Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat dan Bugar Setelah Iduladha


olahraga

Menghindari santapan enak dan lezat di Iduladha tampaknya sukar untuk dilakukan. Terlebih jika makanan tersebut hanya bisa dinikmati satu tahun sekali.

Sayangnya kebiasaan masyarakat Indonesia terlebih ketika Iduladha tak memberi ruang sisa pada tubuhnya. Ini adalah imbas dari makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi, karbohidrat, serta gula. Alhasil, tubuh mendapat efek dari hal tersebut.

Nah, untuk itu agar tubuh tidak tetap terjaga di tengah gempuran limpahan makanan dan minuman yang lezat, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan.

Membatasi Makan Daging

Mengkonsumsi sesuatu secara berlebihan memang tidak dianjurkan, baik dalam medis maupun agama. Kontradiktif memang jika keadaan tersebut terjadi pada saat Iduladha. Namun tidak ada salahnya untuk memberi sedikit ruang pada tubuh agar tidak over kalori dan membuat berat badan naik drastis. Terlebih daging sapi dan kambing termasuk dalam kategori daging merah yang memiliki tingkat kolesterol yang tinggi. Anda masih bisa menikmati memakan daging, tetapi dianjurkan untuk dibakar dan hindari untuk digoreng.

Mengonsumsi Sayur dan Buah

Sayur dan buah acap kali dilupakan oleh sebagian masyarakat. Padahal kedua makanan ini mempunyai serat yang kaya dan membuat perut bisa lebih lama untuk kenyang. Sehingga, berat badan serta tubuh tetap terjaga dan sedikit mengurangi daging. Selain itu, sayur dan buah mencegah terjadinya sembelit.

Rajin berolahraga

Tidak perlu memikirkan jenis olahraga yang berat, Anda cukup melakukan hal-hal ringan saja, seperti berjalan selama 30 menit atau olahraga ringan. Selain menjaga bentuk tubuh, berolahraga memberi efek bugar pada tubuh.

Perbanyak Minum Air Putih

Air putih seringkali terlupa untuk diminum. Selain menghilangkan dahaga, air putih memiliki banyak manfaat lain. Seperti menjaga tekanan darah, menjaga kesehatan pencernaan, dan tentu saja menurunkan berat badan. Supaya dapat mencukupi asupan air putih pada tubuh dianjurkan mengonsumsi sebanyak 8 gelas atau 2 liter air setiap hari.

Puasa

Selain membatasi nafsu makan, berpuasa juga membuat tubuh menjadi lebih segar. Selain, mendapat tubuh tetap sehat Anda juga mendapat pahala dengan puasa yang dilakukan.

Baca Juga: Jangan Takut Makan Daging Kambing, Aman Kok!


Novice

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *