Penakut Dilarang Nonton, 4 Film Body Horror ini Punya Adegan Paling Seram dan Disturbing!


Ilustrasi film body horror

Ada banyak sekali jenis film horor yang beredar, seperti zombie, slasher, occult, supernatural, found footage, dan lain sebagainya. Tentu, bagi kamu yang menyukai film horor pasti sudah tak asing lagi dengan sub genre horor, yakni body horror.

Film Body horror merupakan sub-genre horror yang paling disturbing karena umumnya menampilkan atau mengeksploitasi bagian-bagian tubuh secara gak wajar seperti mutasi penyakit, infeksi atau eksperimen dan transformasi aneh. Sehingga tak jarang bikin para penonton bergidik ngeri.

Walaupun bukan tergolong body horor, film ini tidak terlalu menampilkan adegan gore. Berikut ini ada 4 rekomendasi film body horror yang punya adegan cukup mengganggu dan bikin kamu ketakutan hingga hilang nafsu makan!

1. Crimes of the Future (2022)

Cuplikan Film ‘Crimes of the Future’ (IMDb.com)

Film horor bergenre body horror dan sci-fi pertama adalah Crimes of the Future (2022). Film ini disutradarai oleh David Cronenberg yang mana menceritakan tentang adalah kejadian di masa depan di mana teknologi telah mengubah seluruh tubuh manusia dan evolusi biologis berjalan dengan cara yang tak terduga.

Bahkan seramnya lagi, manusia tidak akan merasakan sakit secara fisik dan pertumbuhan organ baru yang aneh dan bikin merinding.

Film ‘Crimes of the Future ’ ini juga turut mengeksplorasi tema identitas tubuh, transformasi manusia, serta hubungan antara rasa sakit, seni, kematian dan teknologi.

Bisa dibilang kalau tontonan ini cukup menyeramkan dan dark. Karena alur ceritanya yang memadukan sci-fi dan body horror sehingga kamu bisa menduga-duga tentang evolusi manusia di masa depan.

Baca Juga:

2. Possessor (2020)

Film ‘Possessor (2020)’ (IMDb.com)

Possessor menjadi salah satu film sci-fi horor psikologis yang gelap dan brutal, namun masih menunjukan sisi body horror di dalamnya. Kisahnya tentang sosok Tasya Vos (diperankan oleh Andrea Riseborough), seorang pembunuh bayaran yang bekerja di sebuah agen rahasia.

Bahkan seramnya lagi, melalui organisasi ini membunuh orang pun bisa dilakukan tanpa jejak. Hal ini disebabkan oleh penggunaan teknologi canggih untuk menanamkan kesadaran pembunuh ke dalam tubuh orang lain.

Film ‘Possessor’ yang dirilis pada 2020 ini benar-benar menampilkan sisi kekerasan dan dampak teknologi bagi manusia. Selain itu, ada beberapa adegan yang cukup disturbing karena di dalam tontonan ini menonjolkan gabungan antara elemen horor fisik dan psikologis.

3. Tusk (2014)

Cuplikan Film Tusk (IMDb.com)

Film body horror paling mengganggu dan terseram adalah Tusk. Film ‘Tusk’ yang rilis pada tahun 2014 silam ini menceritakan sosok podcaster bernama Wallace Bryton (diperankan oleh Justin Long) yang mengalami nasib mengerikan saat mewawancarai seorang pria tua aneh di Kanada.

Wallace, yang dikenal karena podcastnya yang suka mengeksploitasi cerita-cerita aneh, bertemu dengan sosok Howard Howe (Michael Parks), seorang pensiunan pelaut yang memiliki cerita hidup menarik.

Namun, pertemuan ini berubah menjadi mimpi buruk ketika Howard mengungkapkan obsesi gilanya dengan seekor walrus yang pernah menyelamatkan hidupnya. Wallace dibius dan perlahan-lahan dimutilasi serta diubah secara mengerikan menjadi makhluk mirip seekor walrus oleh Howard.

Tayangan ini juga dinilai cukup dark karena menampilkan beberapa scene yang menjijikan. Karena memadukan sisi horor body-mutation yang disturbing dengan elemen dark comedy.

Baca Juga:

4. In My Skin (2002)

Film ‘In My Skin’ (IMDb.com)

Film paling seram selanjutnya adalah ‘In My Skin’ yang dirilis pada tahun 2002 lalu. Film ini mengangkat genre horror body dan psikologi. Beberapa adegannya pun dinilai cukup mengganggu. Ceritanya tentang seorang wanita bernama Esther yang mengalami ketertarikan obsesif terhadap tubuhnya sendiri setelah mengalami cedera kecil.

Karena cedera kecil tersebut membawanya pada perilaku aneh dan destruktif, seperti menyayat dan melukai dirinya sendiri, yang semakin memburuk seiring berjalannya waktu. Ia bahkan sudah masuk ke dalam tindakan self-mutilation yang ekstrem.

Para penonton juga akan diajak melihat adegan di mana ia menggigit, melukai dan nyaris memakan bagian tubuhnya sendiri karena gangguan psikis-nya. Cukup mengerikan, bukan?

Dari 4 daftar film body horror di atas, film mana yang sudah atau akan kamu tonton? Pastikan kalau ingin menonton kamu sudah punya banyak keberanian yaa!

Baca Juga: Jangan Nonton Sendirian, Film Howl (2015) Punya Alur Seram Tentang Teror Manusia Serigala 

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Pegiat literasi