4 Tips Memilih Sunscreen yang Bagus


Ilustrasi menggunakan sunscreen (pixabay.com/chezbeate)

Penggunaan sunscreen menjadi wajib setiap hari untuk menjaga kulit agar tidak mudah terbakar oleh sinar matahari dan menyebabkan penuaan dini. Banyak orang yang melewatkan tahap menggunakan sunscreen karena merasa berat di kulit, berminyak dan kurang nyaman. Hal ini tidak perlu dihindari karena pemilihan sunscreen yang tepat akan sangat membantu kulit dari paparan sinar UVA dan UVB.

Beberapa pengaruh buruk dari sinar UV yang dapat merusak kulit diantaranya:

Flek dan Bintik Hitam pada Wajah

Paparan sinar matahari dalam jangka waktu yang lama tanpa perlindungan sunscreen atau sunblock dapat memicu produksi melanin dalam kulit. Apabila melanin tidak dapat disekresikan dengan baik, produksi melanin yang berlebih dapat menumpuk pada kulit bagian dalam dan menyebabkan munculnya flek atau bintik hitam pada wajah.

Kulit menjadi Kering

Kulit yang terkena paparan sinar matahari dalam jangka waktu lama tanpa perlindungan dapat menyebabkan berkurangnya kadar air dalam kulit. Apabila kandungan air dalam kulit berkurang, maka akan menyebabkan sulit berkembangnya sel lapisan terluar kulit sehingga menurunkan fungsi pelindung kulit. Hal ini berujung pada kulit yang menjadi lebih kering. Bila sel kulit yang kering semakin bertambah, tekstur kulit akan menjadi kasar.

Demi mendapatkan perlindungan kulit dari paparan sinar matahari, penggunaan sunscreen atau sunblock sangatlah penting. Pemilihan sunscreen yang sesuai dengan kulit juga menjadi salah satu syarat untuk mendapatkan perlindungan yang sesuai pula.

Bagaimana cara memilih sunscreen yang tepat untuk kulit?, Yuk simak!

1. Sesuaikan dengan jenis kulit

Kulit Berminyak atau Berjerawat

Kulit Berminyak (idntimes.com)

Sunscreen dengan kandungan oil control/oil free, non-comedogenic dan anti sebum cocok digunakan untuk jenis kulit berminyak dan bererawat. Oil control pada sunscreen mencegah sensasi licin pada wajah karena minyak berlebih, sedangkan non-comedogenic artinya produk tidak mengandung bahan yang dapat menyumbat pori-pori.

Hal ini penting untuk memastikan produk mudah untuk dibersihkan agar sisa produk yang menempel dikulit tidak menyumbat pori-pori dan dapat menimbulkan komedo dan jerawat.

Baca Juga: 5 Cara Alami Atasi Keriput, Untuk Mencegah Penuaan Dini

Kulit Kering
Ilustrasi kulit kering (hot.liputan6.com)

Sunscreen yang melembabkan sangat cocok untuk jenis kulit kering. Sunscreen dengan kandungan yang melembabkan seperti aloe vera, lanolin atau mineral oil sangat cocok untuk melembabkan kulit kering. Kulit kering juga sebaiknya memilih jenis sunscreen yang bertekstur ringan dan mudah meresap dengan kandungan SPF minimal 30.

Sebaliknya, lebih baik menghindari suncreen dengan kandungan alkohol, paraben, dan parfum karena menyebabkan kulit iritasi, peradangan kulit dan pengelupasan pada kulit.

Kulit Sensitif

Ilustrasi kulit sensitif (lifestyle.okezone.com)

Kandungan atau komposisi UVA dari sunscreen yang digunakan sangat penting untuk kulit sensitif. Produk yang sebisa mungkin dihindari adalah produk dengan kandungan para-aminobenoic acid (PABA), dioxybenzone, oxybenzone, atau sulisobenzone. 

Sedangkan kandungan yang relatif aman dalam sunscreen untuk kulit sensitif adalah titanium dioxide dan zinc oxide.

2. Pemilihan tekstur yang nyaman digunakan

Gel

Tekstur gel (journal.sociolla.com)

Tekstur gel biasanya akan lebih mudah menyerap dan tidak meninggalkan rasa lengket di kulit. Jenis tekstur gel ini cocok untuk pengguna yang tidak menyukai produk yang terlalu berat dan berminyak di kulit wajah. Sunscreen gel cocok digunakan untuk kulit berminyak karena kemampuannya menyerap ke dalam kulit. Sehingga produk tidak membuat kulit terlihat makin berminyak.

Cream dan Lotion

Tekstur cream atau lotion (journal.sociolla.com)

Sunscreen dengan tekstur cream atau lotion cocok untuk jenis kulit yang kering karena lebih melembabkan dibandingkan jenis lainnya. Hal ini dikarenakan tekstur cream atau lotion memiliki formula yang ringan dan mudah meresap ke dalam kulit. Sehingga mampu melembabkan kulit kering dengan efektif.

Spray

Tekstur Spray (journal.sociolla.com)

Jenis sunscreen spray sangat mudah diaplikasikan dan praktis untuk dibawa kemana-mana. Jenis sunscreen ini sangat sesuai untuk anda yang memiliki banyak aktivitas di luar rumah karena mudah diaplikasikan. Sunscreen spray juga baik dalam pemakaian kedua atau pengaplikasian ulang.

Baca Juga: 5 Macam Bahan Alami Dalam Sabun Natural Yang Baik Untuk Kesehatan Kulit

3. Sesuaikan dengan Aktivitas

Aktivitas di luar ruangan (journal.sociolla.com)

Demi mendapatkan hasil dan perlindungan yang maksimal, penggunaan sunscreen harus disesuaikan dengan aktivitas. Sunscreen untuk aktivitas diluar rumah akan berbeda dengan aktivitas di dalam rumah, karena sinar matahari langsung akan terpapar lebih sering saat aktivitas di luar rumah.

Perlu diperhatikan juga bahwa sinar UVA dan UVB juga bisa menembus jendela kaca saat kita berada dalam ruangan dengan tingkat SPF/PA berbeda, sehingga sunscreen dibutuhkan baik di luar maupun di dalam rumah.

Aktivitas di dalam ruangan dapat menggunakan SPF 15 PA+, sedangkan aktivitas di luar ruangan untuk sementara saja bisa menggunakan SPF 15-30/PA++. Bila melakukan aktivitas di luar ruangan dalam waktu lama seperti berenang, ke pantai atau aktivitas lainnya, sunscreen dengan kandungan SPF 30-50/PA+++ sangat dibutuhkan agar kulit terlindungi secara maksimal.

4. Perhatikan produk dengan kandungan SPF dan PA sekaligus

SPF dan PA (kamini.id)

Kandungan SPF dalam sunscreen hanya dapat melindungi dari sinar UVB dan PA melindungi dari sinar UVA. Produk sunscreen dengan dua kandungan SPF dan PA sekaligus sangat bermanfaat untuk menjaga kulit dari paparan sinar UVA dan UVB.

Hal ini dikarenakan SPF adalah komponen dengan indikator yang memblokir sinar UVB dan berfungsi mencegah kulit terbakar dari sinar matahari (sunburn), sedangkan PA adalah komponen dengan indikator yang dapat memblokir UVA dan berfungsi mencegah kulit mengalami perubahan warna menjadi coklat (suntan) karena paparan sinar matahari. Sunscreen dengan kandungan SPF dan PA sekaligus sering disebut dengan sSnscreen Broad Spectrum.

Nah, itulah 4 tips cara memilih sunscreen yang bagus. Jadi, sudah tau akan memilih jenis sunscreen seperti apa untuk kulitmu?

Baca Juga: Rutin Memakai Skincare Tapi Gak Glowing-Glowing? Ternyata ini 8 Alasannya

 

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Emperor

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *