5 Tips Menjalankan Bisnis Dropship, Agar Cepat Dapat Pelanggan!

Salah satunya promosikan produk dengan harga standar


0
tips menjalankan bisnis dropship
tips menjalankan bisnis dropship // pixabay

Sejak adanya internet, bisnis berbasis online mulai menjamur di dunia maya. Fenomena ini semakin gencar terdengar pasca munculnya puluhan media sosial dengan jumlah akun mencapai jutaan orang. Tentunya, ini bisa menjadi peluang usaha bagi Anda yang mengetahui tips menjalankan bisnis dropship di internet.

Efek dari intensitas dari teknologi di atas, perusahaan yang menjajakan produk secara online pun semakin banyak. Para pengusaha ini juga membuka lowongan kerja bagi masyarakat yang bersedia menawarkan produknya ke media sosial sekelas FB dan WhatsApp. Nantinya, Anda akan mendapatkan komisi dari perusahaan jika ada produk yang laku terjual. Ini yang disebut bisnis dropship.

Bisnis dropship memang satu jenis usaha yang sangat menguntungkan. Apalagi si pelakunya tidak perlu modal untuk stok barang, melainkan hanya membantu menawarkan saja. Sekalipun demikian tetap dibutuhkan tips tertentu untuk mempercepat mendapatkan komisi. Ini dia tips yang dimaksud!

1. Pilih Perusahaan Penyedia Barang Yang Kompeten

Untuk bisa menjalankan bisnis dropship, tentunya Anda harus mencari supplier atau perusahaannya terlebih dahulu. Sebab, perusahaan inilah yang nantinya akan memberikan reviu produk kepada dropshiper-nya. Setelah itu, reviu tersebut pun disebar ke media sosial agar bisa dibaca oleh calon pelanggan.

Usahakan Anda tidak salah dalam menentukan perusahaan supplier. Ini demi kepercayaan pelanggan, sekaligus peluang Anda untuk benar-benar mendapatkan komisi dari perusahaan. Untuk itu, pilihlah perusahaan yang memang kompeten serta bisa dipercaya.

2. Tawarkan Produk yang Banyak Dicari Orang

Tips menjalankan bisnis dropship yang berikutnya ialah, silakan pilih produk yang memang berkualitas dan banyak dicari orang. Pastikan, produk tersebut memang layak dipromosikan secara online melalui media sosial. Untuk itu, silakan lakukan survey terlebih dahulu di marketplace, sejatinya produk apa yang populer di sana.

Ada banyak produk yang layak ditawarkan oleh pengusaha dropship. Di antaranya produk busana, aksesoris ponsel, obat herbal hingga kosmetik untuk kalangan perempuan. Produk-produk ini terbilang laris di pasaran online sehingga peluang Anda untuk berhasil menjaring pembeli sangat besar.

3. Promosikan Produk dengan Harga Standar

Tidak bisa dibantah lagi, kalau hasrat niaga seseorang adalah untuk mendapatkan keuntungan yang banyak. Sekalipun demikian, dropshiper tetap harus menganalisis calon pembeli yang akan didekati. Jika mereka dari kalangan menengah ke bawah, tentu produk yang ditawarkan harus produk berharga standar.

Jadi, seorang dropship tidak boleh asal memilih produk. Kalau perlu harus melakukan survey harga terlebih dahulu. Setelah itu, silakan pilih produk yang harganya memang memuaskan. Lahan survey-nya juga banyak dan bisa menggunakan harga yang beredar di marketplace.

Baca Juga: Inilah 5 Peluang Bisnis Digital Penghasil Cuan

4. Lakukan Marketing Produk Segala Varian

Kalau Anda ingin menjadi dropship yang handal, pastinya tidak menawarkan satu dua produk saja. Melainkan harus menyertakan produk dari segala varian yang ada di perusahaan mitra. Semakin lengkap produk yang ditawarkan, masyarakat juga lebih tertarik untuk membeli produk tersebut.

Masih lebih bagus menawarkan 1 merek produk tetapi semua variannya ada. Apalagi kalau saat promosi, Anda juga memasukkan bentuk, motif, harga serta kegunaan dari produk tersebut. Jika konsep pemasaran semacam ini yang digunakan oleh dropshiper, tentu peluang produk laris sangat besar.

5. Promosikan Produk via Website Bisnis

Ada banyak cara mempromosikan produk yang bisa dilakukan oleh dropshiper. Namun, cara yang paling efektif adalah menawarkan produk melalui website bisnis. Caranya, silakan buat reviu lalu posting di website tersebut. Jangan lupa link produk disalin lalu posting di media sosial.

Sejatinya, tips menjalankan bisnis dropship itu mudah. Namun yang sulit, adalah ketekunan dropshiper untuk terus mencari pelanggan dengan cara mempromosikan produk. Termasuk harus selalu on time di medsos yang dimilikinya. Untuk itu, silakan tanamkan niat Anda mulai sekarang juga.

Baca Juga: 7 Etika dan Adab Rasulullah dalam Berdagang


Like it? Share with your friends!

0

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *