Arab Saudi Vs Indonesia Berbagi Angka 1-1, Aksi Heroik Maarten Paes di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Banyak Mendapat Pujian!


Aksi Marteen Paes ketika melawan Arab Saudi

Pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Putaran 3 Zona Asia antara Arab Saudi VS Indonesia berakhir imbang 1-1. Tim Garuda berhasil menampilkan performa terbaiknya.

Pertandingan Arab Saudi vs Indonesia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 ini digelar di King Abdullah Sports City, Jeddah, pada hari Kamis (5/9/2024) waktu setempat atau Jumat (6/9/2024) dini hari pukul 01.00 WIB. Pertandingan tersebut berjalan dengan seru. Kedua kesebelasan sama-sama haus akan gol.

Timnas Indonesia senior berhasil tampil gagah dan penuh percaya diri dalam babak pertama. Bahkan Indonesia juga melakukan pressing dengan baik hingga Arab Saudi mengembangkan permainan. Namun, tekanan Indonesia kepada lawan masih belum mampu menembus lini belakang Green Falcons hingga menit ke-15.

Kemudian, gebrakan luar biasa mulai membuat seisi stadion menggema. Pada menit ke-19, Indonesia unggul 1-0 atas Arab Saudi. Dimulai dari Witan Sulaeman yang lolos dari offside sisi kanan, kemudian ia melepas umpan tarik yang dikontrol oleh Ragnar Oeratmangoen. Tendangan Ragnar membentur Sandy Walsh hingga berhasil menjebol gawang Green Falcons yang dijaga oleh Mohammed Al Owais.

Pertandingan pada babak pertama semakin memanas. Pada menit ke-28, Ragnar kembali memperoleh peluang emas lainnya. Kali ini, ia berhasil menanduk umpan dari Sandy Walsh yang datang dari sisi kanan. Sayangnya, sundulan Ragnar Oeratmangoen masih melambung tinggi di atas mistar gawang.

Melihat tekanan yang terus menyerang gawangnya, Arab Saudi pun berusaha untuk merespons dengan sebuah tendangan dari Mohammed Kanno. Namun, tembakan Kanno belum mampu menimbulkan ancaman menyeramkan bagi penjaga gawang Indonesia, Maarten Paes.

Kemudian, kombinasi antara Rafael Struick dan Witan dari sisi kanan lapangan cukup merepotkan barisan pertahanan Arab Saudi. Upaya Witan untuk menyambut bola masih bisa dihalau oleh Al Owais sehingga gol untuk timnas Garuda belum kembali tercipta, karena peluang belum tersalurkan dengan baik.

Menjelang akhir babak pertama, Arab Saudi meningkatkan intensitas serangan. Di bawah asuhan Roberto Mancini, mereka berhasil menyamakan kedudukan. Tembakan dari Musab Aljuwayr yang mengenai tubuh Calvin Verdonk berhasil mengecoh Maarten Paes sehingga terciptanya gol untuk Arab Saudi di menit ke-45+3.

Dengan skor 1-1, babak pertama pun berakhir.

Baca Juga:

Aksi heroik penyelamatan gawang Maarten Paes

Dalam pertandingan yang berlangsung pukul 01.00 WIB, dini hari. Kekuatan dan performa timnas Garuda Senior pun hangat diperbincangkan. Salah satunya adalah aksi heroik penyelamatan bola yang dilakukan oleh Maarten Paes.

Laga antara Arab Saudi Vs Indonesia ini menjadi debut bagi kiper yang bermain di klub Dallas FC tersebut. Paes menunjukan kemampuannya dalam menjaga gawang.

Bahkan pada babak kedua, Indonesia digempur habis-habisan oleh Arab Saudi termasuk dalam menit ke-77. Dalam momen itu, Maarten Paes, penjaga gawang Timnas Indonesia yang baru perdana membela timnas Indonesia, melakukan pelanggaran di area kotak penalti dengan menekel salah seorang penyerang Arab Saudi, Feras Albrikan.

Meskipun melakukan kesalahan tersebut, Paes menunjukkan sikap profesional dengan berhasil menggagalkan eksekusi penalti dari kapten Arab Saudi, Salem Al Dawsari. Dengan penuh percaya diri, Paes menepis sepakan sang kapten lawan yang berusaha mengubah skor.

Tak berhenti di situ, Paes juga melakukan beberapa penyelamatan krusial lainnya. Pada menit ke-88, dia berhasil menahan tendangan jarak jauh dari Mohammed Kanno. Lalu, pada menit ke-90+3, Paes menghadapi situasi satu lawan satu dengan Feras Albrikan dan kembali membuat penyelamatan gemilang yang mencegah tim lawan mencetak gol. Kinerja Paes yang mengagumkan di bawah mistar gawang sangat berperan dalam menjaga hasil pertandingan tetap aman bagi timnas Indonesia.

Jadi, sesuai dengan hasil klasemen Grup C sementara, Indonesia berada di posisi keempat dengan poin yang sama dengan Arab Saudi yakni 1. Hal ini membuktikan bahwa Indonesia bisa lolos ke putaran keempat. Sementara, Jepang dan Bahrain unggul dengan 3 poin. Kemudian, Tiongkok dan Australia masih dengan 0 poin karena kalah dalam pertandingan.

Baca Juga: Prediksi Skor dan Susunan Pemain Indonesia Vs Arab Saudi: Laga Perdana Kualifikasi Piala Dunia 2026


Pegiat literasi