Ketiak Hitam Bikin Minder? Cerahkan dengan 7 Tips Jitu Ini!


Ilustrasi ketiak hitam (unsplash.com/ana-essentiels)

Ketiak hitam bisa bikin siapapun kurang percaya diri, apalagi jika ingin pakai baju tanpa lengan. Tangan naik ke atas sedikit saja, warna ketiak sudah pasti terlihat, alhasil baju berlengan panjang jadi pilihan.

Ketiak hitam biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, seperti gesekan pakaian, penumpukan sel kulit mati, penggunaan deodoran yang salah, hingga masalah hormonal. Tapi tenang, ada cara mengatasi ketiak hitam yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Berikut tipsnya yang bisa dicoba.

1.Eksfoliasi rutin

Eksfoliasi adalah salah satu tips jitu mencerahkan ketiak, karena dapat mengangkat sel kulit mati yang menumpuk, penyebab kehitaman. Lakukan eksfoliasi dengan scrub alami seperti campuran gula dan minyak zaitun, atau produk scrub yang mengandung bahan-bahan alami seperti oatmeal atau biji kopi.

Aplikasikan secara rutin, yaitu 2-3 kali seminggu untuk hasil maksimal. Jangan berlebihan ya, karena bisa menyebabkan ketiak iritasi.

Baca Juga:

2. Cerahkan dengan bahan-bahan alami

Tahu nggak, bahan-bahan alami di sekitarmu, mulai dari tanaman hingga bahan-bahan dapur juga bisa lho bantu mencerahkan dan melembapkan kulit dan ketiak. Seperti lemon, kentang, kunyit, dan lidah buaya.

Cara penggunaannya juga mudah, kamu bisa membuat masker atau cukup dipotong-potong saja, kemudian gosokkan secara lembut pada area ketiak secara teratur. Jangan lupa bersihkan dengan air hangat sampai bersih, lalu dikeringkan.

3. Jaga kebersihan ketiak

Menjaga kebersihan ketiak adalah mutlak, agar tetap terjaga bersih dan cerah. Salah satu caranya adalah mandi secara teratur dengan sabun yang lembut, kemudian keringkan.

Jangan lupa juga ganti pakaian secara rutin, terutama setelah beraktivitas seharian.

4. Pilih deodoran yang tepat

Gunakan deodoran atau antiperspiran yang sesuai dengan jenis kulitmu dan tanpa bahan kimia keras. Kandungan bahan alami seperti aloe vera atau chamomile bisa menjadi salah dua pilihan yang baik.

Hindari deodoran dengan kandungan alkohol karena dapat membuat kulit kering dan iritasi.

5. Atasi keringat berlebih

Keringat berlebih pada ketiak bisa menyebabkan gesekan dan iritasi, sehingga memicu kehitaman pada kulit ketiak. Supaya aman, gunakan pakaian yang dapat menyerap keringat terutama untuk beraktivitas di luar ruangan.

Selain itu hindari aktivitas fisik yang terlalu berat karena keingat bisa mengucur dengan. Namun, jika kamu memiliki masalah keringat berlebih, jangan segan konsultasikan dengan dokter kulit ya.

6. Perhatikan bahan pakaian

Perhatikan bahan pakaian yang digunakan. Pilih bahan yang terbuat dari bahan katun atau bahan alami yang lembut dan mudah menyerap keringat.

Hindari pakaian terlalu ketat atau terbuat dari bahan sintetis yang bisa memicu iritasi.

Baca Juga:

7. Hindari mencukur ketiak terlalu sering

Terakhir, hindari mencukur rambut ketiak terlalu sering ya, sebab kulit bisa iritasi dan lebih gelap. Agar aman, cukup satu sampai dua minggu sekali saja.

Akan tetapi, kalau rambut ketiak cepat tumbuh, kamu bisa mencukur lebih sering, namun tetap diperhatikan reaksi setelah mencukur ya. Jika muncul kemerahan, atau gatal segera hentikan dan konsultasi dengan dokter kulit.

Oh iya, untuk mencukurnya pastikan menggunakan pisau cukur yang tajam dan bersih, kemudian lumuri dengan krim cukur sebelum dibersihkan. Lakukan cukuran dengan gerakan searah pertumbuhan rambut dan jangan lupa bilas dengan air hangat, lalu keringkan dengan lembut.

Mencerahkan ketiak hitam tidaklah instan, dibutuhkan kesabaran, ketekunan dan konsistensi dalam mengaplikasikannya. Namun, dengan menerapkan tips-tips jitu di atas secara rutin, kamu akan mendapatkan perubahan cukup signifikan pada kulit ketiakmu.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Bau Ketiak, Percaya Diri Setiap Hari!

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Emperor