11 Aplikasi Translate Terbaik dan Gratis, Mudah Digunakan!


Ilustrasi aplikasi translate (pixabay.com/Mohamed_hassan)

Di era globalisasi ini, kemampuan untuk berkomunikasi dalam berbagai bahasa menjadi semakin penting. Seiring berkembangnya teknologi, aplikasi penerjemah bahasa asing semakin dibutuhkan masyarakat.

Aplikasi translate atau aplikasi penerjemah memungkinkan pengguna untuk menerjemahkan Bahasa Inggris/bahasa asing lain ke Bahasa Indonesia secara mudah tanpa perlu repot membuka kamus. Sehingga, kehadiran aplikasi penerjemah sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari.

Untungnya, ada banyak aplikasi penerjemah yang bisa membantu kita menerjemahkan teks dengan cepat dan akurat.

Nah, apa saja aplikasi translate terbaik saat ini? Berikut 8 aplikasi translate terbaik yang bisa dicoba.

1. Google Translate

Aplikasi translate terbaik yang pertama adalah Google Translate. Aplikasi buatan Google ini juga menjadi aplikasi penerjemah paling populer di masyarakat.

Google Translate dapat diakses melalui browser atau aplikasi. Selain itu, cara menggunakannya pun sangat mudah. Pengguna bisa menerjemahkan bahasa dalam bentuk teks, gambar, suara hingga dokumen.

Baca Juga: 

2. U Dictionary

U Dictionary merupakan salah satu aplikasi penerjemah bahasa yang banyak diunduh di smartphone. Tidak hanya digunakan sebagai alat penerjemah, U Dictionary ternyata juga memiliki fitur lain. dapat diunduh secara gratis melalui Play Store atau App Store.

3. iTranslate

Aplikasi translate terbaik selanjutnya adalah iTranslate. Aplikasi ini bisa menerjemahkan teks ke lebih dari 100 bahasa.

Tidak hanya itu saja, pengguna juga bisa mendengarkan hasil terjemahan dengan suara perempuan atau laki-laki serta bisa menerjemahkan beragam dialek. Tidak hanya sebagai aplikasi translate, iTranslate juga memiliki fungsi lain yakni sebagai Andas dan Thesaurus.

4. Naver Papago-AI Translator

Naver Papago-AI Translator merupakan aplikasi penerjemah buatan Korea Selatan. Secara keseluruhan, Papago memiliki fitur yang sama dengan aplikasi penerjemah lainnya, yakni dapat menerjemahkan teks dan suara.

Namun, kelebihan Papago dibanding aplikasi translate lainnya adalah bisa digunakan dalam keadaan offline. Tak hanya itu, Papago juga mengkhususkan translate untuk bahasa-bahasa di Asia termasuk Indonesia.

5. Microsoft Translator

Microsoft ternyata juga meluncurkan aplikasi translate terbaik. Aplikasi translate Bahasa Inggris-Indonesia milik Microsoft bernama Microsoft Translator.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah dapat digunakan dalam keadaan tanpa internet. Selain itu, Microsoft Translator dapat menerjemahkan teks melalui jepretan kamera HP Android.

6. Yandex Translate

Aplikasi translate bahasa Inggris-Indonesia terbaik selanjutnya adalah Yandex Translate. Aplikasi buatan Rusia ini dapat menerjemahkan 90 bahasa.

Tak hanya itu saja, Yandex dapat digunakan dalam kondisi offline sehingga memudahkan pengguna yang tidak terhubung pada internet. Kelebihan lainnya dari Yandex adalah aplikasi ini dapat terhubung dengan Wear OS.

7. Reverso Translate and Learn

Aplikasi translate terbaik lainnya adalah Reverso Translate and Learn. Aplikasi ini menyediakan berbagai pilihan jenis bahasa yang bisa diterjemahkan termasuk bahasa Inggris.

Fitur yang tersedia pada aplikasi ini cukup baik diantaranya memberikan saran kata atau sinonim. Pengguna bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis di Play Store dan App Store.

8. Phrase

Phrase merupakan aplikasi translate yang wajib dicoba. Tak hanya menerjemahkan bahasa Inggris ke Indonesia, Phrase dapat membantu menerjemahkan berbagai bahasa lain dari seluruh dunia. Aplikasi translate ini mendapatkan rating cukup baik dan dapat diunduh melalui Play Store dan App Store secara gratis.

9. DeepL Translator

DeepL Translator dikenal karena akurasi dan kualitas terjemahannya yang tinggi. Aplikasi ini menggunakan teknologi Neural Machine Translation (NMT) yang membuat hasil terjemahannya lebih natural dan mudah dipahami. DeepL mendukung 33 bahasa dan bisa menerjemahkan dokumen dalam format PDF, Word, dan PowerPoint.

10. SayHi Translate

SayHi Translate adalah aplikasi translate yang fokus pada penerjemahan suara. Aplikasi ini mendukung lebih dari 90 bahasa dan dialek, dan bisa menerjemahkan percakapan secara real-time. SayHi Translate sangat berguna untuk berkomunikasi dengan orang asing saat bepergian.

Baca Juga:

11. Linguee

Linguee lebih dikenal sebagai mesin pencari dan kamus untuk kata dan frasa. Aplikasi ini memberikan konteks yang lebih kaya untuk setiap kata atau frasa yang diterjemahkan, sehingga sangat berguna untuk belajar bahasa.

Itulah beberapa pilihan aplikasi translate terbaik yang bisa digunakan. Melalui aplikasi tersebut, kamu bisa dengan mudah dan cepat dalam menerjemahkan kata-kata asing. Semoga membantu.

Baca Juga: Game Naruto Ultimate Ninja Storm Rilis di Android dan iOS, Akhirnya Bisa dimainkan di HP!


Explorer