9 Website Penyedia Gambar Gratis Yang Jarang Diketahui


Sebagai seorang penulis perlu diakui bahwa peran gambar dalam menghidupkan sebuah tulisan sangat penting. Gambar dapat mendeskripsikan secara keindraan maksud tertentu dari sebuah tulisan, baik sebagai media ilustrasi, keterangan tertentu, pemandu persepsi bagi pembaca ataupun sebagai data pendukung sebuah pesan pada tulisan tersebut. Begitu halnya bagi konten creator, foto editor, maupun pekerja dalam desain grafis dan industri kreatif lainnya, gambar menjadi salah satu elemen penting yang tidak dapat disepelekan.

Kebutuhan akan gambar sangat tinggi sehingga membutuhkan persediaan gambar yang cukup banyak, baik untuk personal use ataupun commercial use. Penggunaan gambar karya sendiri tidak ada batasan penggunaan, namun beda halnya apabila menggunaan gambar dari unduhan website tertentu. Pengguna harus mematuhi ketentuan penggunaan yang dikenakan oleh pemilik karya tersebut karena sebuah gambar dapat memiliki copyright atau di Indonesia disebut Hak Kekayaan Intelektual (HAKI).

Copyright atau hak cipta merupakan hak eksklusif bagi pencipta sebuah karya tertentu yang nantinya mereka juga turut memiliki hak atas pemberian izin jika ada seseorang yang berniat menggunakan atau memperbanyak karya tersebut dengan tujuan apapun. Oleh karena itu, apabila seseorang ingin menggunakan karya dari orang lain membutuhkan izin dari pemilik karya, tanpa mendapatkan izin dari mereka, maka sang pemilik karya berhak untuk membawa kasus ini ke jalur hukum. Karenanya, seseorang harus berhati-hati dalam mengambil dan menggunakan gambar dari internet, jika tidak ingin terjerat kasus pelanggaran hak cipta ini.

Jika seseorang ingin menggunakan karya orang lain, baik untuk digunakan bagi keperluan pribadi atau komersial dapat dilakukan dengan meminta izin tertulis pemilik karya ataupun dengan membeli lisensinya. Sebuah karya yang didapat dengan syarat membeli lisensi artinya konten tersebut berbayar. Lalu bagaimana jika ingin mendapatkan konten foto secara gratis? Tentu ada alternatifnya, yaitu mengunduh foto melalui situs penyedia karya bebas hak cipta.

Saat ini sudah banyak website penyedia foto gratis atau memberikan lisensi Creative Commons. Creative Commons itu sendiri adalah sistem yang mengakomodasi seorang fotografer, dalam memberikan izin kepada orang lain untuk menggunakan gambar hasil karyanya, tanpa menghilangkan keterangan dari mana sumber foto tersebut berasal. Dalam arti, seseorang bisa bebas menggunakan gambar yang terdapat di situs download gambar gratis yang bersangkutan selama memenuhi persyaratan yang berlaku dan telah dicantumkan oleh pemilik media. Namun, dibeberapa situs tidak semua gambar tersedia bersifat gratis karena beberapa diantaranya ada yang berbayar.

Berikut ini beberapa situs jarang diketahui yang menyediakan gambar atau foto dapat menjadi rujukan untuk memperoleh gambar atau foto secara gratis berlisensi Creative Commons:

1. ISO Republic

Dok Screen Capture ISO Republic

Dikutip dari laman ISO Republic pada bagian lisensi menyatakan bahwa “The photos and videos provided by ISO Republic are free to use for personal and commercial projects, and come with a CCO license”. Yang berarti karya foto boleh digunakan, dicopy, dibagikan sepanjang mematuhi beberapa ketentuan yang ditetapkan situs dan pemilik karya.

Situs ini menyediakan beragam foto dan video dari berbagai kategori, mulai dari people, nature, food, technology, city, landscape, business, travel, animal, art, dan masih banyak lagi. Gambar yang tersedia pada situs ini sudah hadir dengan resolusi yang baik, berformat JPG untuk foto dan MP4 untuk video.

2. The Stocks

 

Dok Screen Capture The Stocks

Seperti namanya website satu ini menjadi gudang dari berbagai jenis konten dimulai dari stok foto, stok video, stok typografi, stok suara/sound, font, notion dan lainnya. Dapat diunduh secara gratis, namun terdapat juga yang berbayar. Website satu ini merangkum konten dari puluhan sumber situs sehingga isi yang ada didalamnya sangat banyak dan lengkap. Perlu diperhatikan untuk membaca ketentuan dari file yang ingin diunduh karena sumber file yang beragam memiliki ketentuan berbeda satu dengan lainnya.

3. Vecteezy

 

Dok Screen Capture Vecteezy

Pada situs ini pengunjung dapat mendaftar terlebih dahulu dengan cara masuk ke laman utama kemudian Sign Up, isi data diri sebagaimana petunjuk dari website. Dengan cara ini pengunjung dapat mengunduh secara gratis konten yang disediakan oleh Vecteezy. Tidak hanya foto, website ini juga berisikan Vectors dan Video. Meskipun file dapat diperuntukkan bagi personal maupun komersial, namun Vecteezy menekankan penggunanya untuk mematuhi aturan dalam Vecteezy License Agreement. Ketika mengunduh kemudian menggunakan foto dari situs ini untuk mencantumkan sumber file tersebut.

4. Picjumbo

 

Dok Screen Capture Picjumbo

Website berlisensi Creative Commons selanjutnya adalah Picjumbo. Dapat ditemukan pada website satu ini berbagai kategori foto yang dapat diunduh secara gratis dan bebas digunakan untuk personal dan komersial. Ketegori yang disediakan terbilang sangat lengkap dari kategori people, nature hingga business, cocok digunakan untuk keperluan konten pribadi hingga keperluan bisnis.

5. Pikwizard

Dok Screen Capture Pikwizard

Sebelum menggunakan website ini lebih jauh, disarankan untuk membaca Standard License dan User Agreement karena terdapat beberapa ketentuan yang harus diikuti pengguna ketika ingin menggunakan file yang diunduh. Secara garis besar website ini mengizinkan penggunaan file baik untuk personal dan komersial. Tidak hanya foto, website ini juga menyediakan file video dengan berbagai kategori dengan kualitas resolusi yang baik.

6. Splitshire

Dok Screen Capture Splitshire

Splitshire menyediakan stok foto gratis dan bebas hak cipta sangat lengkap dengan resolusi tinggi. Sangat cocok digunakan pada pekerjaan yang membutuhkan kualitas gambar yang bagus. Selain foto, Splitshire juga berisikan stok video yang terbilang lengkap. Situs ini juga mengizinkan penggunaan personal seperti blog, media sosial, serta penggunaan komersial pada mockup, majalah, infografis, video dan lain sebagainya.

7. Realistic Shots

Dok Screen Capture Realistic Shots

Kalau menyukai atau membutuhkan gambar yang realistis-keseharian untuk story sosial media dan lainnya namun juga memenuhi unsur aesthetic, maka mengunjungi website ini adalah keputusan yang tepat. Dalam website ini tersedia berbagai kategori gambar indah yang bisa diunduh secara gratis dan bebas hak cipta, artinya baik penggunaan personal dan komersial diizinkan. Selain gratis, foto yang tersedia juga mempunyai resolusi tinggi sehingga memiliki kualitas yang bagus.

8. Flickr

Dok Screen Capture Flickr

Karena berbasis komunitas sharing foto untuk menggunakan dan mengambil manfaat dari website ini pengguna perlu bergabung kedalam komunitas dengan cara mendaftar terlebih dahulu. Didalam website ini anggota komunitas banyak membagikan foto-foto berkualitas dengan resolusi tinggi yang dapat diunduh secara gratis untuk penggunaan personal dan komersial.

Meskipun membebaskan dalam penggunaannya, namun pengembang komunitas menekankan untuk menghargai hak cipta atas karya pemilik, maka terlebih dahulu pengguna wajib membaca dan memahami Standard License and Policies website ini. Artinya sebelum mengunduh dan menggunakannya ditekankan untuk melaksanakan ketentuan lisensi dan aturan kebijakan penggunaan foto.

9. Lifeofpix

Dok Screen lifeofpix

Sama seperti Flickr, website ini juga berkonsep komunitas sharing. Selain menjadi pengunduh karya orang lain, pengguna juga dapat membagikan foto karyanya kepada orang lain juga dengan mendaftar sebagai anggota. Meskipun berlisensi Creative Commons, namun pengguna ditekankan mematuhi kebijakan penggunaan yang ditetapkan oleh website. Didalam website ini pengguna dapat mengunduh beragam foto yang dibutuhkan dengan kualitas resolusi gambar tinggi. Tersedia berbagai kategori dan gaya fotografi yang mempuni dalam website ini, cocok sebagai rujukan mencari gambar gratis dengan kualitas fantastis.

Kebutuhan gambar yang beragam jenisnya serta memerlukan stok yang tidak sedikit, maka keberadaan website penyedia gambar/foto gratis dengan lisensi bebas hak cipta sangat dibutuhkan. Dewasa ini pekerjaan yang membutuhkan bahan seperti stok foto ataupun video sebagai ornamen pelengkap pekerjaan melonjak tajam.

Website tersebut di atas, dapat menjadi rujukan dalam mencari foto atau gambar yang dibutuhkan. Jika kamu punya referensi lain selain website di atas, share juga ya!

Baca Juga: 5 Cara Memperbesar Resolusi Foto dengan Mudah

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Hero

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *