7 Manfaat Buah dan Daun Jambu Biji untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami


Buah dan daun Jambu Biji (pexels.com-shaimacapture)

Jambu biji bukan hanya sekadar buah yang enak, tetapi juga kaya manfaat untuk kesehatan. Baik buah jambu biji dan daun jambu biji, keduanya memiliki khasiat yang dapat mendukung kesehatan tubuh dan perawatan alami kulitmu.

Yuk, kita cari tahu apa saja ya manfaat buah dan daun jambu biji serta bagaimana keduanya dapat membantu merawat diri secara alami.

1. Membantu menurunkan kadar gula darah

Dilansir dari halaman heatline, beberapa penelitian menunjukkan bahwa jambu biji dapat meningkatkan kontrol gula darah. Terutama bagi penderita diabetes, berita ini sangat baik, karena manfaat jambu biji tidak hanya meningkatkan kontrol gula darah jangka panjang, tetapi juga dapat resistensi insulin.

Selain itu, meminum teh daun jambu biji dapat menurunkan kadar gula darah setelah makan dan ini berlangsung hingga dua jam lamanya.

Baca Juga: 

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Tak sedikit ilmuwan percaya bahwa kandungan antioksidan dan vitamin tinggi yang ada dalam daun jambu biji diketahui dapat melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas. Kalium dan serat larut yang tinggi dalam jambu biji juga dapat berkontribusi dalam meningkatkan kesehatan jantung.

Selain itu, ekstrak daun jambu biji juga telah terbukti membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi kadar kolesterol LDL “jahat”, dan meningkatkan kolesterol HDL “baik”. Sebab, tekanan darah tinggi dan kolesterol LDL yang berlebih sering dikaitkan dengan risiko penyakit jantung dan stroke, jadi mengonsumsi ekstrak daun jambu biji bisa memberikan perlindungan ekstra bagi kesehatan jantung.

3. Mencegah kanker

Manfaat jambu biji selanjutnya adalah mencegah kanker. Buah jambu biji diketahui memiliki antioksidan tinggi, yaitu flavonoid dan fitonutrien. Antioksidan ini diketahui dapat mencegah kanker.

Tak hanya itu, kandungan vitamin c dalam buah ini juga menjadi antioksidan yang dapat melawan radikal bebas merusak sel, yang merupakan salah satu penyebab utama kanker.

4. Meningkatkan imunitas tubuh

Buah jambu biji merupakan salah satu sumber alami vitamin C terbaik yang bisa kamu konsumsi untuk meningkatkan imunitas tubuh. Sebab, satu buah jambu biji mengandung hampir dua kali lipat dari kebutuhan harian vitamin C, jauh lebih banyak dari satu buah jeruk.

Selain itu, vitamin C juga memiliki sifat antimikroba yang membantu melawan bakteri dan virus penyebab infeksi. Mengingat tubuh tidak menyimpan vitamin C dalam jumlah besar, penting untuk memenuhi kebutuhan vitamin C dengan rutin melalui pola makan sehari-hari, salah satunya mengonsumsi buah jambu biji.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah jambu biji merupakan pilihan yang baik untuk yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Dalam satu buah jambu biji mengandung sekitar 37 kalori dan memberikan 12% dari kebutuhan serat harian yang dibutuhkan.

Jadi, buah jambu biji sebagai buah rendah kalori yang kaya serat, baik dikonsumsi untuk menambah rasa kenyang tanpa menambah banyak kalori.

6. Mencegah penuaan dini

Buah jambu biji diketahui bisa mencegah penuaan dini. Kandungan antioksidan, vitamin C, dan vitamin A pada buah jambu biji sangat efektif untuk melawan radikal bebas yang menjadi penyebab utama penuaan dini.

Antioksidan ini membantu mencegah kerusakan kulit, menjaga elastisitas, dan mendukung produksi kolagen yang penting untuk mengurangi munculnya keriput dan garis halus.

Baca Juga:

7. Mencerahkan dan meratakan warna kulit

Daun jambu biji mengandung sejumlah antioksidan kuat, seperti flavonoid, quercetin, dan tanin, yang berperan penting dalam melawan radikal bebas. Radikal bebas ini dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel kulit, memicu hiperpigmentasi, serta mempercepat proses penuaan.

Antioksidan dalam daun jambu biji membantu memperbaiki tekstur kulit yang tidak merata, mengurangi noda hitam, dan menghambat produksi melanin berlebih, yang kerap menjadi penyebab kulit kusam dan bintik-bintik gelap. Dengan penggunaan rutin, kandungan jambu biji ini membantu mencerahkan kulit secara alami, menjadikan kulit tampak lebih segar dan bercahaya, serta membantu meratakan warna kulit.

Dengan segala manfaat buah dan daun jambu biji di atas, kamu bisa memanfaatkan jambu biji sebagai bagian dari rutinitas perawatan alami untuk kesehatan dan kecantikan. Tapi perlu diingat ya, sebelum menggunakan daun jambu biji, ada baiknya melakukan tes terlebih dahulu pada area kulit seperti telapak tangan, untuk memastikan tidak ada reaksi alergi.

Baca Juga: Manfaatkan Limbah, Cara Membuat Yoghurt Kulit Buah Naga

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Emperor