6 Tips dan Langkah Membuat Bakso Goreng Renyah Anti Keriput


Bakso goreng

Siapa yang tidak kenal bakso? Hampir tidak mungkin jika tidak ada yang tidak tahu makanan yang berasal dari daratan Tiongkok dengan bentuk bulat sempurnanya yang tersohor di seluruh belahan dunia.

Di Indonesia, panganan satu ini biasa diolah dengan menambahkan kuah atau sup yang dicampur bumbu-bumbu rempahan khas nan wangi di dalamnya. Kecap dan saus pun tak lupa sebagai penyemarak warna kuah dan penambah cita rasa di lidah.

Namun, di tengah kepopuleran olahan bakso kuah, ada satu olahan yang tak kalah menggugah selera, yaitu bakso goreng. Karena, tidak semua orang suka bakso dengan tekstur polos dan licin, sensasi garing dan renyah pasti lebih membuat rasa penasaran meningkat dan menggelitik di lidah.

Bagi yang suka bakso goreng, tidak ada salahnya menyimak anjuran berupa tips-tips membuat bakso goreng yang renyah dan anti keriput berikut ini.

1. Siapkan bahan

Tentu tokoh utama dari segala bahan untuk membuat bakso goreng adalah daging. Kamu bisa menggunakan jenis daging apa saja sesuai selera seperti daging ayam, sapi, kambing, dan lainnya. Lalu, siapkan bahan-bahan pendukung agar bakso goreng renyah dan gurih seperti telur, bawang putih, daun bawang, dan tepung tapioka yang dapat memberikan tekstur kenyal dan lentur pada saat bakso digoreng sehingga bentuknya akan lebih menarik.

Baca Juga:

2. Haluskan adonan daging

Gunakan daging yang didinginkan terlebih dahulu di dalam lemari pendingin agar adonan bakso lebih kenyal. Atau, kamu bisa menambahkan es batu di saat menghaluskan daging jika memang terlupa mendinginkan dagingnya.

Selanjutnya, tentu kamu mesti menyiapkan sebuah alat untuk melumatkan dan menghaluskan daging seperti penggiling daging multifungsi atau sejenisnya dari merek apapun asalkan berfungsi dengan baik. Lalu, mulailah menghidupkan alatnya sambil mencampurkan bahan pelezat lainnya seperti beberapa varian rempah dan garam. Lakukan setahap demi setahap sampai tekstur daging benar-benar halus dan lembut.

Adapun tujuan dari daging yang dihaluskan ialah agar bakso ketika digoreng dapat mekar dan matang dengan sempurna.

3. Tambahkan baking powder

Kegunaan baking powder pada adonan bakso dapat membantu pemekaran sewaktu proses penggorengan.

Cukup tambahkan satu sendok saja teh baking powder, dan tekstur renyah yang diidam-idamkan akan terwujud dalam beberapa saat.

4. Minyak harus banyak

Sebelum menuangkan minyak, pastikan kamu telah menyiapkan wadah atau wajan penggoreng dengan bentuk yang besar dan memiliki dinding tinggi supaya kamu tidak terkena percikan panas apinya.

Selanjutnya, tuang minyak goreng kira-kira setengah dari ukuran wajan atau setidak-tidaknya sudah terlihat menggenang dan berlimpah. Lalu, hidupkan api sedang pada kompor.

Jika minyak dirasa sudah cukup panas, maka langkah berikutnya ialah celupkan satu per satu adonan bakso yang sudah melalui tahap pembulatan sesuai ukuran-ukuran yang diinginkan dengan menggunakan capitan khusus atau tangan sekalipun.

Adapun tujuan penggorengan dengan minyak panas ialah untuk merenyahkan lapisan luar bakso sekaligus melembutkan serta mematangkan bagian dalamnya.

5. Perhatikan cara menggoreng

Bakso sudah menggenang di dalam minyak. Namun, tetaplah perhatikan formasi atau tata letaknya. Jangan biarkan bakso-baksomu yang sedang dimasak berdempet-dempetan satu sama lain, setidak-tidaknya beri jarak agar suhu minyak tidak turun dan bakso pun tidak saling menempel.

Sekali lagi, tetaplah rajin memantau bakso-bakso yang sedang digoreng, jangan sampai dibiarkan terlalu lama. Jika dirasa bakso yang digoreng sudah berada di tahap setengah matang, angkatlah dan letakkan sementara di piring. Lalu, belah setiap bakso tadi menjadi empat bagian tanpa putus atau berbentuk seperti bunga.

Selanjutnya, ceburkan seluruh bakso kembali ke dalam wajan dengan api yang kecil saja. Jangan lupa membalik-balik bakso agar mencapai kematangan yang merata sekaligus warna yang cantik sekitar tiga puluh sampai empat puluh lima menit. Tunggulah bakso-bakso itu sampai cokelat keemasan dan garing.

Perlu diingat, bakso yang digoreng harus dalam keadaan kering. Karena jika tidak, maka bakso goreng pun akan cepat kempis dan keriput.

Baca Juga:

6. Tiriskan sesuai keinginan

Setelah warna bakso tampak cokelat menawan dan kering, jangan lupa angkat dan meniriskannya ke piring dengan lapisan tisu dapur di atasnya untuk menghilangkan minyak yang berlebih.

Jika meniriskan bakso secara benar, kamu telah berhasil mendapatkan kerenyahan yang diharapkan dengan tekstur yang tidak mudah keriput.

Terakhir, pindahkan bakso-bakso itu ke wadah cantik dan hias seindah mungkin dengan bantuan bahan-bahan dapur sederhana seperti lembaran salada, potongan tomat, atau irisan wortel. Setelah itu, hidangkanlah dengan rona bangga dan bahagia.

Itu dia keenam tips dan langkah membuat bakso goreng yang renyah dan menggoda.

Kesan gembira ketika menyantapnya bersama orang-orang tercinta tentu tidak akan luput dari memori sampai kapan pun. Namun, kamu harus tetap memperhatikan tingkat keseringan mengonsumsi makanan yang bisa ditemukan di mana saja ini mengingat bakso memiliki kalori yang cukup tinggi dan dapat menyulap bobot tubuhmu menjadi lebih berat dan besar dibandingkan hari-hari sebelumnya.

Baca Juga: Wajib Coba! Berikut 7 Makanan Khas Malang yang Dapat Menggoyangkan Lidah Anda


Emperor