Bikin Adem, Inilah 5 Quotes Habib Ja’far yang Sangat Menginspirasi

Salah satu quotes Habib Ja'far, "Jika pembenci memikirkan hal yang dibenci, maka kehidupannya selalu suram..."


2

Habib Husein Ja’far Al Hadar adalah salah satu pendakwah yang saat ini menarik perhatian banyak orang, khususnya kaum muda milenial. Walaupun beliau merupakan salah satu keturunan Nabi Muhammad SAW yang terbukti melalui Rabithah Alawiyah dengan marga Al Hadar, beliau tetap terbilang asik khususnya bagi kaum milenial dengan ciri khas dakwahnya yang santai dan disisipi humor.

Berbeda dengan kebanyakan pendakwah pada umumnya, Habib Ja’far selalu tampil menyenangkan dengan menyisipkan humor di materi dakwahnya yang mendalam. Bahkan, dalam channel Youtube Majelis Lucu Indonesia (MLI) beliau pernah terlibat dalam konten ‘Pemuda Tersesat’ hingga sempat menjadi channel Youtube sendiri yakni Pemuda Tersesat.

Dalam konten serta channel yang bertemakan pemuda tersesat tersebut, beliau bertugas menjawab pertanyaan nyeleneh mengenai keislaman, dan dapat menjawab pertanyaan nyeleneh tersebut dengan lucu dan benar.

Dan dibalik penampilan serta pembawaan santainya tersebut, beliau kerap kali menyisipkan quotes atau kata-kata mutiara dalam dakwahnya. Dan berikut adalah lima diantaranya.

1. Meninggalkan kesan yang baik lebih penting dalam dakwah ketimbang menyampaikan pesan yang baik

Kebanyakan orang khususnya pendakwah selalu mementingkan untuk menyampaikan pesan yang baik dengan cara apapun. Sebenarnya itu tidak salah, karena esensi dari berdakwah adalah menyampaikan kebaikan. Tetapi, alangkah lebih baiknya, ketika menyampaikan sesuatu yang baik maka lakukanlah dengan cara yang tepat dan baik pula. Sehingga akan menimbulkan kesan baik dan pesan baik yang kita sampaikan akan teringat.

2. Ibadah termulia adalah memasukkan kebahagiaan pada hati orang lain

Terdengar sederhana, tetapi sangat bermakna. Kata tersebut sangatlah cocok ditujukan untuk quotes Habib Ja’far yang satu ini. Yang dimana arti dari quotes tersebut adalah diantara sekian banyak ibadah, janganlah lupa untuk membantu serta membahagiakan orang lain. Karena membahagiakan orang lain, juga termasuk ibadah yang paling mulia.

Baca Juga: Hukum Berteman dengan Nonmuslim, Menurut Ulama Ahli Tafsir

3. Tugasmu di mata Tuhan itu menjadi baik, bukan terlihat baik di mata manusia

Manusia merupakan salah satu makhluk ciptaan Tuhan, manusia juga merupakan makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna. Dan Tuhan memerintahkan hamba-Nya agar senantiasa menjadi manusia yang baik. Kendati demikian, ada kalanya kita mungkin kita tak terlihat baik di mata manusia, bahkan mungkin dianggap kurang baik. Tetapi, tetaplah sabar dan teruslah baik karena Tuhan menyuruh kita untuk menjadi baik, bukan untuk terlihat baik.

4. Guru adalah siapa saja yang mengajariku walau sehuruf. Maka, berakhlaklah pada siapapun. Karena bisa jadi Ia gurumu yang tidak kamu sadari

Berakhlak dan berbuat baik kepada guru merupakan salah satu kewajiban yang paling utama dalam menjadi seorang murid. Murid haruslah sopan dan bertata krama yang baik kepada siapapun terkhusus kepada seorang guru. Dan menurut Habib Ja’far, siapapun yang pernah temui bahkan mungkin belum pernah kita temui bisa saja menjadi seorang guru. Karena pelajaran sekecil apapun yang kita dapatkan dari orang lain, maka orang tersebut layak kita anggap dan perlakukan seperti seorang guru. Oleh karena itu, alangkah lebih baiknya untuk kita berbuat baik kepada siapapun, karena mungkin mereka pernah memberikan pelajaran kepada kita.

5. Pembenci memikirkan yang dibenci. Maka hidupnya selalu suram. Pecinta memikirkan yang dicinta, maka hidupnya selalu cerah.

Manusia pasti memiliki sesuatu yang mereka benci dan sesuatu yang mereka cinta. Tetapi terkadang, manusia hanyut dalam rasa kebencian yang ia punya. Oleh karena itu, jadilah orang yang selalu dipenuhi rasa cinta atau rasa bahagia sehingga hidup yang dijalani akan menjadi lebih cerah dalam artian menjadi lebih bahagia.

Selain aktif sebagai penulis buku, Habib Ja’far saat ini masih eksis sebagai pendakwah terkhusus melalui channel Youtube nya yang bernama Jeda Nulis. Jadi kalau kalian ingin mendapatkan siraman rohani yang dengan pembawaan yang santai, channel Jeda Nulis adalah salah satunya. Dan itu tadi merupakan lima quotes dari Habib Ja’far yang bikin adem. Semoga bermanfaat ya!

Baca Juga: Renungan tentang kematian

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

2

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *