Tidak Hanya Buat Makanan, Berikut 10 Manfaat Baking Soda Untuk Kebun dan Taman


Manfaat baking soda untuk kebun

Selain sebagai bahan untuk membuat kue, baking soda juga dikenal sebagai bahan pembersih di dapur dan kamar mandi.

Baking soda, yang dikenal juga sebagai natrium bikarbonat, adalah bahan serbaguna yang tidak hanya berguna di dapur, tetapi juga di kebun. Bahan murah dan mudah ditemukan ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk membantu tanaman tumbuh lebih baik dan menjaga kebun tetap sehat.

Berikut 10 manfaat baking soda untuk menjaga kebun kecil dan taman di rumah tetap sehat dan bebas hama.

1. Mengusir Hama

Hama seperti semut, kecoa, dan serangga lainnya bisa bikin tanaman kita rusak. Nah, cukup taburkan baking soda di sekitar tanaman, dan hama-hama itu bakal kabur deh.

Ulat sering menyelinap di tanaman sayuran seperti keluarga kol, kale, atau brokoli. Ketimbang menggunakan pestisida, campurkan baking soda dengan tepung kue dengan komposisi yang sama dan taburkan di tanaman sayur untuk membasmi ulat.

2. Membasmi Rumput Liar

Rumput liar yang tumbuh di antara tanaman hias bisa bikin pemandangan jadi nggak enak dilihat. Caranya gampang, basahi rumput liar dengan air, lalu taburi baking soda. Dalam beberapa jam, rumput liar bakal layu dan mati.

Baca Juga:

3. Membersihkan Jamur pada Daun

Jamur pada daun bisa bikin tanaman gagal tumbuh subur. Jamur di tanaman juga bisa diusir dengan baking soda. Cukup campurkan 4 sendok makan baking soda ke dalam 1 galon air yang akan digunakan untuk menyiram tanaman.

Atau juga bisa dengan menyemprotkan larutan ini ke daun yang berjamur untuk mencegah penyebaran jamur. Lebih murah dan kandungan zat kimianya lebih rendah ketimbang pembasmi jamur yang lain.

4. Mematangkan Tomat

Jika Anda menanam tomat, baking soda bisa membuat buahnya jadi lebih manis. Taburkan sesendok teh baking soda ke sekitar tanaman tomat, jangan tepat ke tanamannya.

Baking soda membantu menetralkan keasaman tanah, sehingga tomat bisa matang lebih cepat dan rasanya lebih manis.

5. Mengukur Kualitas Tanah

Baking soda bisa digunakan untuk mengetes tingkat keasaman (Ph) tanah. Caranya, ambil sesendok tanah dari kebun Anda dan basahi dengan air minum dan percikkan segenggam baking soda ke bagian tanah yang basah.

Jika tanah mulai berbuih, artinya tingkat keasaman tanah terlalu asam. Ini bisa jadi indikator buat kita menyesuaikan pH tanah supaya tanaman tumbuh lebih baik.

6. Mengurangi Kutu Daun

Kutu daun bisa bikin tanaman jadi lemah dan nggak sehat. Semprotkan larutan baking soda dan sabun cair ke tanaman yang terkena kutu daun. Ini bisa membantu mengurangi jumlah kutu daun yang mengganggu.

Baca Juga:

7. Mengusir Semut

Kawanan semut sering menginvasi kebun. Campur gula halus dengan baking soda lalu taburkan sesendok di area yang ada semutnya. Gula halus akan menjadi penggoda semut untuk datang kembali. Begitu dimakan, kandungan baking soda akan langsung membunuh si semut-semut nakal.

Semut juga sering kali datang karena tertarik dengan zat manis yang dihasilkan oleh kutu daun. Dengan menyemprotkan larutan baking soda dan sabun cair, kita bisa mengurangi keberadaan semut di kebun.

Dengan semua manfaat baking soda ini, tidak heran jika baking soda menjadi salah satu bahan favorit para penggemar berkebun. Selain murah dan mudah didapat, penggunaannya yang ramah lingkungan membuat baking soda menjadi pilihan yang bijaksana untuk kebun kamu.

Baca Juga: 5 Tanaman Untuk Obat P3K, Mudah ditemukan


Novice