Inilah 10 Hal Yang Harus Disiapkan Dalam Kit Perlindungan Diri

Sudahkah Kalian Menyiapkan Kit Perlindungan Diri?


11

Bumi ini sudah semakin tua, tapi apakah kita sadar akan hal itu?

Kita seakan tidak peduli dengan perubahan sekitar, padahal alam telah memberi sinyal jika kehidupan tak lagi selaras dulu. Banyak bencana alam yang terjadi, mulai dari gempa, gunung meletus, banjir, dan lainnya. Tentu saja itu adalah bagian dari fenomena alam, tapi tak sedikit juga jika penyebab kerusakan alam adalah akibat ulah manusia yang tidak bertanggungjawab.

Tentu kita pasti menyadari jika akhir-akhir ini sering terjadi gempa, dari skala kecil sampai skala besar, bahkan pada hari Rabu dini hari, gempa berkekuatan 7,5 SR mengguncang Maluku, hingga pihak BMKG sempat mengeluarkan peringatan dini tsunami.

Seperti yang kita ketahui, wilayah Indonesia dilalui jalur pertemuan tiga lempeng tektonik yaitu Indo-Australia, Eurasia, dan Pasifik, sehingga tidak heran jika Indonesia akan sering dilanda gempa bumi. Nah, oleh sebab itu penting sekali untuk kita menyiapkan diri dan meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman bencana alam yang akan terjadi.

Lalu apa yang harus kita siapkan? Kita bisa mulai menyiapkan kit perlindungan diri, ini bisa kita siapkan secara mandiri untuk bekal jika nanti terjadi bencana menimpa.

Tahukah kalian kit perlindungan diri itu apa?

Kit perlindungan diri adalah kumpulan barang-barang penting yang dapat kita gunakan untuk menopang keberlangsungan hidup kita saat terjadi bencana atau situasi darurat. Kit ini harus selalu siap sedia, dan mudah untuk dibawa ke mana-mana. Kit ini dapat diisi dengan berbagai jenis barang yang dapat membantu kita agar tetap aman dan sehat selama situasi darurat sebelum bantuan datang kepada kita.

Baca Juga: 5 Tips Mencegah Kekhawatiran dari Ramalan Mengerikan Tahun 2023

Isi kit itu apa saja sih? Simak penjelasan di bawah, ini penting!.

Beberapa hal yang bisa kita siapkan untuk mengisi kit perlindungan diri, di antaranya:

1. Air mineral

Dalam kit perlindungan diri, hal yang paling utama yang harus kita siapkan adalah air mineral. Siapkan air mineral yang cukup untuk memenuhi kebutuhan minum kita selama beberapa hari, agar selama terjadi situasi darurat kita tetap bisa mengisi cairan tubuh kita.

2. Makanan ringan

Tentu saja dalam kit harus ada makanan, kita bisa siapkan makanan ringan yang tidak mudah rusak, tetapi cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita seperti, biskuit, protein bar, ataupun makanan ringan lainnya yang bisa kita gunakan sebagai sumber makanan sementara sebelum mendapat bantuan.

3. Peralatan pencahayaan

Pencahayaan sangat penting, jika terjadi gempa, atau situasi darurat lainnya di malam hari dan listrik padam, kita bisa gunakan alat pencahayaan yang sudah kita siapkan dalam kit, alat pencahayaan itu bisa lampu senter, atau bisa juga glow stick yang mudah digunakan.

4. Peralatan Komunikasi

Agar kita tetap terhubung dengan orang sekitar dan untuk keperluan mencari informasi, penting bagi kita untuk menyiapkan alat komunikasi. Bisa kita siapkan telepon genggam, ataupun walkie-talkie.

5. Pakaian ganti

Dalam situasi darurat, pasti kita tidak sempat mengemas pakaian yang banyak, maka dari itu kita perlu memasukkan pakaian ganti dalam kit perlindungan diri. Siapkan pakaian yang cukup dan sesuai dengan cuaca sekitar, yang paling penting bawalah jaket, pakaian dalam, dan sepatu yang nyaman.

6. Obat-obatan pribadi

Jika kita kebetulan mempunyai riwayat penyakit yang diharuskan meminum obat tertentu, masukanlah dalam kit perlindungan diri, masukkan juga obat-obatan yang mudah dijumpai, seperti paracetamol, atau obat-obatan lainnya yang akan dibutuhkan oleh kita dan orang lain.

7. Alat pertolongan pertama

Alat pertolongan pertama dapat membantu kita mengatasi luka ringan sebelum mendapat pertolongan dari tim medis, adapun alat-alat pertolongan pertama yang bisa kita siapkan yaitu, plester, perban, obat antiseptik, dan alat-alat pertolongan pertama lainnya.

8. Dokumen-dokumen penting

Kita tidak pernah tau bencana kapan akan terjadi, maka dari sekarang mulailah scan surat-surat penting, ini dapat meminimalisir terjadinya kehilangan dokumen penting.  seperti surat identitas, surat keluarga, dan dokumen-dokumen lainnya. Buatlah salinannya, dan simpan dengan rapi dalam kit perlindungan diri.

9. Perlengkapan pribadi

Jika semua kebutuhan paling utama telah kita siapkan, kita juga perlu menyiapkan perlengkapan pribadi, seperti sikat gigi, sabun, dan perlengkapan pribadi lainnya.

10. Alat-alat tambahan

Kita dapat memasukkan alat-alat tambahan dalam kit perlindungan diri milik kita, pastikan alat tambahan ini dapat membantu kita pada saat terjadi situasi darurat, seperti pisau, kompas, tali, atau gunting.

Itulah hal-hal yang dapat kita siapkan dan masukkan dalam kit perlindungan diri, ingat simpanlah kit perlindungan diri di tempat yang mudah dijangkau, mudah dibawa, juga jangan lupa untuk selalu memeriksa dan mengisi kembali kit perlindungan diri secara berkala agar selalu siap saat dibutuhkan.

Dalam situasi darurat kondisi selalu berubah, maka penting untuk kita untuk tetap dalam keadaan tenang dan selalu waspada, agar kita cepat dalam merespons ketika terjadi sebuah perubahan rencana. Hal ini bukan untuk menakut-nakuti terhadap terjadinya bencana, tapi penting untuk kita mengedukasi diri agar tidak panik terhadap ancaman bencana yang sedang mengintai kita.

Ingatlah jika semua hal bisa kita cegah dampaknya, agar kita bisa mawas diri terhadap situasi apa pun, selalu waspada dan banyaklah berdoa, meskipun kita telah menyiapkan segala kebutuhan, tetap keselamatan kita ada di tangan Yang Maha Kuasa.

Tetaplah waspada teman-teman, dan marilah lebih peduli lagi dengan keadaan sekitar

Baca Juga: Mud Volcano and Temple Tourism sebagai Pendongkrak Perekonomian Warga Porong

 

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

11

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *