5 Tanaman Yang Bisa Mengusir Nyamuk di Rumah, Tidurpun Jadi Nyenyak

Jenis tanaman yang bisa mengusir nyamuk di rumah ini, juga cantik untuk ditaruh di dalam rumah


Ilustrasi nyamuk (pixabay/com/WikiImages

Nyamuk adalah salah satu serangga pengganggu dan menjadi musuh utama manusia. Bila menggigit, kulit akan terasa gatal dan menjadi penyebab susah tidur. Selain itu, beberapa jenis nyamuk juga mendatangkan penyakit yang mematikan bagi manusia, seperti malaria dan demam berdarah. Biasanya untuk mengusir nyamuk banyak menggunakan bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan manusia.

Tahukah kamu? Ada beberapa jenis tanaman yang bisa mengusir nyamuk di rumah. Tanaman ini mengeluarkan bau yang tidak di sukai oleh nyamuk dan otomatis nyamukpun tidak akan mendekat. Bahkan ada jenis tanaman yang bisa membuat nyamuk mati. Dan lebih menariknya lagi, tanaman ini bisa di tanam di rumah bahkan bisa di letakkan di kamar sebagai pengusir nyamuk.

Berbagai tanaman hias untuk mempercantik ruangan banyak kita jumpai di teras rumah, di dalam rumah, bahkan di dalam kamar. Alangkah baiknya apabila tanaman hias tersebut juga bisa mengusir nyamuk secara alami. Dengan menanam tanaman pengusir nyamuk yang juga bisa di gunakan sebagai penghias ruangan, otomatis rungan bebas nyamuk dengan cara alami dan terhindar dari bahan kimia. Bagaimana menarik bukan?

Lantas apa saja sih tanaman yang bisa mengusir nyamuk di rumah? Berikut ulasannya.

1. Geranium

Tanaman Geranium (Pixabay.com/RITAE)

Tanaman yang bisa mengusir nyamuk di rumah yang pertama adalah Geranium. Tanaman ini termasuk tanaman hias sekaligus menjadi tanaman yang bisa mengusir nyamuk. Jenis Geranium yang paling sering digunakan untuk mengusir nyamuk adalah Geranium Citronella atau Geranium Lemon Scented (Pelargonium citrosum).

Geranium mengeluarkan aroma seperti lemon dan membuat nyamuk tidak menyukainya. Tanaman ini bisa di tanam di pot dan bisa di letakkan di ruangan yang banyak nyamuk. Perawatannya pun sangat mudah, Geranium bisa tumbuh dengan cepat di iklim yang cerah, panas dan hangat.

Baca Juga:

2. Rosemary

Tanaman Rosemary (pixabay.com/A_Different_Perspective)

Tanaman yang satu ini bisa hidup di berbagai iklim, hingga memudahkan dalam perawatanya. Rosemary juga bisa di gunakan sebagi bumbu masakan. Tanaman rosemary (Rosmarinus officinalis) memiliki aroma yang kuat dan tajam yang tidak disukai oleh banyak serangga, termasuk nyamuk.

Rosemary adalah tanaman yang tahan banting terhadap panas matahari, dapat tumbuh melalui pencangkokan, dan tahan dari penyakit juga hama. Selain itu, bungan tanaman ini berwarna cantik, dan bisa mengeluarkan aroma wangi yang dapat mengacaukan indera penciuman dan daya efektivitas radar nyamuk.

3. Lavender

Tanaman lavender, salah satu tanaman yang bisa mengusir nyamuk di rumah (pixabay.com/hans)
Tanaman yang bisa mengusir nyamuk di rumah selanjutnya adalah tanaman lavender (Lavandula spp). Kalau jenis tanaman ini mungkin sudah banyak yang tahu. Lavender mengandung minyak asiri yang menimbulkan bau wangi. Kita ketahui, bahwa nyamuk tidak menyukai bau wewanginan. Dengan menanam lavendar, maka nyamuk otomatis akan kabur.

Tanaman ini mampu hidup di berbagai iklim, namun lebih subur di iklim hangat. Dalam hal perawatan, lavendar membutuhkan banyak drainase dan matahari yang cukup. Lavender memiliki aroma yang sangat disukai oleh banyak orang, sehingga selain mengusir nyamuk, tanaman ini juga memberikan manfaat relaksasi dan pengharum yang baik.

4. Kemangi

Tanaman kemangi (bisnis.com)

Siapa sangka tanaman kemangi mampu mengusir nyamuk. Kemangi, dalam bahasa latin disebut Ocimum basilicum, mudah hidup di wilayah nusantara, perawatannya pun mudah, karena sedikit membutuhkan air.

Tidak hanya nyamuk, jentik nyamuk pun akan mati dengan tanaman kemangi. Jadi apabila ada genangan air di sekitar rumah anda seperti kolam ikan atau sejenisnya, bisa mensiasatinya dengan menanam tanaman kemangi di dekat genangan air supaya jentik nyamuk tidak berkembang biak.

Baca Juga:

5. Serai

Budidaya tanama serai (https://gdm.id)

Tanaman pengusir nyamuk selanjutnya adalah serai (Cymbopogon citratus). Menurut beberapa sumber, bahwa kandungan yang ada di dalam tanaman serai ini mampu menghambat perkembanganbiakan nyamuk. Selain nyamuk, kebanyakan seranggapun tidak menyukai dengan tanaman ini.

Tanaman serai ini mampu hidup di iklim dingin juga panas, bisa di tanam di dalam pot ataupun pada lahan. Dalam segi perawatan, tanaman serai termasuk mudah dirawat.

Sebenarnya masih banyak jenis tanaman yang mampu mengusir nyamuk, di atas hanya di sebutkan sebagian yang mudah di temukan serta mudah perawatannya dan juga bisa di letakkan di dalam ruangan.

Dengan menanam tanaman pengusir nyamuk baik di pekarangan dekat rumah maupun di jadikan sebagai tanaman hias di ruangan, akan membebaskan rumah dari serangga khususnya nyamuk. Dan lebih penting lagi akan mengurangi penggunaan bahan kimia dan hidup lebih sehat.

Itulah sedikit pembahasan tentang lima jenis tanaman yang bisa mengusir nyamuk di rumah. Salam sehat selalu.

Baca Juga: 11 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *