5 Kuliner Khas Medan, Bisa Membuat Lidah Kamu Bergoyang

Kuliner khas Medan ini juga sudah banyak dijual di luar kota Medan, via online pun bisa!


Bika Ambon

Medan adalah kota yang kaya akan warisan budaya. Bukan hanya itu, medan juga dikenal memiliki berbagai kuliner yang lezat. Jika kamu mengunjungi berbagai tempat wisata di Medan, jangan lupa untuk menikmati berbagai kuliner di kota yang juga populer disebut sebagai Melayu Deli ini.

Apa saja makanan khas Medan yang wajib dicicipi? Ayo simak 5 kuliner khas medan yang bisa membuat lidah kamu bergoyang.

1. Mie Gomak

Mie gomak (herstory.co.id)

Mie gomak merupakan salah satu makanan khas tradisional khas Medan yang wajib kamu coba. Mie gomak merupakan sajian sajian khas tanah Batak Toba wilayah Sibolga dan Tapanuli. Nama gomak diambil dari cara penyajiannya yang digomak (digenggam pakai tangan). Seiring perkembangan zaman, cara penyajiannya tidak lagi dilakukan dengan menggunakan tangan dan sudah menggunakan alat yang memudahkan untuk membuatnya.

Karena bentuk mie gomak panjang seperti lidi atau persis seperti spageti, banyak orang menyebutnya spageti Batak. Mie gomak biasa disajikan dengan saus kacang atau saus longong yang banyak. Ada tiga jenis mie gomak, yaitu mie gomak goreng, mie gomak saus, dan mie gomak saus kacang

2. Lontong Medan

Lontong Medan

Memang benar jika dilihat dengan hanya sekilas saja lontong medan tidak ada bedanya dengan lontong sayur yang biasa dijual. Hanya saja cita rasa yang disuguhkan tentu berbeda, Karena Lontong Medan memiliki ciri khas bumbu tauco yang lezat dan gurih. Kuliner ini biasanya menjadi salah satu menu sarapan di Medan.

Kuliner ini terdiri dari lontong dan sayur dan dikombinasikan dengan santan berwarna kuning kemerahan. Lontong Medan biasanya terdiri dari bumbu kacang, tauco medan, bakmi, sambal, sayuran, dan bisa juga ditambahkan telur atau perkedel.

Baca Juga: 4 Sajian Khas Berselera dari Jogjakarta, Tradisional dan ikonik!

3. Soto Medan

Soto Medan (Foto: Instagram @Marhezaayu)

Soto Medan memiliki ciri khas kuah santan berwarna kuning pucat agak kehijauan dengan sedikit bumbu dan jinten. Soto Medan adalah makanan yang juga sudah banyak dijual hampir di setiap kota yang berada di indonesia.

Dalam satu sajian soto kita mendapatkan bihun, buncis, potongan ayam atau sapi cincang, telur rebus, tomat, bawang goreng, daun bawang, daun seledri dan kerupuk merah sebagai lauknya.

4. Bika Ambon

Bika Ambon

Kamu mungkin tidak asing dengan makanan khas Medan yang diberi nama bika Ambon ini. Kue yang identik dengan warna kuning ini merupakan salah satu makanan yang wajib dibawa pulang saat berkunjung ke Medan. Bika Ambon terbuat dari bahan-bahan seperti telur, gula, dan santan dan juga mudah untuk dibuat.

Dahulu bika ambon hanya dijual dengan rasa pandan. Namun seiring berjalannya waktu mulai muncul berbagai varian rasa. Bika ambon pun mulai terkenal dan mulai dijual di beberapa kota tentu saja dengan beragam varian rasa.

Kata Ambon untuk Bika Ambon ini berasal dari nama jalan, di mana kue ini pertama kali muncul yaitu Jl. Ambon-Sei Kera Medan. Ciri khas dari oleh-oleh Medan murah ini adalah warnanya yang kuning kotak-kotak dengan lubang dan serat yang besar.

5. Lemang

Satu lagi, kuliner khas Medan yang melegenda yaitu lemang. Lemang adalah makanan khas Medan yang terbuat dari beras ketan dan santan yang digulung memanjang yang terbuat dari daun pisang. Setelah itu dibakar dalam seruas bambu lalu disajikan, tentu saja makanan ini sangat sedap dinikmati saat sedang panas.

Biasanya, lemang dijual kisaran Rp20.000 per batangnya, mengakibatkan kuliner yang satu ini sering dijadikan oleh-oleh selepas berkunjung ke Medan.

Nah, itulah 5 makanan khas dari kota Medan yang bisa membuat lidah kamu terus bergoyang. Jangan lupa dibungkus buat oleh-oleh ya.

Baca Juga: Ragam Jenis Masakan Khas Ethiopia

 

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Emperor

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *