15 Makanan dari Aci, Bisa Buat Ide Jualan Makanan Kekinian


Makanan dari aci

Buat kamu yang bingung mau usaha tapi modal dikit, bisa nih, buat usaha makanan yang saat ini sedang populer. Usaha ini tentunya dijamin gak ribet dan cuan banyak. Salah satunya adalah menjual makanan dari aci.

Makanan populer atau makanan kekinian sekarang yang populer adalah jajanan yang terbuat dari bahan aci atau tepung tapioka. Makanan dari aci ini umumnya berasal dari Bandung. Kenapa makanan dari Bandung serba aci? Karena memang daerah sana banyak sekali tumbuhan singkong, sehingga dapat dimanfaatkan menjadi jajanan atau makanan yang menjadi sumber cuan.

Gak usah lama-lama, berikut 10 makanan dari aci atau tepung tapioka, yang bisa buat ide jualan makanan kekinian.

1. Cilok

Cilok adalah singkatan dari aci dicolok, yaitu bola-bola aci yang ditusuk dengan tusukan sate dan direbus dalam air mendidih. Sudah tidak asing lagi jajanan yang bernama “cilok” ini. Jajanan ini banyak sering kita jumpai di pinggir jalan dan di sekolah-sekolah. Cilok termasuk makanan populer dari dulu hingga sekarang karena rasanya yang enak dan tidak ribet untuk membuatnya.

Cilok biasanya disajikan dengan bumbu kacang, saus sambal, atau kecap manis. Cilok bisa diisi dengan daging cincang, keju, atau sayuran untuk menambah variasi rasa.

Baca Juga:

2. Cireng

Cireng adalah singkatan dari aci goreng, yaitu adonan aci yang dibentuk pipih atau bulat dan digoreng dalam minyak panas. Cireng biasanya memiliki varian isi yang beragam mulai dari isian ayam, jando, tulang rangu, dan lainnya. Cireng cocok dinikmati sebagai camilan di waktu luang atau sebagai teman ngobrol bersama teman-teman.

Cireng adalah singkatan dari aci goreng, yaitu adonan aci yang dibentuk pipih atau bulat dan digoreng dalam minyak panas. Cireng memiliki tekstur renyah di luar dan kenyal di dalam. Cireng bisa disajikan dengan bumbu rujak, saus pedas, atau mayones.

3. Ciwang

Istilah ciwang adalah akronim dari aci dan bawang. Sebab, bahan utama pembuatannya adalah tepung aci kawung dengan bawang. Ciwang berasal dari daerah Sukabumi.

Ciwang memang agak sulit untuk ditemukan di pasar, bahkan di daerah Sukabumi sekalipun, karena kalah tenar dengan olahan aci lainnya. Ciwang akan banyak ditemui pada bulan Ramadan, sebagai menu takjil. Rasa ciwang ini sangat khas. Pun teksturnya yang kenyal dan lembut ketika dikunyah, makin membuat ciwang tak terkalahkan.

4. Cilor

Aci telor adalah jajanan khas Indonesia yang terbuat dari adonan tepung tapioka dan tepung terigu yang digoreng dan dilapisi dengan telur. Adonan tepung biasanya dibumbui dengan bawang putih, merica, dan kaldu bubuk agar terasa lebih gurih. Aci telor biasanya disajikan dengan sambal pedas atau saus tomat.

Baca Juga:

5. Cihu

Cihu merupakan kepanjangan dari aci tahu. Ya, walaupun makanan ini memang belum begitu terkenal, namun peminatnya cukup banyak. Cihu mirip seperti tahu bakso, namun tak menggunakan isian tahunya. Sehingga hanya kulit tahu dan aci.

Nah, yang membuat kuliner ini mantap adalah varian pendampingnya. Biasanya cihu disajikan dengan bumbu yang super pedas. Sementara untuk cihu kuah, disajikan mirip seperti seblak dengan kuah rempah yang kental dan pastinya pedas.

6. Cipok

Mendengar namanya, kamu pasti tertawa. Cipok dalam bahasa gaul berarti mencium lawan jenis. Cipok adalah cireng popcorn. Seperti namanya, cireng diolah menjadi bentuk kecil kecil berwarna putih, yang sekilas mirip denga popcorn. Cipok disajikan dengan dua cara, yaitu kering dan basah. Untuk yang kering menggunakan bumbu serbuk, sedangkan cipok basah menggunakan bumbu kuah.

7. Cipak

Cipak adalah cimol dempak atau gepeng. Sesuai namanya, tekstur, adonan, dan cara memasaknya mirip seperti cimol namun bentuknya gepeng. Cimol cenderung punya isian yang kopong dan sering kali sulit untuk digoreng karena membuat minyak meledak.

Namun sebaliknya dengan cipak, ditambah lagi cipak biasanya disajikan dengan bumbu kental mirip seperti rujak. Makanan Sunda tentu tak akan nendang jika tanpa bumbu medok yang pedas.

8. Cipeng

Cipeng berarti aci gepeng. Jika cipak berupa cimol dengan tekstur yang gepeng, kali ini ada cipeng yang mirip namun penyajiannya berbeda. Cipak lebih banyak disajikan dengan bumbu cair, sementara cipeng disajikan garing dengan bumbu tabur. Sering kali memang cipeng dan cipak tertukar, namun sebetulnya bahan dasar dan bentuknya memang cenderung mirip.

Baca Juga:

9. Cilung

Aci gulung seringkali dijumpai di sekolah-sekolah. Cilung merupakan makanan yang terbuat dari aci dan kemudian digulung. Cilung adalah makanan yang murah dan enak. Cilung adalah pilihan yang tepat untuk camilan atau makanan ringan. Cimol memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang gurih. Cilung biasanya dimakan dengan bumbu tabur yang beraneka rasa.

10. Cimol

Cimol adalah camilan khas Sunda yang terbuat dari tepung kanji, bawang putih, garam, dan air. Cimol berasal dari kata “aci digemol” yang berarti tepung kanji dibentuk bulat-bulat. Cimol biasanya dijual di pinggir jalan atau di pasar malam. Cimol disajikan dengan berbagai macam bumbu, seperti bumbu bubuk cabe, bumbu bubuk balado, atau bumbu bubuk keju.

11. Baso Aci

Siapa yang gak tau makanan populer ini? Makanan yang viral dan cukup populer sampai sekarang, karena pembuatannya yang mudah. Selain itu, varian isi yang membuat pecinta baso aci semakin menggila. Varian baso aci yang populer ini diantaranya tulang rangu, jando, dan isi ayam suir.

Baso aci memiliki tekstur kenyal dan rasa gurih yang lezat. Baso aci bisa disajikan dengan kuah bakso, mi, bihun, atau sayuran.

12. Cipuk

Cipuk merupakan singkatan dari aci kerupuk. Akhir-akhir ini, penjual cipuk mulai menjamur. Cipuk banyak digandrungi sebab memiliki rasa yang unik, karena luarnya diberi remahan kerupuk warna-warni. Saat menggigit, bagian luarnya terasa renyah, rasa yang gurih dengan tekstur kenyal saat dikunyah.

Cipuk biasanya disajikan dengan sambal rujak yang memang memiliki citarasa pedas. Namun kini, cipuk banyak hadir dengan bumbu tabur aneka rasa seperti keju, balado, jagung bakar, asin atom, pedas aida, dan masih banyak lagi.

13. Cipak Koceak

Cipak koceak adalah makanan khas Garut, Jawa Barat yang terbuat dari tepung tapioka atau aci. Cipak koceak memiliki bentuk yang pipih dan lebar, mirip dengan cimol. Nama cipak koceak berasal dari dua kata, yaitu “cipak” yang berarti cimol gepeng, dan “koceak” yang berarti teriak. Nama ini diberikan karena cipak koceak memiliki rasa yang pedas dan asam, sehingga bisa membuat orang yang memakannya teriak.

Cipak koceak biasanya disajikan dengan bumbu kacang yang pedas dan asam. Bumbu kacang ini terbuat dari kacang tanah, cabai, bawang putih, dan asam jawa. Selain bumbu kacang, cipak koceak juga bisa disajikan dengan topping-topping lain, seperti telur, sosis, atau keju.

14. Cibay

Cibay atau aci ngambay adalah sebutan untuk makanan yang berasal dari daerah bandung yang memiliki arti “aci yang berjuntai” atau “aci yang meleleh” ketika dimakan. Adonan cibay ini dibungkus dengan kulit lumpia lalu digoreng kering. Pembuatannya cukup mudah sehingga banyak pedagang yang mulai menjual jajanan ini.

Baca Juga:

15. Cirambay

Aci ngarambay atau disingkat Cirambay merupakan makanan populer yang terbuat dari aci yang berbentuk seperti kwetiau. Cirambay biasanya disajikan dengan sambal yang sangat pedas. Makanan ini cocok untuk pecinta makanan pedas. Maka tak heran banyak yang menyukai jajanan ini.

So, itulah tadi beberapa makanan dari aci yang bisa menjadi inspirasi kamu untuk mendapatkan ide jualan makanan kekinian. Makanan dari aci ini, tidak memerlukan bahan yang banyak, asalkan ada tepung tapioka atau aci. Jenis makanan dari aci ini tidak akan pernah mati artinya meskipun banyak olahan jajanan lainnya.

Baca Juga: 6 Makanan Khas Kota Bandung, Bikin Nagih!


Explorer