6 Ide Bisnis Menjelang Idul Adha, Dijamin Cuan!


ilustrasi ide bisnis menjual hewan kurban (pixabay.com/mufidpwt)

Hari raya Idul Adha tinggal menunggu hitungan hari dan pastinya dinanti semua umat muslim di dunia, tak terkecuali masyarakat Indonesia.

Bagi kamu yang bermental enterpreneur, Idul Adha bisa menjadi peluang bisnis tersendiri dengan prospek cerah. Lantas apa saja ide bisnis yang bisa digarap menjelang hari raya Idul Adha?

Berikut ini 5 ide bisnis jelang Idul Adha yang bisa dikerjakan dan tentunya menghadirkan cuan yang tidak sedikit.

1. Jual Beli Hewan Kurban

Memperingati hari raya Idul Adha tentunya tak bisa dilepaskan dengan hewan kurban. Maka tidak heran jika hari raya Idul Adha dikenal dalam keseharian dikenal juga dengan Idul kurban.

Jual beli hewan kurban masuk dalam lima ide bisnis jelang Idul Adha yang bisa kamu garap bila ingin mencari pemasukan tambahan. Namun tentunya, untuk jual beli hewan kurban ini membutuhkan modal yang besar. Namun tak usah khawatir, bila merasa modal yang dimiliki kurang bisa dengan mengajak kerja sama pemilik hewan ternak.

Baca Juga:

2. Bisnis pakaian muslim

Satu lagi ide bisnis jelang IdulAdha yang untungnya tak kalah menggiurkan adalah bisnis atau jualan pakaian muslim. Sama seperti lebaran Idulfitri, umat muslim tentunya ingin tampil menawan dan trendi saat Iduladha, terutama ketika sholat id.

Lantas bagaimana memulai bisnis pakaian muslim di masa jelang Idul Adha ini? Bila kamu memiliki modal besar, bisa dengan memborong dari grosir atau pedagang besar. Sehingga bisa mendapatkan diskon. Jika modal tidak cukup atau ingin tanpa modal, dapat melakukan dengan menjadi reseller.

Agar orang bisa tahu produk yang kamu miliki, kamu bisa menjualnya di media sosial ataupun lewat e-commerce.

3. Jasa antar hewan kurban

Bagi anda yang memiliki mobil bak terbuka tapi tak tahu harus berbisnis apa, momen Idul Adha ini bisa jadi salah solusi.

Agar orang bisa tahu kalau mobil Anda siap digunakan untuk mengantar hewan kurban, bisa dengan menawarkan jasa lewat media sosial. Facebook salah satu media sosial yang jitu untuk mengenalkan jasa mobil antar hewan kurban anda.

Selain itu, kamu juga bisa bekerja sama dengan pengurus masjid setempat. Anda hanya perlu melampirkan rate harga dan kelebihan apa saja yang bisa diberikan saat pengantaran hewan kurban. Misalnya kamu bisa mengantar hewan kurban ke rumah pemotongan hewan dan membagikan daging kurban ke masyarakat.

Baca Juga:

4. Menjual produk olahan daging kurban dan membuka jasa catering

Daging hasil kurban dapat diolah menjadi berbagai produk makanan yang lezat dan bernilai jual tinggi. Kamu dapat memulai bisnis yang menghasilkan produk seperti sosis, dendeng, bakso, atau hidangan olahan lainnya. Kemas produk dengan menarik dan pastikan kebersihan serta kualitas bahan baku yang digunakan.

Satu lagi ide bisnis jelang Idul Adha adalah membuka jasa catering atau penyedia makananan. Bagi yang punya hobi memasak, manfaatkan momen Idul Adha ini untuk mencari pundi-pundi cuan. Kamu bisa menawarkan catering untuk petugas pemotongan hewan kurban yang bertugas di masjid ataupun rumah pemotongan hewan.

Tak hanya itu, kamu juga bisa menawarkan diri untuk mengolah atau memasak daging kurban menjadi berbagai kuliner lezat seperti sup dan gulai. Tawarkan dengan harga yang terjangkau namun tentunya tetap mengedepankan rasa dan kualitas.

5. Jual perlengkapan sate

Hari Raya Idul Adha tak bisa lepas dari melimpahnya daging kurban. Adapun kebiasaan masyarakat kita adalah mengolah daging kurban menjadi sate. Bila anda jeli, kebiasaan tersebut bisa menjadi peluang bisnis yang mendatangkan cuan melimpah.

Caranya adalah dengan menjual perlengkapan untuk membuat sate. Anda bisa menjajakan beragam perlengkapan sate seperti kipas bambu, panggangan, dan juga arang.

Untuk arang pun anda bisa menjual dua jenis, yakni arang batok kelapa atau arang dari kayu. Agar dagangan kamu dilirik dan ramai pembeli cobalah berjualan sejak H-7 dan pilihlah lokasi strategis untuk berjualan.

Bisa di pinggir jalan besar atau di taman-taman komplek. Bisa juga tawarkan ke tetangga, teman, dan keluarga besar.

Baca Juga:

6. Penjualan paket hewan kurban

Selain menjual hewan kurban secara langsung, kamu juga dapat menawarkan paket hewan kurban. paket ini mencakup proses penyembelihan, dan pendistribusian daging kepada umat muslim.

Ini dapat menjadi pilihan yang lebih praktis bagi mereka yang ingin berkurban tetapi tidak memiliki waktu atau kemampuan untuk melakukannya sendiri. Pastikan untuk menjaga kualitas dan kebersihan daging yang disajikan dalam paket tersebut.

Kamu juga bisa memanfaatkan teknologi digital. Seperti membuka jasa kurban online yang memudahkan orang untuk berkurban. lengkap dengan paket penyembelihan, dan pendistribusian daging kurban. Buatlah platform atau aplikasi yang memungkinkan calon konsumen.

Demikian tadi enam ide bisnis menjelang Iduladha. Semoga sukses dan berlanjut terus ya.

Baca Juga: Manfaatkan Momentum Hari Raya, Ini dia 5 Ide Bisnis Saat Lebaran!

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Legend

One Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *