6 Warung makan di Salatiga yang Populer dan Legendaris

Selain terkenal dengan masakannya yang enak, warung-warung makan di Salatiga tersebut juga bersejarah sekali bagi warga kota Salatiga.


Salatiga adalah sebuah kota kecil yang sejuk dan terkenal dengan toleransinya yang sangat tinggi. Selain itu, Salatiga juga memiliki kuliner-kuliner yang sangat enak dan lezat sekali. Banyak sekali warung-warung hingga restoran di Salatiga yang ada di setiap sudut kota yang menyajikan beragam masakan yang sangat lezat dan enak.

Diantara warung dan restoran tersebut, ada yang sudah berdiri sejak lama dan masih menjadi favorit bagi warga Salatiga dan sekitarnya. Berikut ini 6 warung makan di Salatiga yang populer dan legendaris.

1. Soto Esto

Soto Esto, warung soto legendaris di Salatiga (Facebook/Yani Arimbi)

Warung makan di Salatiga yang pertama adalah Soto Esto. Warung makan yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi bagi warga Salatiga dan sekitarnya, terutama bagi para penggemar soto. Warung soto yang berlokasi di Jl. Langensuko No. 4, Kecamatan Sidorejo, Salatiga ini sudah ada sejak tahun 1940.

Diberi nama Soto Esto, karena dulunya wrung ini adalah garasi dari bus Esto, bus legendaris kota Salatiga yang pernah beroperasi di tahun 1923 hingga tahun 1990. Soto Esto ini tak pernah sepi pembeli, terutama saat pagi hari waktu sarapan. Karena memang soto Esto ini buka dari jam 6 pagi hingga jam 12 siang.

Jika tidak ingin kehabisan tempat duduk, maka datanglah sebelum jam 6 pagi. Soto Esto ini memiliki ciri khas berkuah santan dan rasanya yang sangat gurih dan segar sekali. Ditambah dengan sambal khusus soto yang benar-benar menggugah selera. Jika daging ayamnya dirasa kurang, jangan khawatir.

Ada sate ayam yang bisa menjadi tambahan daging ayam, dan juga ada beberapa macam lauk yang bisa menjadi teman makan soto. Harga per porsi soto Esto ini adalah Rp. 10.000, dan jika ditambah dengan lauk lain maka harganya bisa menyesuaikan.

Baca Juga:

2. Nasi Goreng Mbak Yati

Nasi Goreng Mbak Yati Salatiga (restaurant guru)

Bagi yang suka dengan nasgor babat iso dan babat gongso, terutama yang di Salatiga, pasti sudah tahu dengan warung yang satu ini. Nasi Goreng Mbak Yati yang berlokasi di Mangunsari, Kecamatan Sidomukti, Salatiga ini memang terkenal dengan Nasi goreng babat iso dan babat gongsonya yang sangat enak dan lezat sekali. Selain nasgor babat iso dan babat gongso, nasgor ayamnya juga tak kalah nikmat dan juga lezat.

Aroma nasi goreng ketika sedang dimasak pun juga begitu menggoda, dan bumbu yang dipakai juga sederhana. Nasi goreng Mbak Yati ini sudah berdiri sejak tahun 1989, jadi sudah 34 tahun menemani warga Salatiga. Nasgor Mbak Yati selalu ramai dan padat pembeli, terutama saat menjelang malam. Warung nasgor ini buka dari jam 15.00 sore hingga jam 21.00 malam.

Jika tidak ingin kehabisan tempat, sebaiknya datang lebih awal 30 menit setelah buka warungnya. Nasi Goreng Mbak Yati satu porsinya seharga Rp 12.000.

3. Bakso Sopo Nyono Pak Sugeng

Bakso Sopo Nyono Pak Sugeng yang legendaris di Salatiga. (Google/unnamed)

Warung bakso yang satu ini sangat legendaris sekali bagi para penggemar bakso di Salatiga. Apalagi penjual baksonya yang memang bernama Pak Sugeng, terkenal dengan keluguannya dan humorisnya. Pak Sugeng sudah berjualan bakso sejak tahun 1990-an dan di tahun 2000 beliau berjualan bakso di Salatiga. Jadi sudah 23 tahun Bakso Sopo Nyono ini berdiri.

Bakso Sopo Nyono Pak Sugeng berlokasi di Jl. Somopuro Lor No. 85, Kecamatan Sidorejo, Salatiga. Bakso Sopo Nyono ini rasanya benar-benar menyegarkan dan khas Malang banget. Pangsitnya juga renyah, dan baksonya juga kenyal serta lembut sekali. Bakso Pak Sugeng buka dari jam 10 pagi hingga jam setengah 7 malam.

4. Rumah Makan Mina Kencana

Rumah Makan Mina Kencana, surganya ikan bakar di Salatiga. (Google/unnamed)

Jika kalian penggemar seafood, suka memancing, dan terutama juga suka dengan ikan bakar, maka rumah makan yang satu ini sangatlah cocok dan bisa menjadi solusinya. Mina Kencana ini berlokasi di Jl. Salatiga-Bringin KM. 27, Kauman Kidul, Kecamatan Sidorejo, Salatiga. Sudah sejak tahun 2006 Mina Kencana berdiri di kota Salatiga, dan lebih tepatnya 17 tahun menemani warga kota Salatiga.

Mina Kencana ini menghadirkan ikan bakar dan hidangan seafood lainnya yang benar-benar lezat dan enak sekali. Terlebih saat baru masuk  dan menapakkan kaki di sini saja bau dan aroma ikan bakarnya sudah menyengat dan membuat perut bergetar serta selera makan semakin naik. Hidangan paling favorit di Mina Kencana adalah Gurame Bakar dan Gurame Asam Manis.

Harga per porsinya bisa menyesuaikan per paket keluarga atau per orang. Mina Kencana buka dari jam 10 pagi hingga jam 9 malam.

5. Warung Ino II

Warung Ino II Salatiga, spesial masakan B2. (Google/Yosef Dian Primadhitama)

Buat para pecinta daging Babi, khususnya di Salatiga, pasti sangat familiar dengan warung yang satu ini. Warung Ino 2, berlokasi di Jl. Kemiri Barat no. 27, Kecamatan Sidorejo, Salatiga. Ada berbagai macam masakan daging babi di warung ini, yang paling favorit adalah Se’i babi, babi kecap, dan babi panggang merah.

Sebagian besar pembeli di warung Ino 2 adalah mahasiswa dan mahasiswi UKSW. Dan setiap jam makan siang, warung Ino 2 selalu ramai dan tak pernah sepi sekalipun. Warung Ino 2 buka dari jam 10 pagi hingga jam 10 malam. Jika tidak ingin pesanannya diantar terlalu lama atau tidak ingin kehabisan tempat, datanglah di jam yang bukan jam istirahat atau jam makan siang.

Untuk harga per porsinya bermacam-macam, dari mulai Rp. 15.000 hingga Rp. 30.000, tergantung ukuran porsi yang dipesan. Soal nasi, kalian bisa ambil sesuai selera kalian.

Baca Juga:

6. Mie Pangsit Siram Andalan Kita

Mie Pangsit Siram Andalan Kita Salatiga, warung mie ayam yang berbeda dari yang lain. (Google/unnamed)

Warung mie ayam di Salatiga yang satu ini berbeda dan sangat unik dari warung mie ayam lainnya. Kenapa? Karena hanya di Warung Mie Andalan Kita ini, mie ayam mempunyai nama lain yaitu Mie Chicken. Unik bukan?. Mie Pangsit Siram Andalan Kita di Salatiga ini punya 2 cabang, namun yang paling sering ramai pembeli adalah yang berlokasi di Jl. Cungkup Sari, Kecamatan Sidorejo, Salatiga.

Lebih tepatnya ini adalah cabang yang kedua. Sudah sejak tahun 2010-an Mie Pangsit Siram Andalan Kita ini berdiri, dan tak pernah sepi pembeli. Selain rasa mie chicken dan pangsit siramnya yang begitu lezat dan enak sekali ini, warung ini juga memiliki beberapa kata mutiara di setiap sudut warungnya. Quotes yang ditulis juga tak main-main, selalu menginspirasi dan bermanfaat sekali.

Menu favorit yang ada di Andalan Kita ini adalah Mie Chicken Standar dan Pangsit Kuah Jumbo. Satu porsi dari mie chicken standar adalah Rp. 11.000, sedangkan untuk pangsit kuahnya Rp. 7.000 (standart) dan Rp. 13.000 (Jumbo). Mie Pangsit Andalan Kita ini nuka dari jam 11 siang hingga pukul 6 sore.

Itulah rekomendasi warung-warung makan di Salatiga yang populer dan legendaris. Semoga bisa menjadi referensi bagi kalian semua.

Baca Juga: 5 Jajanan Kekinian Paling Laris, Harganya Murah Meriah

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Emperor

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *