7 Manfaat Berkurban Bagi Umat Islam, Yuk Berkurban!


Ilustrasi Kambing kurban (pixabay.com/Uschi_Du)

Hari Raya Iduladha merupakan momen umat Islam bersuka cita untuk saling berbagi melalui kurban. Berkurban merupakan salah satu bentuk ibadah yang menunjukkan kepatuhan seorang manusia kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala

Terdapat beragam manfaat berkurban bagi umat Islam. Salah satunya yaitu mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Sebagaimana yang dijelaskan dalam QS. Al-Hajj ayat 34, yang artinya,

“Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan menyembelih kurban, supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh kepada Allah.” (QS. Al-Hajj: 34).

Lalu apa saja manfaat berkurban bagi umat Islam lainnya yang perlu diketahui? Simak ulasan informasinya berikut ini ya!

1. Mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala

Berkurban merupakan salah satu bentuk kecintaan seorang hamba kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Ketika melakukan kurban, kamu bersyukur atas apa yang telah diberikan Allah Subhanahu Wa Ta’ala kepada kamu.

Kurban sendiri berasal dari Bahasa Arab ‘Qariba’ yang bermakna mendekatkan atau dekat. Hal tersebut dapat diartikan, menyembelih hewan bertujuan untuk melaksanakan perintah dan sekaligus mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Sebagaimana yang tercantum dalam QS. Al-Maidah ayat 27 yang artinya,

“Sesungguhnya Allah hanya menerima (kurban) dari orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al-Maidah: 27).

2. Sebagai penebus dosa

Melakukan kurban atau berkurban dapat dimaknai sebagai penebus dosa. Ini menjadi salah satu manfaat berkurban bagi umat Islam. Sebagaimana yang disebutkan dalam salah satu hadis yang berbunyi,

“Hai Fatimah, berdirilah di sisi kurbanmu dan saksikanlah ia, sesungguhnya tetesan darahnya yang pertama itu adalah pengampunan bagimu atas dosa-dosamu yang telah lalu.” (HR. Al Bazaar dan Ibnu Hibban)

3. Bentuk ungkapan syukur kepada Allah

Manfaat berkurban bagi umat Islam selanjutnya adalah sebagai ungkapan rasa syukur. Sebagai umat Islam, saat mendapatkan rezeki sebaiknya dibarengi dengan rasa syukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Di dalam rezeki yang kita dapat, juga terdapat hak orang lain yang membutuhkan. Maka, dianjurkan berkurban bagi umat Islam yang mampu sebagai tanda kasih sayang dengan saling berbagi kepada sesama.

Sebagaimana yang dijelaskan dalam QS. Al-Kautsar ayat 1 dan 2,

“Sungguh, Kami telah memberimu telaga kautsar, maka laksanakanlah sholat karena Tuhanmu dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah).” (QS. Al-Kautsar: 1 dan 2)

4. Menyucikan diri dan harta benda

Ibadah berkurban adalah satu di antara ibadah yang disukai dan dimuliakan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Berkurban bukan hanya sekedar momen untuk berbagi, namun dengan berkurban, kamu juga membersihkan harta yang didapat. Berkurban diibaratkan seperti membilas segala rezeki yang diperoleh.

Berkurban juga bertujuan untuk menghindarkan diri dari penyakit hati seperti iri, dengki, tamak dan pelit. Bukan hanya itu, berkurban dengan ikhlas juga akan memberikan keberkahan dan keridhoan dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala atas segala sesuatu yang sudah kamu dapatkan

Baca Juga:

5. Mendapatkan keberkahan hidup

Manfaat berkurban lainnya adalah mendapat keberkahan hidup di dunia. Ketika berkurban, akan muncul perasaan syukur atas segala nikmat yang telah diberikan Allah Subhanahu Wa Ta’ala pada diri manusia.

Dengan bersyukur, hidup akan menjadi lebih berkah dan jiwa terhindar dari penyakit hati. Apabila hati dan jiwa tenang, maka proses perjalanan dalam hidup akan terasa lebih mudah. Kamu juga akan semakin yakin, bahwa pertolongan dari permasalahan hidup di dunia, akan selalu datang dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

6. Memperkuat Silaturahmi

Dalam Islam, menjalin dan menjaga silaturahmi adalah hal yang sangat dianjurkan untuk dilakukan. Menjalin silaturahmi mampu memperpanjang usia seseorang. Ini adalah salah satu manfaat berkurban bagi umat Islam.

Melalui momen berkurban, kamu akan semakin memperkuat tali silaturahmi. Dengan berkurban, hubungan antar orang yang berkurban dengan penerima kurban akan semakin erat. Pada saat penyembelihan hewan kurban, masyarakat banyak yang berkumpul di tempat penyembelihan. Prosesi dari penyembelihan dan penyaluran hewan kurban, dilakukan secara bersama-sama oleh masyarakat.

Baca Juga:

7. Sebagai bekal di hari akhir

Pahala bagi orang yang berkurban, sangat besar. Bagi kamu yang ikhlas berkurban karena Allah Subhanahu Wa Ta’ala, akan mendapat pertolongan di hari akhir.

Orang yang ikhlas dalam berkurban, maka hewan yang dijadikan kurban akan membawanya masuk ke dalam surga.

Sebagaimana hadis dari Rasulullah SAW yang berbunyi,

“Tiada suatu amalan yang dilakukan oleh manusia pada Hari Raya Kurban, yang lebih dicintai Allah selain daripada menyembelih hewan kurban. Sesungguhnya hewan kurban itu pada hari kiamat kelak akan datang berserta dengan tanduk-tanduknya, bulu-bulunya dan kuku-kukunya, dan sesungguhnya sebelum darah kurban itu menyentuh tanah, ia (pahalanya) telah diterima disisi Allah, maka beruntunglah kamu semua dengan (pahala) kurban itu.” (HR.Al-Tarmuzi, Ibnu Majah dan Al-Hakim)

Selain tujuh manfaat berkurban bagi umat islam tersebut, dengan berkurban kamu juga membantu peningkatan ekonomi usaha ternak. Secara langsung kamu membantu perkembangan usaha para peternak menjadi lebih sejahtera. Yuk, berkurban!

Baca Juga:7 Amalan Sunah Saat Iduladha, Jangan Sampai Terlewat!


Like it? Share with your friends!

Life is Beautiful

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *