Review Novel Hujan, Novel Science Fiction Best Seller Yang Tak Terlupakan

Novel Hujan bercerita tentang persahabatan, cinta, perpisahan, melupakan, dan tentang hujan Tentang Hujan”


8
Novel Hujan

Halo, kembali lagi dengan saya yang mereview novel, kali ini ada salah satu koleksi best seller dari Tere Liye yang akan saya review. Sebelum itu, saya mau meminta maaf terlebih dahulu, jika nantinya akan banyak novel maupun buku yang akan saya review.

Mereview buku menjadi salah satu kegemaran saya, selain untuk mengapresiasi penulis, mereview buku juga menjadi jurnal pribadi untuk saya.

Jadi, mari kita lanjutkan ke bahasan sebenarnya, kali ini ada novel yang tidak bisa saya lupakan jalan ceritanya, simak teman-teman, siapa tau tertarik dengan novel ini!

Informasi Novel:

  • Judul: Hujan
  • Genre: Science fiction (Sci-fi)
  • Penulis: Tere Liye
  • Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
  • Tahun Terbit: 2016
  • Jumlah Halaman: 320 halaman
  • Panjang Novel: 20 cm
  • ISBN: 978-602-03-2478-4

Sinopsis Novel Hujan:

Novel Hujan mengisahkan tentang kehidupan masa depan yang bertabur teknologi canggih di tahun 2042. Cerita diawali, dengan Lail seorang gadis yang sederhana, yang ingin memodifikasi ingatannya di pusat terapi saraf, dengan tujuan untuk melupakan tentang hujan, kemudian Lail menceritakan kehidupannya.

Pada tahun 2042 dunia mengumumkan tentang kelahiran ke sepuluh miliar, namun tepat pada saat itu juga sebuah bencana mengerikan terjadi, sebuah gunung berapi purba meletus, efek letusannya menyebabkan hampir seluruh permukaan bumi hancur dan menyisakan manusia sekitar sepuluh persen saja.

Lail yang hendak pergi sekolah dengan ibunya pun ikut menjadi bagian bencana tersebut. Ibunya tidak terselamatkan, tinggallah Lail seorang, kemudian di pengungsian ia bertemu dengan Esok, yang mempunyai nama asli Soke Bahtera, pria yang terkenal pintar dan jenius.

Lail ingin melupakan tentang hujan, Lail sebenarnya sangat mencintai hujan, tapi dengan hujan juga hidup Lail penuh dengan duka, termasuk rasa cintanya yang tidak tersampaikan pada Esok, hingga ia akhirnya memutuskan untuk menghilangkan cerita hujan di hidupnya.

Pendapat Saya Tentang Novel Hujan:

“Tentang Persahabatan,

Tentang Cinta,

Tentang Perpisahan,

Tentang Melupakan,

Tentang Hujan”

Dari halaman pertama saja, novel Hujan membuat saya terperangah dengan latar yang disajikan dan penggambaran kecanggihan teknologi yang sangat detail, sehingga memicu imajinasi saya keluar dengan kuat.

Novel ini luar biasa, mengajak kita ikut merasakan kecanggihan pada masa itu, mungkin sedikitnya ini gambaran nyata yang akan terjadi, jika dilihat dari perkembangan teknologi baru-baru ini.

Setelah lama membaca pun, novel ini terus terbayang, bahkan saya sempat mengira adegan-adegan yang terbayang dalam ingatan saya adalah sebuah adegan dalam film, saking kuatnya cerita di novel Hujan ini.

Penulis juga menggambarkan suasana bencana yang terjadi pada saat itu dengan sangat detail dan menarik untuk dibaca, kengerian yang digambarkan terasa begitu nyata, membuat saya beberapa kali menahan napas.

Perjuangan hidup setelah bencana ini pun sangat saya anjurkan untuk disimak, bagaimana penulis menceritakan perkembangan para tokoh utama dengan begitu apik. Cerita yang diangkat begitu mengharu biru, membuat saya terhanyut dalam cerita.

Perjuangan Lail dan Esok sangat patut diacungi jempol, karena bagaimanapun pemulihan atas trauma dari bencana dahsyat itu sangatlah sulit. Tapi Lail bisa menghadapinya dengan kuat, itu pun tak lepas dari dukungan orang-orang terdekat yang sama-sama merasakan dampaknya.

Menurut saya, kisah di novel Hujan sangatlah berhasil, gambaran yang mudah untuk dicerna, dengan gaya bahasa yang mudah dipahami. Novel ini cocok untuk kalian yang suka dengan cerita sci-fi, kecanggihan teknologi, juga perjuangan hidup, banyak pelajaran hidup yang akan didapat dari novel Hujan ini.

Tambahan dari saya, jika ingin membaca novel Hujan, tolong siapkan mental yang kuat, hati yang lapang, dan sediakan banyak tisu, jangan lupa tarik napas dulu sebelum membaca.

Ilmu tidak hanya didapat dari bangku sekolahan, bisa juga dari pengalaman hidup kita, maupun hidup orang lain, salah satunya bisa kita ambil dari cerita novel.

Jadi jangan lewatkan untuk membaca novel Hujan ini!

Baca Juga: Review Novel Deception Point, Novel Misteri yang Menggegerkan Dunia!

 

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

8

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *