7 Ide Bisnis Online Tahun 2024, Penghasil Banyak Cuan!


Ilustrasi ide bisnis online tahun 2024 (pixabay.com/geralt)

Semakin maraknya dunia digital, membuat orang mencari kesempatan melakukan bisnis secara online. Apalagi banyak perusahaan dan instansi yang menerapkan sistem bekerja dari rumah.

Banyak orang memprediksi pada tahun 2024, akan terjadi resesi ekonomi yang cukup parah di seluruh dunia. Salah satu sebabnya adalah perang antara Rusia – Ukraina, Israel – Palestina yang cukup banyak mempengaruhi ekonomi dunia.

Masyarakat saat ini sudah melek teknologi, dan hampir setiap harinya menggunakan internet. Melihat pangsa pasar seperti itu, tidak salah jika kita menggunakan media internet sebagai media bisnis di tahun 2024. Ditambah lagi dengan adanya prediksi resesi ekonomi di tahun 2024, peluang keuntungan dari bisnis online semakin terbuka lebar.

Nah, berikut ini ulasan mengenai lima ide bisnis online tahun 2024!

1. Membuat Online Shop

Ilustrasi melakukan kegiatan online shop (pixabay.com/ justynafaliszek)

Ide bisnis online tahun 2024 yang pertama adalah menbuat online shop. Animo masyarakat terhadap bisnis online sangat tinggi. Ini bisa dilihat dari semakin banyaknya online shop yang tumbuh dan berkembang.

Tentu kamu tidak perlu terburu-buru untuk ikutan membuat situs online shop. Kamu bisa memulai jualan online dari media sosial yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat. Media sosial merupakan media yang paling banyak digunakan masyarakat dalam penggunaan internet.

Dengan menggunakan media sosial, kamu dapat mempromosikan dan menjual barang dagangan kamu secara gratis. Tentu tetap selalu berhati-hati dan bijak dalam menggunakan media sosial untuk berjualan online, karena sudah banyak kasus penipuan yang terjadi.

Perhatikan dan teliti kembali calon pembeli kamu, sebelum kamu memutuskan untuk mengirimkan barang dagangan kamu.

Baca Juga:

2. Menjadi penulis artikel ataupun copy writer

Ilustrasi menulis (pixabay.com/StockSnap)

Jika kamu hobi menulis, kamu bisa kok menyalurkan hobi kamu menjadi suatu hal yang lebih bermanfaat bagi kamu. Kamu bisa mengirimkan karya tulisan kamu ke media online ataupun media cetak. Saat ini banyak platform media yang menyediakan ruang bagi penulis luar untuk ikut berkontribusi.

Selain memberikan manfaat finansial bagi kamu, tulisan kamu yang berhasil diterbitkan di berbagai media, juga bermanfaat bagi orang lain. Dan tentunya akan menjadi salah satu ladang amal kita, karena kita memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain.

Selain menulis artikel, ada juga yang menulis untuk tujuan mempromosikan suatu produk barang atau jasa. Hal seperti itu disebut copy writer. Copy writer mempunyai tugas untuk mempengaruhi seseorang melalui tulisannya. Selain mempunyai keahlian menulis, seorang Copy writer juga harus mempunyai keahlian disain grafis. Banyak perusahaan yang mencari copy writer freelance atau pun tetap, untuk membantu mendisain tulisan dan gambar produknya.

Baca Juga:

3. Menjadi content creator video

Ilustrasi menjadi content creator video (pixabay.com/One_Time013)

Selain dari karya tulisan atau artikel kamu, kamu juga bisa membuat konten-konten video yang nantinya bisa kamu upload di media sosial seperti youtube, tiktok, dan lain sebagainya.

Hampir sama seperti sebuah website atau blog, content creator mendapatkan pemasukan dari iklan-iklan yang tayang di video yang sudah ditayangkan. Untuk itu perlu perjuangan yang keras, agar video kamu, ditonton oleh banyak orang.

Bahkan para public figure seperti selebritis, seringkali mengunggah video-video mereka di chanel video online. Hasilnya pun luar biasa, bermilyar-milyar rupiah dalam satu bulan bisa didapat oleh mereka.

4. Menjadi Reseller

Reseller online (herugan.com)

Reseller berarti kamu membantu menjual barang dan jasa milik orang lain. Nantinya kamu akan mendapatkan fee atau komisi dari hasil penjualan yang sudah berhasil kamu lakukan. Banyak kok para UMKM yang membutuhkan jasa reseller untuk menjual produk mereka.

Kamu bisa menjual produk-produk reseller tersebut dengan membuka toko sendiri, ataupun bisa menggunakan media sosial sebagai media promosi. Mudah kan?

5. Menjadi Influencer

Ilustrasi menjadi influencer (pixabay.com/geralt)

Salah satu ide bisnis onlinetahun 2024 ini adalah menjadi influencer. Influencer bisa diartikan sebagai model yang membantu mempromosikan suatu produk ke masyarakat melalui media sosial. Namun, untuk menjadi influencer dibutuhkan jumlah pengikut di media sosial yang banyak.

Untuk bisa mendapatkan jumlah folower yang banyak, kamu harus dapat membangun branding atau aktivitas pencitraan media sosial kamu dengan baik. Dengan semakin banyak nya pengikut di media sosial kamu, semakin banyak pula kamu bisa mendapatkan kesempatan menjadi influencer dari suatu produk.

Baca Juga:

6. Guru privat atau kursus online

Ilustrasi guru priat online (pixabay.com/jagritparajuli99)

Salah satu sisi positif dari pandemi covid 19 beberapa tahun lalu, adalah banyaknya guru yang mengajarkan les privat kepada muridnya secara online. Kamu bisa menggunakan media online meeting seperti zoom, google meet, dan lain sebagainya, sebagai ruang belajar yang mempertemukan murid dengan guru.

Dengan menjadi guru privat atau kursus online, kamu bisa punya banyak waktu untuk mengajar hingga 5 murid dalam satu hari. Untuk menghemat waktu, kamu juga bisa membentuk kelompok belajar yang isinya terdiri dari beberapa siswa, dengan 2-3 kali pertemuan online setiap minggunya.

Nah itulah tujuh ide bisnis online tahun 2024 ini yang bisa menghasilkan banyak cuan. Mudah-mudahan tahun ini adalah tahun terbaik dalam kehidupan kita.

Baca Juga: Manfaatkan Kreatifitas, Ini 5 Peluang Usaha Modal Kecil

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Legend

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *