Resep Terong Balado, Menu Hemat Yang Pas Dimakan Dengan Nasi Hangat!

Terong ungu menjadi salah satu menu praktis yang cocok untuk lauk sehari-hari. Selain masaknya cepat, menu ini juga terbilang hemat!


Terong balado (cookpad)

Terong ungu menjadi salah satu sayuran yang banyak dijumpai dan biasanya dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Meski terbilang murah, namun sayur yang satu ini cukup kaya akan kandungan gizi.

Sebagaimana dikutip dari laman aicare.id, setiap 82 gram terong ungu mengandung 2,9 gram gula, 188 mg kalium, 20,5 gram kalori, 4,8 gram karbohidrat, 0,1 gram lemak, 0,2 mg mangan, 1,6 mg natrium, 0,8 gram protein, dan 2,4 gram serat.

Oleh karenanya, tak heran apabila MedicalNewsToday menyebutkan bahwa satu porsi terong ungu menyediakan 5% kebutuhan harian seseorang akan mangan, serat, tembaga, thamin, dan vitamin B6.

Dengan kandungan gizi yang demikian banyak, tak heran apabila terong ungu dijadikan sebagai lauk sehari-hari. Selain itu, sayuran ini pun bisa diolah menjadi ragam jenis masakan, salah satunya adalah terong balado.

Menu terong balado ini cukup sering dijumpai di rumah makan masakan Padang. Namun ternyata, menu tersebut bisa lho dibuat setiap hari di rumah. Yuk intip resep terong balado di bawah!

Bahan-bahan:

  • 4 buah terong ungu
  • 4 siung bawang putih
  • 4 buah cabe merah besar
  • 6 siung bawang merah
  • 1 buah tomat berukuran kecil (optional)
  • 2 lembar daun jeruk (optional)
  • Minyak goreng secukupnya
  • Garam, gula pasir, dan penyedap secukupnya
  • Air secukupnya

Cara membuat terong balado:

  1. Cuci bersih terong dan potong-potong sesuai selera. Namun biasanya, untuk terong balado dipotong agak panjang lalu dibelah dua.
  2. Kemudian, goreng terong sebentar saja. Hindari menggoreng terong terlalu lama agar terong tidak berubah menjadi lonyot. Jika sudah, sisihkan.
  3. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe merah, dan juga tomat menggunakan blender maupun diulek secara manual.
  4. Jika sudah selesai, panaskan minyak di dalam wajan dan tumis bumbu halus tadi hingga matang. Hal ini ditandai dengan berubahnya bumbu menjadi butiran-butiran dan keluar minyak berwarna merah.
  5. Masukkan daun jeruk dan aduk sebentar.
  6. Setelah itu, masukkan terong yang sudah digoreng, tambahkan air dan bumbui sesuai selera. Tunggu hingga mendidih dan air benar-benar menguap untuk menghasilkan terong yang masih juicy.
  7. Terong balado pun sudah siap disajikan.

Itu dia resep terong balado yang bisa kamu coba di rumah. Mudah bukan? Tapi hati-hati ya, jika disajikan dengan nasi hangat, menu ini bisa bikin kalap!

Baca Juga:

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Novice