5 Tips Irit Buat Anak Kos


Ilustrasi keuangan menipis (pixabay.com/csamhaber)

Pandemi telah menjadi masa lalu, seperti mantan. Masyarakat akhirnya bisa melakukan kegiatan di luar rumah, seperti sedia kali. Tapi walau begitu, protokol kesehatan masih tetap dilaksanakan lho. Hal ini dilakukan supaya covid tidak lagi merajalela.

Kamu sebagai mahasiswa, pasti sudah meninggalkan kuliah secara daring. Akhirnya setelah sekian lama, kamu bisa kembali menginjakkan kaki ke kampus kebanggaan. Bagaimana rasanya? Rindu, nostalgia, atau biasa saja? Atau kamu adalah mahasiswa yang lebih menikmati kuliah daring karena terlanjur nyaman?

Kembali ke kampus, artinya kamu mendapatkan status sebagai “anak kos” bagi kamu yang merupakan anak rantau. Menjadi anak kos tentunya susah-susah gampang. Susah karena kamu dipaksa untuk lebih bertanggung jawab pada diri sendiri. Gampang karena kamu bisa menentukan pilihan sendiri.

Salah satu masalah yang sering dihadapi anak kos adalah susah banget untuk mengatur keuangan. Ada banyak godaan di luar sana yang bisa membuat pengeluaran kamu membengkak. Susah sekali untuk anak kos agar bisa hemat dalam mengelola keuangan. Apalagi jika kamu gemar nongkrong di kafe bersama teman-teman.

Tapi jangan khawatir. Berikut ini adalah tips irit buat anak kos yang bisa kamu coba. Penasaran? Yuk simak ulasannya!

1. Bergaya sesuai dompet

wallet-g158f0cb93_640
Ilustrasi dompet kosong (pixabay.com/Chronomarchie)

Tips irit buat anak kost pertama yakni bergayalah sesuai dompet. Kamu tidak perlu memaksakan diri membeli berbagai barang mewah hanya untuk mengikuti gaya teman-temanmu. Kamu bisa bergaya sesuai dengan isi dompetmu. Penampilan sederhana juga menarik kok.

Bergaya yang dipaksakan justru merugikan diri sendiri. Selain pengeluaranmu yang membengkak, tentu kamu tidak nyaman dengan gaya yang dipaksakan. Tetaplah menjadi diri sendiri dalam bergaul ya.

2. Membuat daftar kebutuhan

office-ga3b71a5e8_640
Ilustrasi membuat daftar kebutuhan (pixabay.com/analogicus)

Sebagai anak kost, pastinya kamu memiliki banyak kebutuhan. Kamu harus pandai memilah agar uang yang diberikan cukup untuk memenuhi kebutuhanmu. Berbeda halnya jika kamu berada di rumah. Sebagian besar kebutuhanmu ditanggung oleh orang tua. Namun kini, kamu harus bisa mengaturnya sendiri.

Langkah yang tepat yakni kamu membuat daftar kebutuhan dalam sebulan. Misalnya bahan makanan pokok untuk sebulan. Tambahkan juga kebutuhan untuk kuliah seperti bahan praktikum, kerja kelompok, dan lain sebagainya. Dengan membuat daftar kebutuhan, kamu akan lebih terarah dalam menghabiskan uang yang kamu miliki.

3. Melaksanakan puasa sunah

stomach-g3ada777f4_640
Ilustrasi menahan lapar karena puasa (pixabay,com/mohamed_hassan)

Buat kamu yang beragama islam, pastinya tidak asing dengan yang namanya puasa sunah. Ada banyak puasa sunah yang bisa kamu lakukan. Salah satu contohnya yakni puasa sunah Senin dan Kamis. Melaksanakan puasa sunah bisa menjadi salah satu tips agar kamu bisa irit dalam pengeluaran.

Melaksanakan puasa sunah selain menghemat pengeluaran, kamu juga bisa mendapatkan manfaat lainnya. Seperti misalnya menjaga kesehatan, mengistirahatkan pencernaan, dan masih banyak lagi. Kamu bisa menerapkan kebiasaan berpuasa ini kapan saja kamu siap.

Baca Juga: Kuliah Sambil Kerja ? Ini Manfaat dan Resikonya!

4. Usahakan cuci baju sendiri

clothes-gf54daea2e_640
Ilustrasi mencuci dan menjemur baju sendiri (pixabay.com/balouriarajesh)

Bagaimana kamu mengatasi pakaian yang kotor? Apakah kamu sering menggunakan jasa laundry untuk mencucinya. Kamu bisa mengurangi pengeluaran untuk laundry dengan cara mencuci pakaianmu sendiri lho. Tentu saja lumayan, sekecil apapun pengeluaran yang bisa kamu hemat, akan bermanfaat untuk yang lain di kemudian hari.

Mencuci pakaian tidaklah sulit. Jika biasanya kamu mengeluarkan uang puluhan ribu untuk laundry. Kini kamu hanya perlu mengeluarkan uang hanya untuk membeli sabun cuci.  Perbedaannya mungkin tidak jauh. Tapi manfaatnya tentu bisa kamu rasakan sendiri.

5. Tahan godaan dari membeli barang secara online

ecommerce-g73f56c9dc_640
Ilustrasi berbelanja secara online (pixabay.com/Mediamodifier)

Tips irit terakhir untuk anak kos yaitu kamu harus bisa tahan godaan dari yang namanya shopping online. Jangan mudah tergoda dengan berbagai voucer dan diskon yang ditawarkan toko online. Pengeluaranmu justru bisa membengkak parah jika terlalu banyak membeli barang secara online.

Nah, itulah beberapa tips irit untuk anak kos yang bisa kamu coba. Hidup hemat pangkal kaya. Dengan belajar hidup hemat, kedepannya kamu akan lebih bijak dalam mengelola keuangan.

Baca Juga: Bingung Mengatur Keuangan Bulanan? Ini 5 Tipsnya

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *