10 Cara Mudah Menghapus Background Foto Tanpa Aplikasi


Seorang foto editor ataupun pelaku seni grafis tentu tidak lepas dari memoles sebuah foto melalui software editor seperti photoshop misalnya. Pekerjaan seperti manipulasi objek, colour grading, ataupun penyesuaian objek lainnya guna menghasilkan karya yang estetik dapat dilakukan dengan mudah. Terkait dalam hal pengemasan bahan grafis ini hingga menjadi karya grafis yang utuh, editor tidak pelak lagi terlibat dalam urusan menguatkan daya pikat karya yang berhubungan dengan editing image.

Dalam banyak hal, editor juga terkadang terkendala deadline dalam prosesnya sehingga membutuhkan proses edit yang instan. Salah satu kegiatan dalam editing foto yang paling sering dilakukan adalah menghilangkan atau menghapus background sebuah foto. Ada beberapa alasan mengapa seorang foto editor harus menghapus sebuah latar belakang foto atau gambar. Entah untuk mengganti background-nya menjadi tempat lain yang lebih indah misalnya pemandangan, taman, tempat bersejarah, dan lain sebagainya.

Sebenarnya untuk menghilangkan atau menghapus background di photoshop itu banyak sekali tekniknya. Namun, penggunaan photoshop selain membutuhkan keahlian khusus juga membutuhkan proses yang cukup memakan waktu. Editor membutuhkan cara yang instan untuk proses editing sederhana seperti menghapus latar belakang sebuah foto/gambar.

Ada langkah cepat yang dapat diambil oleh seorang editor dalam hal cara menghapus latar belakang foto tanpa melibatkan software editing foto atau aplikasi seperti halnya photoshop yaitu online background eraser. Terdapat banyak sekali website yang menyediakan tool editing foto secara online dan tentunya dapat diakses secara gratis.

Langkah ini tergolong mudah dan murah, yang dibutuhkan hanyalah gadget baik berupa smartphone atau laptop/PC serta jaringan internet sebagai koneksi untuk mengakses web. Tool yang akan dibahas kali ini berkaitan dengan keperluan editing foto khususnya menghapus latar belakang atau background sebuah foto.

Berikut tersajikan 10 Website Online Backgroud Eraser, yaitu:

1. Remove BG

Dok Screen Capture (Remove.bg)

Tool online pertama yang dapat diakses guna menghapus latar belakang atau background foto adalah remove.bg. Website ini dapat diakses secara gratis baik login ataupun tanpa login ke website terlebih dahulu. Sebagaimana tagline website ini yang menyatakan “Remove images background automatically in 5 second with just one click”, dalam terjemahan bahasanya Indonesia berarti “Menghapus latar belakang foto secara otomatis dalam 5 detik hanya dengan sekali tekan”.

Hanya butuh drag and drop foto agar tool dapat menghapus latar belakang dari foto yang di upload ke website sehingga hasilnya dapat segera diunduh dalam hitungan detik.

2. Removal AI

Dok Screen Capture (Removal.ai)

Tool online kedua yang dapat diakses untuk menghapus latar belakang foto/gambar adalah removal.ai. Website ini menggunakan Artificial Intelligence atau AI untuk memproses gambar sehingga proses menghapus latar belakang foto lebih baik hasilnya. Tools online ini dapat diakses segara gratis pula, sehingga mudah dan murah dengan hasil yang optimal. Menggunakan website ini bisa login ataupun tanpa login terlebih dahulu.

Seperti pernyataan website ini dalam tagline-nya “Remove background from your images with AI. Our background remover tool can process your images fast and free, no signup required”. Apabila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti “Menghapus latar belakang dari fotomu menggunakan AI. Penghapus latar belakang foto kami dapat memproses secara cepat dan gratis, tanpa membutuhkan login”.

3. Picwish Remove BG

Dok Screen Capture Picwish

You will get a transparent background in 3 seconds. Seperti tagline-nya, website yang ketiga ini menyatakan proses penghapusan latar belakang foto/gambar hanya membutuhkan kurang lebih 3 detik. Website satu ini juga dapat diakses secara gratis, cukup langkah sederhana dengan drag and drop atau upload image ke website, maka sepenuhnya proses editing akan dilakukan secara otomatis dalam hitungan detik.

4. Slazzer Remover BG

Dok Screen Capture Slazzer

Tool online keempat adalah situs background eraser online bernama Slazzer. Website ini juga menyediakan tool hapus latar belakang foto/image secara gratis. Mengusung tagline “our online background remover instantly detects the subject from any photo and gives you a smooth and clear cut out”. 

Website ini mampu menghapus background foto dengan halus dan potongan yang detail. Sederhana dan cepat, dengan drag and drop file atau upload foto website secara otomatis memproses hingga selesai.

5. Hotpot AI

Dok Screen Capture Hotpot.ai

Tool online kelima yang dapat diakses untuk menghapus latar belakang atau background foto adalah Hotpot.ai. Website ini menggunakan teknologi AI dalam memproses gambar. Selain itu juga dapat diakses secara gratis baik login ataupun tanpa login ke website terlebih dahulu. Sebagaimana tagline website ini yang menyatakan “Remove the background from images with AI in seconds”, dalam terjemahan bahasanya Indonesia berarti “Menghapus latar belakang foto/gambar dengan AI hanya dalam hitungan detik”.

Selain background eraser untuk foto, website ini juga menyediakan fitur lain seperti mengubah foto jadi gambar artistik, menghapus objek dalam foto, dan lainnya. Hanya butuh drag and drop foto agar tool dapat menghapus latar belakang dari foto yang di upload ke website sehingga hasilnya dapat segera diunduh dalam hitungan detik.

6. BG Remover Vance AI

Dok Screen Capture Vance.ai

Tool online keenam adalah BG Remover Vance AI. Web ini juga melibatkan teknologi AI dalam memproses suatu gambar. Sesuai dengan taglinenya yang berbunyi “allows you to remove background from image free online within 5 seconds”.

Website tersebut mampu menjalankan proses penghapusan latar belakang foto/gambar kurang dari 5 detik. Namun perlu digaris bawahi bahwa hal tersebut berlaku apabila memenuhi kecepatan jaringan sesuai yang dibutuhkan.

7. Photo Room Online Remover BG

Dok Screen Capture Photoroom

Website background eraser yang satu ini sebenarnya memiliki sebuah aplikasi khusus dimana mempunyai lebih dari satu fitur yang terbagi atas gratis dan premium (berbayar). Secara teknis fungsi utama adalah menghapus latar belakang foto/gambar, namun disertai opsi lanjutan untuk mengganti background sesuai kebutuhan seperti promosi bisnis, sosial media dan sebagainya.

Aplikasi dapat diperoleh melalui Google Playstore pada smartphone secara gratis. Photoroom dapat diakses secara cepat melalui peramban/browser.

8. Flexclip Remover BG

Dok Screen Capture Flexclip

Tool online kedelapan juga menggunakan AI guna melaksanakan proses edit foto/gambar. Hasil akhir dari Flexclip terbilang detail dan halus pada objek yang dihapus latar belakangnya. Selain gratis seperti website sebelumnya, prosesnya juga cepat.

9. Zyro Remover BG

Dok Screen Capture Zyro

Kesembilan adalah website bernama Zyro. Sama seperti photoroom, Zyro juga memiliki fitur edit foto/gambar lainnya, banyak produk yang bisa digunakan apabila menggunakan akses premium atau berbayar. 

10. Icons8 Remove BG

Dok Screen Capture Icons8

Terakhir, tool online gratis dan mudah selanjutnya adalah Icons8 remove bg. Web ini menggunakan AI juga dalam tool yang tersedia sehingga hasil akhirnya terbilang memiliki detail yang rapi dan halus. Tool online satu ini juga mampu melaksanakan proses edit dengan cepat dalam sekali klik.

Ada beberapa alasan mengapa seorang foto editor ataupun konten kreator harus menghapus sebuah latar belakang dari foto atau gambar. Baik untuk mengganti background menjadi gambar lain yang lebih indah misalnya pemandangan, taman, tempat bersejarah, dan lain sebagainya. Ataupun menyisipkan dan menambah sesuatu yang lain untuk keperluan editing lainnya.

Proses menghapus latar belakang diperlukan langkah yang cepat, mudah dan murah sehingga kehadiran dari tool online dengan fitur canggih sangat membantu para editor dan konten kreator.

Itulah 10 cara mudah menghapus background tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dapat diakses dan digunakan langsung melalui smartphone ataupun Laptop/PC.

Baca Juga: 5 Cara Memperbesar Resolusi Foto dengan Mudah

 

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Hero

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *