Praktekkan Ini! 5 Cara Mengatasi Gugup Saat Berbicara di Depan Umum


Ilustrasi berbicara di depan umum (oixabay.com/MauraLBU)

Pernah mengalami kegugupan ketika harus berbicara di depan umum? Tenang saja, ada banyak orang di luar sana yang juga memiliki pengalaman serupa.

Tapi, bukan berarti kondisi kegugupan ini adalah hal yang diwajarkan dan membuat diri langsung menyerah pada keadaan sebelum berjuang, sehingga ujung-ujungnya malah menjadi sebuah momok tersendiri.

Suka tidak suka, mau tidak mau di suatu saat nanti kamu akan melewati fase dalam menghadapi setiap orang secara mandiri sesuai konteks yang akan dipaparkan dengan lugas, penuh percaya diri, dan pastinya tanpa kegugupan.

Ini lima cara mengatasi gugup saat berbicara di depan umum.

1. Melakukan pemanasan

Di dalam situasi sewaktu menyampaikan beberapa hal mengenai informasi yang sudah tersusun dari sebuah materi di depan sekumpulan orang-orang, ada baiknya kamu harus memperhatikan suatu kebiasaan atau cara yang membuatmu lebih rileks sebagai salah satu tahapan dari pemanasan sebelum beberapa saat berdiri di hadapan orang banyak.

Seperti yang diketahui pula, setiap orang pasti memiliki konsep yang berbeda-beda untuk membuat dirinya dalam keadaan rileks. Contohnya, beberapa orang mungkin akan jauh lebih tenang saat mendengarkan lagu favoritnya atau jenis lagu-lagu yang disinyalir dapat membawa ketenangan, membaca buku atau artikel di sosial media, puasa minum-minuman yang mengandung kafein karena berpotensi menyebabkan jantung berdetak lebih kencang sehingga mengganggu konsentrasi, bermain game online sejenak, mengisap permen, atau meneguk segelas air mineral.

Baca Juga:

2. Mengatur napas

Pernapasan ternyata memiliki pengaruh besar di saat melancarkan aksi yang akan membuat mata semua orang hanya tertuju padamu. Karena, napas yang tenang bisa menenteramkan tubuh dari rasa kecemasan atau kekhawatiran yang berlebih.

Adapun cara yang dianjurkan dalam proses mengatur napas ini ialah dengan menutup mata untuk memfokuskan diri pada pernapasan yang akan dilakukan, lalu mulailah menarik napas perlahan-lahan dan keluarkan dengan perlahan-lahan pula. Setelah itu, gunakan otak untuk berhitung pada kisaran satu sampai lima hitungan dalam setiap tarikan napas sampai kamu akhirnya benar-benar berhasil rileks dengan melakukannya berulang-ulang kali.

3. Memahami materi sebelum berbicara di depan umum

Mungkin sebagian besar orang mengetahui bahwa seseorang yang membawakan materinya sambil berbicara di depan orang banyak haruslah memiliki gestur-gestur pendukung yang membuatnya lebih percaya diri, seperti bergaya layaknya seorang guru atau tutor profesional, dan bahkan membayangkan tokoh inspiratif terkenal yang dapat memengaruhi performa sewaktu berdiri di depan.

Namun di samping semua itu, ada hal penting lainnya yang akan membawamu jauh lebih percaya diri dan matang ketika berbicara di depan umum, yaitu memahami materi.

Jangan sekali-kali meremehkan materi yang akan kamu sampaikan, apalagi hanya bergantung dari bacaan-bacaan yang tertera di naskah atau layar presentasi saja. Karena, hal itu akan membuatmu tampak kaku dan cenderung buta dengan struktur-struktur pemahaman yang ada di dalam isian materi.

Sebaiknya, kamu persiapkan waktu sedini mungkin untuk menyelami segala sisi dari isi materi sambil menyusun kalimat-kalimat yang akan dilancarkan dengan gaya bahasa sendiri berdasarkan pemahaman yang ada di dalam kepala.

Dengan begitu, aksimu yang seolah-olah dihadang oleh segerombolan pasang mata akan memancarkan daya pikatnya tersendiri sehingga tidak akan takut dengan kejaran beberapa pertanyaan di akhir sesi nanti.

4. Giat berlatih

Ada satu pepatah menyebutkan bahwa ‘practice makes perfect’, yang mengartikan sebuah proses latihan akan membuat performa tampak semakin sempurna.

Mungkin poin kali ini tidak jauh berbeda dari pembahasan memahami materi yang mengharuskan diri untuk selalu rajin berlatih sekaligus mempersiapkan diri agar tidak menemukan kegagalan ketika melancarkan aksi-aksi di hadapan orang banyak. Di tambah lagi, dengan sering latihan setidak-tidaknya dapat mengurangi risiko ketakutan sehingga membuat dirimu jauh lebih siap.

Ingatlah satu hal bahwa tidak ada jalan menuju kesuksesan tanpa melewati serangkaian proses latihan di dalam hidup ini.

Baca Juga:

5. Biasakanlah untuk mencoba

Semenjak kecil, manusia pasti sudah melewati beberapa tahap percobaan dalam hidup. Tentulah dari setiap proses percobaan akan ada yang namanya kegagalan atau eror. Dan, hal itu adalah wajar.

Cobalah untuk memberanikan diri berhadapan dengan orang banyak sambil memaparkan topik yang ringan-ringan saja terlebih dahulu, lalu kembangkan potensi diri dengan mempelajari kiat-kiat berbicara di depan umum untuk tingkatan yang lebih serius lagi.

Jika tidak pernah mencoba, maka kamu tidak akan pernah tahu bagaimana pengalaman dan atmosfernya.

Itulah kelima cara mengatasi gugup saat berbicara di depan umum. Ingat, manusia yang memiliki value dan bermutu tinggi adalah orang-orang yang terbiasa berbicara di depan umum, baik secara sukarela maupun dipercayakan oleh sekelompok orang.

Jadi, biasakanlah dari sekarang!

Baca Juga: Orang Lain Tidak Mau Mendengarkanmu Saat Berbicara? Ini 4 Alasannya!

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Emperor