10 Fakta Balikpapan yang Miliki Maskot Beruang Madu

Kota Balikpapan berada di Provinsi Kalimantan Timur. Balikpapan memiliki iklim tropis karena terletak di pesisir timur Kalimantan dan berbatasan langsung dengan Selat Makassar


Pinterest

Kota Balikpapan berada di Provinsi Kalimantan Timur. Balikpapan memiliki iklim tropis karena terletak di pesisir timur Kalimantan dan berbatasan langsung dengan Selat Makassar.

Selain itu, Balikpapan juga memiliki teluk yang dapat dimanfaatkan untuk pelabuhan laut komersial dan pelabuhan minyak.

Berikut ini beberapa fakta Balikpapan yang memiliki maskot kota beruang madu.

1. Sejarah Berdirinya Balikpapan

pinterset

 

Pada abad ke 19 Balikpapan merupakan perkampungan nelayan yang terletak di tepi Selat Makassar. Bataafsche Petroleum Maatschappij (BPM) mendirikan kantor di Balikpapan pada tahun 1907. Masuknya investasi dari berbagai perusahaan multinasional menjadikan Balikpapan berkembang pesat dan maju.

2. Pusat Pemerintahan Kalimantan Timur

Pinterest

Meskipun ibukota provinsi Kalimantan Timur adalah Samarinda, namun Balikpapan banyak terdapat kantor pemerintahan. Di antaranya  kantor Polda Kalimantan Timur dan Markas Komando daerah Militer (Kodam) VI Mulawarman.

3. Balikpapan Merupakan Penghasil Minyak

Pinterest

Salah satu kota penghasil minyak di Indonesia yaitu Balikpapan. Balikpapan diketahui memiliki kekayaan alam berupa minyak bumi. Pengeboran pertama sumur minyak terjadi pada 10 Februari 1897.

4. Suku di Balikpapan

Pinterest

Suku yang mendiami Balikpapan yaitu Suku Balik. Adapun suku lainnya yang tinggal yaitu Suku Banjar, Suku Kutai, Suku Dayak, Suku Paser dan Suku Tidung.

5. Batu Mulia Khas Balikpapan

Pinterest

Batu mulia khas dari Balikpapan merupakan barang antik yang di koleksi. Batu mulia dapat dibuat menjadi gantungan kunci, cincin dan kalung.

6. Seni Kerajinan Tradisional Balikpapan

Pinterest

Hasil seni kerajinan Balikpapan yakni  anyaman manik-manik.Baik anyaman berupa tas dan baju adat. Seni kerajinan lainnya yaitu berupa kain songket. Kain songket memiliki pilihan warna yang beragam dan cantik.

7. Beruang Madu Sebagai Maskot Balikpapan

Pinterest

Beruang madu merupakan fauna yang ada di Kalimantan dan dilindungi negara. Beruang madu dijadikan maskot Balikpapan dari 2002. Selain itu beruang madu dikonservasi di Hutan Lindung Sungai Wain Balikpapan.

8. Legenda Balikpapan

Pinterest

Legenda asal-usul Balikpapan bermula dari suami istri bernama Kayun Kuleng dan Papan Ayun. Pasangan suami istri ini melahirkan Suku Pasir dan Teluk Balikpapan diberi nama Kuleng Papan. Menurut bahasa Paser, kuleng artinya balik sehingga menjadi Balikpapan.

9. Pemandangan Pantai

Pinterest

Balikpapan terletak di pinggir Teluk Balikpapan sehingga di sepanjang jalan dapat dijumpai pantai. Beberapa pantai yang terkenal yaitu Pantai Kumala, Pantai Lamaru dan Pantai Manggar Segara Sari.

10. Destinasi Wisata di Kota Balikpapan

Pinterest

Beberapa destinasi wisata yang ada di Balikpapan sebagai berikut.

  1. Pantai Banua Patra lokasinya di Pusat Kota Dekat Gelora Patra di Jalan Jend. Sudirman, Kelurahan Prapatan, Kecamatan Balikpapan Kota.
  2. Pantai Melawai lokasinya di Jalan Pelabuhan Semayang.
  3. Pantai Manggar Segarasari lokasinya di Jalan Pantai Manggar Segarasari, manggar Baru, Kecamatan Balikpapan Timur.
  4. Pantai Serumpun lokasinya di Jalan Mulawarman, Desa Teritip, Kelurahan Lamaru.
  5. Pantai Lamaru lokasinya di Jalan Mulawarman, Desa Teritip, Kelurahan Lamaru.
  6. Danau Cermin Lamaru lokasinya Jalan Mulawarman, Kelurahan Lamaru.
  7. Taman Bekapai lokasinya di Jalan Jenderal Sudirman, Klandasan Ulu.
  8. Kampung Atas Air lokasinya Jalan Sepaku, Desa Baru Tengah, Kel. Margasari, Kec. Balikpapan Barat.

Demikianlah beberapa fakta mengenai Balikpapan, Kalimantan Timur yang miliki maskot beruang madu. Fakta menarik Balikpapan tersebut wajib untuk diketahui sebelum kamu memutuskan liburan kesana.

Baca Juga : Tempat Wisata di Batam Yang Wajib Dikunjungi


Like it? Share with your friends!

Seorang penikmat tatapan hangat dan pemilik ribuan kisah klasik.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *