Hujan Meteor Quadrantids, Fenomena Langit Menyambut Awal Tahun Baru


Tak terasa tahun 2022 sudah berlalu dan kini sudah menginjak tahun baru 2023. Ada banyak tradisi yang dilakukan guna menyambut awal tahun baru misalnya dengan menyalakan kembang api, bakar jagung, makan bersama dan lain sebagainya.

Namun, tahukah kamu jika langit juga rajin menyambut awal tahun dengan hujan meteor quadrantids?

Jika kamu penasaran dengan hujan meteor quadrantids dan kapan waktu untuk bisa melihatnya, berikut ini ulasan yang wajib kamu simak!

Apa Itu Hujan Meteor Quadrantids

Hujan meteor Quadrantids adalah hujan meteor yang terjadi setiap tahun dan menyambut awal tahun baru, tepatnya terjadi mulai sekitar bulan desember hingga januari.

Fenomena hujan meteor quadrantids terjadi akibat rotasi bumi yang melintasi jalur orbit asteroid 2003 EH1, yang ditemukan pada tahun 2003 lalu. Asteroid ini memerlukan waktu sekitar 5.5 tahun untuk mengelilingi matahari.

Sedangkan, penyebutan nama quadrantids sendiri mengacu pada rasi bintang quadran muralis yang saat ini sudah tidak berfungsi. Konstelasi ini kini termasuk dalam konstelasi Bootes dan sering disebut sebagai bootids.

Baca Juga: Musim Hujan, Hati-Hati Dengan Serangga Satu Ini

Puncak Hujan Meteor Quadrantids

Di tahun ini hujan meteor quadrantids terjadi mulai 26 desember 2022 hingga 16 januari 2023, sementara itu puncaknya terjadi pada malam hari di tanggal 3 dan dini hari pada 4 Januari 2023.

Pada puncaknya di tanggal 3 dan 4 Januari 2023, hujan meteor ini terjadi hingga 110 meteor per jamnya dan berlangsung hingga menjelang pagi hari.

Waktu Terbaik Untuk Menikmati Hujan Meteor Quadrantids

Melihat hujan meteor quadrantids bisa menjadi salah satu pengalaman yang menakjubkan. Apalagi, jika menjadi aktivitas menyambut awal tahun baru dan dilakukan bersama orang-orang tersayang.

Meski baru mencapai puncaknya pada tanggal 3 dan 4 Januari 2023, namun Anda sudah bisa melihat hujan meteor ini mulai dari pertengahan desember lalu.

Akan tetapi untuk mendapatkan pemandangan hujan meteor yang jelas memang disarankan untuk melihatnya di malam puncak tersebut, tepatnya tengah malah hingga dini hari.

Tips Melihat Hujan Meteor Quadrantids

Apakah untuk melihat hujan meteor quadrantids memerlukan peralatan yang canggih? Sebenarnya, yang Anda butuhkan untuk melihat hujan meteor ini hanyalah langit yang cerah dan jauh dari polusi langit.

Namun sayangnya pada tanggal 3 dan 4 Januari 2023 kondisi bulan yang menuju purnama agaknya akan sedikit menghalangi penglihatan meteor yang redup. Tapi jika kamu bersabar dan tetap ingin menikmati hujan meteor ini, ada beberapa tips yang bisa kamu coba berikut ini.

  • Pilihlah tempat yang terpencil dan jauh dari polusi langit seperti cahaya lampu dan gedung-gedung. Langit yang cerah di tempat terpencil adalah pilihan terbaik untuk melihat hujan meteor quadrantids dengan mata telanjang.
  • Pakailah pakaian yang nyaman dan mampu melindungi Anda dari angin dan dinginnya malam hari, apalagi jika Anda berniat melihat meteor dalam waktu yang lama. Tentu tidak akan nyaman menggunakan stelan tipis di tengah malam hari.
  • Cek ramalan cuaca untuk mengetahui kondisi cuaca hari itu. Jika kondisi cuaca tidak mendukung, maka sebaiknya Anda memilih waktu yang lain untuk menikmati hujan meteor quadrantids ini. Tenang, hujan meteor ini bisa Anda lihat sampai tanggal 16 Januari 2023.
  • Gunakan sky map untuk melihat arah pancaran dan melihat meteor lebih banyak. Semakin tinggi pancaran di atas cakrawala, maka semakin banyak meteor yang bisa Anda lihat.
  • Meski hujan meteor berasal dari pancaran, tapi Anda tidak perlu fokus pada pancaran saja, karena meteor bisa muncul dari arah mana saja.

Baca Juga: Hujan Meteor di Akhir Juli, Bisa Dilihat Dengan Mata Telanjang!

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Explorer

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *