3 Fakta Jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026; Timnas China vs Indonesia


Timnas China dan Indenesia

Timnas China vs Indonesia saling baku hantam di markas China pada laga lanjutan Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Qingdao,

Timnas Indonesia kini menempati posisi kelima klasemen sementara Grup C dengan mengemas tiga poin dari tiga pertandingan yang dijalani. Sedangkan China berada di posisi juru kunci klasemen Grup C dengan poin nol usai kalah dari tiga pertandingan yang dijalani.

Pertandingan antara Timnas China vs Indonesia digelar di pada Selasa (15/10/2024) mulai jam 19.00 malam WIB, siaran langsung RCTI dan GTV serta live streaming Vision+

1. Waspada saat injury time

Ketika Indonesia vs Bahrain, tim Merah Putih kebobolan di menit ke-15 lewat tendangan bebas Mohamed Marhoon.

Timnas Indonesia juga harus kehilangan kemenangan setelah Mohamed Marhoon mampu mencetak gol keduanya di detik-detik akhir babak kedua yang membuat laga berakhir 2-2.

Dua momen kebobolan di menit-menit awal dan akhir lawan Bahrain harus menjadi catatan penting bagi Shin Tae Yong terhadap anak asuhnya. Sebelumnya saat melawan Arab Saudi, Timnas Indonesia juga harus kebobolan di menit ke-45+3.

Baca Juga:

2. Media China remehkan kemampuan mencetak gol Timnas Indonesia

Kemampuan ofensif Timnas Indonesia dipandang sebelah mata jelang pertandingan melawan China pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Lini serang Skuad Garuda dianggap tidak menyeramkan. Itu yang diklaim salah satu media China Hu Shuo Ba Qiu. Anak asuh Shin Tae Yong disebut memiliki pertahanan bagus, tetapi tidak demikian untuk urusan membongkar pertahanan lawan.

Dalam tulisan bertema prediksi, disinggung soal kemampuan menyerang Timnas Indonesia. “Untuk formasi, pelatih China, Branko Ivankovic cenderung menggunakan formasi 5-3-2. Karena Timnas Indonesia kuat dalam bertahan, tetapi lemah dalam menyerang, taktik utama dalam pertandingan sebelumnya adalah serangan balik defensif.”

“Timnas China menggunakan formasi 5-3-2 yang pasti akan memiliki efek defensif di satu sisi, dan memiliki nilai strategis di sisi lain, membuat Timnas Indonesia cemas dan melakukan gerakan pertama,” tulis Hu Shuo Ba Qiu.

Hu Shuo Ba Qiu tidak menyebut kualitas pemain Indonesia jelek, namun memiliki keterbatasan di lini tengah dan lini depan.

“Timnas Indonesia memiliki kekurangan yang jelas. Pemain naturalisasi mereka secara keseluruhan baik-baik saja, dan kemampuan individu mereka jelas lebih baik daripada timnas China, namun masalahnya adalah Timnas Indonesia saat ini kekurangan orang di lini tengah dan depan,” tulis mereka.

“Pertahanan mereka bagus, tetapi serangan mereka kualitasnya rata-rata, dan itu tergantung pada kemampuan individu untuk tampil maksimal,” sambung tulisan tersebut.

Baca Juga:

Wasit yang bertugas berasal dari Timur Tengah

Wasit asal Uni Emirat Arab (UEA), Omar Mohamed Ahmed Hassan Al-Ali, akan memimpin pertandingan Timnas China VS Indonesia dalam lanjutan pertandingan keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup C 6 zona Asia. Laga tersebut akan berlangsung di Qingdao Youth Football Stadium pada Selasa 15 Oktober 2024.

Dengan latar belakang wasit Omar Al-Ali yang berasal dari Timur Tengah, membuat warganet Indonesia khawatir wasit tersebut bisa memberikan keputusan yang merugikan Indonesia.

Baca Juga: Update Hasil Pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026; Timnas Bahrain vs Indonesia, Garuda Seri 2-2!