Resep Membuat Bolu Kukus Lembut Anti Gagal

Resep bolu kukus ini dibuat hanya dengan takaran gelas, tanpa di oven!


0

Dulu, saat masih kecil. Bolu merupakan makanan istimewa karena hanya akan muncul pada moment istimewa saja. misalnya pada saat ada acara lamaran hingga pesta pernikahan, di beberapa daerah, menjadikan kue bolu sebagai menu wajib yang harus terhidang di atas meja.

Tidak semua orang bisa menaklukan kue bolu ini. Karena cara membuatnya yang sedikit rumit sehingga tidak jarang hasil kue bantat dan tidak sesuai dengan ekspektasi.

Dengan takaran gelas saja, membuat roti bolu kukus kini menjadi lebih mudah, hemat waktu, hemat biaya karena tidak perlu menyalakan oven. Hasilnya enak, dijamin keluarga pada suka dan minta dibuatkan lagi dan lagi.

Bagaimana resepnya?, yuk langsung eksekusi!

Bahan dasar dan cara membuat

1. Panaskan panci kukusan, jangan lupa tutupnya di balut kain, agar uap kukusan tidak menetes ke kue.

2. Olesi cetakan kue dengan minyak, agar kue tidak lengket dan mudah melepaskannya nanti saat sudah matang.

3. Mixer hingga putih berjejak 3 butir telur, 1 sdt TBM dan 1 gelas peres gula ukuran gelas kaki lima.

4.Tambahkan ke adonan 1 gelas munjung tepung terigu, 1 sdt baking powder, 2 sdm susu bubuk, 1/2 gelas air putih dan 1/4 gelas margarin leleh yang sudah dingin atau bisa di ganti dengan minyak goreng dan 1/4sdt garam halus. Mixer dengan kecepatan paling rendah, terakhir tambahkan pewarna makanan jika suka.

5. Tuangkan Adonan pada cetakan dan kukus kurang lebih 30 menit. tusuk dengan lidi untuk cek kematangan. Jika sudah tidak ada yang lengket di lidi, tandanya kue sudah matang dan siap disajikan.

jika ingin menambahkan pisang atau tape sebagai perasa alami, bisa dikurangi takaran tepung jadi 1 gelas peres. pisang cukup 1 buah kecil, atau tape 3 potong kecil. Jangan lupa dihaluskan terlebih dulu sebelum ditambahkan ke dalam adonan ya.

Selamat mencoba!

Baca Juga: Cara Membuat Kue Klepon Gula Merah

 

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

0

Novice

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *