pun bisa membantunya maka, kita bisa menghindari overthinking tersebut, karena masalah selesai dengan adanya solusi yang diberikan orang lain ini.

Baca Juga: 5 Tips untuk Jadi Orang Sukses

5. Aplikasikan mindfulness

Merupakan salah satu cara untuk bisa lebih konsentrasi dan fokus terhadap aktivitas yang dilakukan. Mindfulness ini dapat dilakukan dengan meditasi dan hal lain yang dapat membuat kita fokus dan menyadari hal-hal yang dapat kita lakukan.

Dengan overthinking, kita hanya berfokus terhadap masalah bukan terhadap solusi yang bisa kita lakukan dari sekarang, oleh karena itu, kita dapat melakukan hal yang bisa kita kendalikan dari sekarang. Untuk hal-hal kedepan yang diluar kendali, kita bisa mencari solusinya di kemudian hari.

Semangat para pejuang overthinking. Semoga kita bisa mengatasinya dengan cara-cara di atas ya.
Ganbatte…..

Thanks for reading
Source : Channel Youtube Satu Persen

Baca Juga: 10 Fakta Unik Tipe Kepribadian ISFJ

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Explorer

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *