3 Perbedaan Pintu Kayu Dengan Pintu PVC

Simak perbedaan pintu kayu dengan pintu PVC. Setiap rumah pasti memiliki desain tersendiri dari segi interior hingga penggunaan pintu yang terbaik.


Ilustrasi perbedaan pintu kayu dengan pintu PVC

Pintu menjadi salah satu spot yang paling penting di setiap rumah. Penggunaan bahan dasar untuk pintu juga merupakan hal yang sangat penting untuk menjadi titik perhatian. Ketika salah memilih bahan dasar pintu maka kualitas pintu juga tidak bisa terjamin sepenuhnya.

Kebutuhan modern juga sangat mempengaruhi jenis pintu apa yang cocok digunakan untuk tipe rumah dan interior yang terbaik. Pintu yang bagus juga menjaga keamanan rumah, tidak hanya melihat dari sudut estetikanya saja.

Perumahan saat ini sudah banyak yang menggunakan pintu PVC dibandingkan pintu kayu dikarenakan masalah keamanan dan penggunaan jangka panjang. Namun bukan berarti pintu kayu tidak digunakan lagi, pintu kayu juga masih banyak digunakan di rumah-rumah. Banyak juga yang beralih memilih pintu PVC dikarenakan harga dan kualitas yang cukup bagus dibandingkan pintu kayu dengan kualitas yang sama tetapi harganya berkali-kali lipat.

Ada beberapa perbedaan pintu kayu dengan pintu PVC yang perlu diketahui sebelum berencana ingin menggantinya. Kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan pintu seperti apa yang akan cocok dipasang di rumah. Berikut beberapa penjelasan mengenai pintu kayu dan PVC

1. Perbedaan pintu kayu dengan pintu PVC dari segi estetika

Pintu dari kayu jati (qhomemart.com)

Pintu kayu bisa dibuat sesuai dengan desain dan model yang kita inginkan. Kamu juga bisa mengukir pintu kayu dengan aneka ukiran atau pahatan. Berbeda halnya dengan pintu PVC yang tidak bisa mengikuti desain yang kita inginkan. Kemungkinan hanya ada beberapa model dan tipe tertentu yang sudah tersedia dari pabriknya.

Pintu kayu terlihat lebih natural dan klasik, sedangkan pintu PVC lebih terlihat modern dan minimalis. Estetika penggunaan pintu baik kayu maupun PVC tergantung kepada masing-masing selera.

Pintu kayu biasanya membutuhkan kusen yang sudah tertanam dengan tembok dengan ukuran dan model yang bisa kamu tentukan. Kusen dari pintu PVC sudah termasuk dalam pembelian satu set beserta pemasangan tanpa harus tertanam terlebih dahulu dengan pondasi tembok.

Baca Juga:

2. Perbedaan pintu kayu dengan pintu PVC dari segi ketahanan

Ilustrasi pintu PVC (iStock – Procreators)

Pintu kayu membutuhkan perawatan yang lebih ekstra, terlebih jika penggunaannya untuk outdoor. Perlu perawatan khusus agar pintu kayu tetap awet dan bagus untuk penggunaan jangka panjangnya. Lain halnya dengan pintu PVC yang bisa digunakan di outdoor maupun indoor.

PVC sendiri merupakan bahan yang tahan air, tahan korosi, anti rayap dan yang paling penting tidak membutuhkan perawatan khusus. Pintu kayu juga bisa tahan bertahun-tahun jika menggunakan jenis kayu yang terbaik dengan perawatan yang ekstra untuk menjaga kualitasnya agar tetap terjaga.

Baca Juga:

3. Kekurangan dan kelebihan masing-masing pintu kayu dengan pintu PVC

Ilustrasi pintu (pixabay.com/falco)

Baik pintu kayu maupun pintu PVC pasti juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kelebihan pintu kayu bisa disesuaikan dengan model dan bentuk sesuai dengan keinginan, sedangkan pintu PVC memiliki kelebihan dari bahan yang kokoh dan perawatan yang mudah.

Namun, kedua jenis pintu ini juga memiliki kekurangan seperti pintu kayu yang membutuhkan perawatan khusus dan pintu PVC apabila menggunakannya terlalu keras bisa membuat pintu tidak bisa dibuka ataupun ditutup. Pintu PVC juga sulit untuk diperbaiki jika mengalami permasalahan seperti tidak bisa dikunci atau pengaitnya sudah tidak bekerja seperti semula.

Beberapa penjelasan tentang perbedaan pintu kayu dengan pintu PVC di atas semoga bisa menjadi saran yang terbaik sebelum kamu menentukan untuk membeli pintu mana yang cocok. Pertimbangkan matang-matang dalam memilih pintu yang akan digunakan baik untuk outdoor ataupun indoor.

Kamu juga bisa menyesuaikan dengan berapa budget yang kamu miliki untuk kebutuhan pintu rumah. Usahakan untuk lebih mengutamakan kebutuhan dibandingkan hanya estetika apabila kamu ingin menggunakan pintu tersebut dalam jangka yang panjang untuk kedepannya.

Baca Juga: 5 Tips Mendesain Kamar Tidur Anak yang Nyaman

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Emperor

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *