15 Kosa Kata Kekinian Ini Masuk KBBI, Kira-Kira Apa Artinya?

Dari Ambyar Sampai Mekap Sudah Ada di KBBI


-1

Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI selalu rajin melakukan pemutakhiran. Setiap dua kali dalam setahun KBBI selalu melakukan pemutakhiran untuk menambahkan kosa kata, menambahkan makna baru, perubahan makna, perubahan contoh, dan sebagainya. Pada tahun 2022 pemutakhiran sudah dilakukan pada bulan April lalu.

Seperti yang dijelaskan di atas, penambahan kosa kata dan makna selalu terjadi di KBBI, termasuk menambahkan kosa kata gaul dan kekinian. Mungkin banyak yang mengira bahwa kata yang biasa digunakan sehari-hari dapat memiliki arti, bahkan ada di KBBI.

Berikut ini beberapa kosa kata kekinian yang sudah masuk ke Kamus Besar Bahasa Indonesia. Yuk, Simak!

1. Ambyar

Kata ambyar pasti sudah tidak asing lagi di telinga warga Indonesia. Ambyar sendiri merupakan kata dari bahasa Jawa dan dipopulerkan oleh Didi Kempot. Dalam KBBI, ambyar berarti bercerai-berai, berpisah-pisah, atau tidak terkonsentrasi lagi.

2. Kicep

Kata kicep banyak dikatakan di situasi ketika seseorang tidak bisa berkata-kata lagi. Maka dalam KBBI kata ‘kicep’ berarti diam karena takut atau gelisah.

3. Nyokap

Sederhana saja, karena kata ‘nyokap’ sangat akrab di telinga orang Indonesia. Nyokap artinya ibu. Biasanya anak muda menggunakan kata ini ketika sedang bicara dengan teman sebayanya. Misalnya, “tadi gue nganterin nyokap dulu ke pasar”.

4. Bokap

Kalau ada nyokap berarti ada bokap. Tentu saja pasangan dari ibu adalah ayah. Jadi, bokap artinya ayah.

5. Bukber

Bukber merupakan kegiatan yang dilaksanakan di bulan puasa. Menurut KBBI, bukber adalah buka puasa bersama. Biasanya ketika bulan puasa undangan bukber datang dari mana saja. Bisa dari alumni SD, SMP, SMA, kuliah, organisasi, dan sebagainya.

6. Cie

Siapa sih yang nggak pernah menggoda temannya dengan kata ‘cie’? Tahu tidak kalau ternyata ‘cie’ memiliki arti? KBBI menuliskan bahwa cie adalah kata seru yang digunakan untuk memuji atau menggoda seseorang agar tersipu.

7. Webtun

Mungkin banyak yang heran dengan kata webtun. Bukannya webtun itu aplikasi untuk baca komik? Dalam KBBI webtun berarti komik serial yang dipublikasikan secara daring. Jadi, setiap komik yang dipublikasi secara daring adalah webtun, bukan hanya yang dipublikasi di aplikasi saja.

8. Boba

Siapa yang belum pernah minum boba? Di KBBI, boba memiliki arti bola tapioka berstruktur kenyal, terdapat dalam makanan atau minuman, seperti teh susu, jus, kopi, kue, dan sebagainya.

Boba juga dapat berarti minuman yang terbuat dari teh atau susu dengan perisa atau pemanis tertentu yang dilengkapi dengan boba.

9. Baper

Kata ‘baper’ dalam KBBI berarti (ter)bawa perasaan, berlebihan atau terlalu sensitif dalam menanggapi suatu hal.

10. Baperan

Ternyata ‘baperan’ juga masuk ke dalam KBBI. Artinya sendiri ialah mudah baper. Biasanya kata ini dikatakan kepada seseorang yang terlalu mudah terbawa perasaan.

11. Koit

Dalam KBBI, koit masuk ke dalam kategori ragam bahasa kasar. Koit memiliki arti meninggal dunia atau mati.

12. Kibul

Di KBBI, kata ‘kibul’ memiliki dua arti. Arti yang pertama adalah pantat atau dubur. Lalu, yang kedua adalah bohong atau tipu. Bohong atau tipu sering digunakan dalam pengartian kata ‘kibul’.

13. Klir

Klir diserap dari bahasa Inggris clear. Kata clear sebelumnya cukup sering digunakan ketika seseorang menutup sebuah penjelasan. Arti kata ‘klir’, yaitu jelas, jernih (tentang persoalan, stastus, dan sebagainya).

14. Mekap

Sama seperti klir, mekap juga diserap dari kata bahasa Inggris make up. Sesuai dengan kata aslinya, mekap berarti tata rias muka.

15. Pansos

Kata ‘pansos’ cukup populer di kalangan anak muda. KBBI mengartikan pansos sebagai panjat sosial atau usaha yang dilakukan untuk mencitrakan diri sebagai orang yang mempunyai status sosial tinggi, dilakukan dengan cara mengunggah foto, tulisan, dan sebagainya di media sosial.

Itulah 15 kosa kata kekinian yang masuk ke Kamus Besar Bahasa Indonesia. Sebena

rnya masih banyak kosa kata gaul lainnya yang sudah dimutakhirkan oleh KBBI. Untuk mengeceknya bisa membuka KBBI daring di https://kbbi.kemdikbud.go.id/ atau mengunduh aplikasinya.

Baca Juga: 11 Kosakata Korea di KBBI Daring, Tidak Perlu Ditulis Miring Lagi!

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

-1

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *