Catat! 5 Tips Menghadapi Hari Pertama Kerja dengan Percaya Diri

Hadapi dirimu dengan penuh percaya diri di hari pertama kerja


Ilustrasi hari pertama kerja (pexels.com/fauxels)

Hari pertama kerja adalah hari yang paling ditunggu-tunggu. Selain akhirnya kamu diterima sebagai karyawan tetap, tentunya kamu akan berkenalan dengan orang-orang baru serta beradaptasi dengan lingkungan kerja baru. Memulai pekerjaan di tempat baru menjadi sebuah momen tantangan terbesar, sebab ini merupakan kunci awal dari sebuah keberhasilan dalam berkarier, serta dapat mewujudkan peluang rencana yang sudah kamu rancang.

Sebagai karyawan baru rasa gugup yang timbul pasti akan muncul, biar kamu tidak semakin gugup dan bisa memberikan kesan yang baik dengan tampil percaya diri. Berikut tips persiapan diri sebagai langkah-langkah awal di hari pertama kerja.

1. Datang tepat waktu di hari pertama kerja

Tentunya sebagai karyawan baru kamu harus datang tepat waktu, ini memberikan kesan pertama di mata karyawan lain termasuk atasanmu bahwa kamu orang yang disiplin dan semangat untuk memulai pekerjaan di hari pertama kerja. Selain itu, datang tepat waktu membuatmu punya banyak waktu luang untuk mengeksplore lingkungan kerja barumu.

Pastikan, kamu mengetahui jarak antara tempat tinggal dengan tempat kerjamu. Bila, dirasa jauh kamu bisa berangkat 2 – 3 jam lebih awal, agar kamu bisa terhindar dari kemacetan atau hal-hal lain yang tidak diinginkan.

Baca Juga:

2. Berikan kesan yang baik

Tidak hanya datang tepat waktu, berikan kesan yang baik kepada karyawan juga perlu untuk membantu dan memudahkan kamu dalam beradaptasi di lingkungan kerja baru. Kamu bisa memberikan senyuman sembari menyapa karyawan dan membuat obrolan kecil pada setiap anggota tim.

Walau yang kamu lakukan terbilang sederhana, tapi interaksi seperti ini bisa memberikan kesan pertama yang baik. Dengan cara ini, kamu bisa membangun keakraban untuk memulai hubungan baik dengan para karyawan di hari pertama kerja.

3. Jangan malu untuk mulai bertanya

Lingkungan kerja yang baru pasti membuatmu merasa asing. Banyak sesuatu yang belum kamu temukan dan lakukan. Jadi, cobalah jangan malu untuk mulai bertanya mengenai hal yang harus kamu kerjakan atau menanyakan pertanyaan sederhana seperti menanyakan letak ruangan atasan, letak toilet, letak tempat fotokopi berkas atau sampaikan saja secara jujur apa saja yang kamu butuhkan dan belum kamu mengerti.

Sebelum berangkat, kamu bisa juga membuat daftar pertanyaan yang siap untuk ditanyakan. Dengan banyak bertanya ini akan membantu kamu mengenal perusahaan lebih cepat dan memudahkan menyelesaikan pekerjaan ke depannya.

4. Ikut serta dalam aktivitas tim

Memiliki rasa semangat dalam mengikuti aktivitas tim sebagai usaha berinteraksi dengan karyawan dan mengenal lebih dekat, membuat kamu dapat dinilai sebagai karyawan baru yang memiliki jiwa antusias tinggi.

Cobalah ikut serta bila diberikan kesempatan untuk bergabung dalam tim dan sesering mungkin selalu hadir saat ada pertemuan tim. Serta jadilah anggota yang aktif, beri bantuan ketika rekan yang lain mengalami kesulitan dan beri saran bila diminta memberi saran.

Baca Juga:

5. Berkata jujur dan Sopan

Bertutur kata termasuk menjadi sorotan utama dalam menilai kepribadian suatu keryawan terutama karyawan baru, di hari pertama bekerja kamu pasti tidak ingin meninggalkan kesan buruk dengan berkata yang tidak sopan.

Berkatalah yang sopan dan jujur bila sedang berinteraksi dengan karyawan lain dan jangan mencoba menggerutu bila ada pekerjaan yang membuat kamu kesulitan. Tahan diri untuk tidak bergosip dengan rekan kerja, kamu bisa dinilai kurang baik yang menunjukkan bahwa kamu orang yang senang bergosip.

Menerapkan tips-tips ini, membuat kamu bisa meningkatkan peluang percaya diri dalam menghadapi hari pertama kerja. Meskipun, proses beradaptasi memerlukan waktu. Kamu harus tetap menampilkan rasa percaya diri untuk memberikan kesan yang baik kepada karyawan lain. Biar nantinya proses beradaptasi dan mengenal tempat kerjamu jauh lebih cepat dan mudah. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 7 Tips Jitu Memikat Hati Rekruter Saat Interview Kerja, Agar Bisa Diterima

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Novice