Profil Veronica Tan, Mantan Istri Ahok yang Besarkan 3 Anak Sendirian

Veronica Tan, mantan istri Ahok yang kini tuai pujian usai curhat besarkan tiga anak sendirian. Seperti apa profilnya? Simak selengkapnya di sini!


Veronica Tan

Nama Veronica Tan, mantan istri Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, kembali mencuat dan menyita perhatian publik. Pasalnya, lewat instagram pribadi @veronicatan_official pada Sabtu, 27 Januari 2024 lalu ia membagikan curahan hatinya membesarkan tiga orang anak sendirian setelah resmi bercerai pada 2018 silam.

Postingan itu menuai banyak pujian dari netizen. Selain menerima pujian lantaran berhasil membesarkan tiga orang anak sendirian, ia pun dipuji atas penampilannya yang kian menawan. Lantas, siapa dia sebenarnya? Yuk simak profil lengkapnya dalam ulasan berikut!

Profil Veronica Tan secara singkat

Veronica Tan merupakan perempuan kelahiran Medan, 4 Desember 1977. Dia merupakan anak pertama dari tiga bersaudara. Orang tuanya asli berdarah Tionghoa. Ayahnya adalah sosok penyabar, sedangkan ibunya tegas dan tak segan memberi hukuman apabila anak-anaknya mendapat nilai kurang memuaskan.

Lahir dan tumbuh dalam asuhan ibunya yang mementingkan masalah pendidikan, cukup membentuk karakter Veronica. Dia diketahui menempuh pendidikan SD dan SMP di Medan, lalu menumpang di rumah tantenya saat bersekolah SMA di Jakarta.

Baca Juga:

Berbeda dengan ibunya, tantenya justru memiliki pandangan bahwa perempuan tak harus bersekolah tinggi. Anggapan itu pun sedikit banyak memengaruhi Veronica. Akibatnya, pasca lulus SMA dia tidak memiliki minat khusus saat mengikuti ujian masuk di sejuumlah perguruan tinggi.

Veronica dinyatakan diterima di jurusan arsitektur Universitas Parahyangan, namun ibunya kurang setuju karena khawatir terpengaruh pergaulan buruk di Bandung. Alhasil dia pun melanjutkan studi di Universitas Pelita Harapan dengan mengambil jurusan yang sama.

Selain kuliah, Veronica banyak menghabiskan waktunya di gereja. Disamping aktif mengurus acara-acara di gerejanya, dia pun aktif mengisi paduan suara. Hingga akhirnya, di rumah Tuhan-lah dia menemukan jodohnya.

Pada usia 19 tahun, tepatnya pada 6 September 1997, Veronica kemudian menikah dengan Basuki Tjahaja Purnama. Mereka menikah tanpa melalui proses pacaran. Dari pernikahan itu mereka dikaruniai 3 orang anak, yakni Nicholas Sean Purnama, Nathania Berniece Zhong, dan Daud Albeenner Purnama.

Veronica Tan dengan setia mendampingi Ahok, baik saat suka maupun duka. Dia tak ragu pindah ke Belitung saat Ahok terpilih sebagai Bupati Belitung. Ia pun merasakan kekalahan Ahok saat gagal menjadi Gubernur Bangka.

Dia masih mendampingi Ahok saat menjadi anggota DPR RI dari Partai Golkar, saat menjabat Wakil Gubernur DKI Jakarta, maupun ketika dilantik menjadi Gubernur DKI Jakarta. Bahkan saat Ahok ditahan atas kasus penistaan agama, Veronica pun membacakan surat buatan Ahok untuk para pendukungnya.

Akan tetapi, pada awal tahun 2018, publik dikejutkan oleh kabar Ahok yang menggugat cerai Veronica. Meskipun sudah menjalani hidup sebagai single mom, Veronica Tan tampak masih belum menikah lagi. Sementara pada 25 Januari 2019, Ahok sudah menikah lagi dengan Puput Nastiti Devi.

Karier Veronica Tan

Pasca perceraian, Veronica Tan tidak hanya dikenal sebagai mantan istri Ahok, tetapi juga sebagai wanita karir yang sukses. Dia menekuni bisnis daging sapi impor yang diberi nama Alpha Agro Indonesia yang sudah hadir di sejumlah kota seperti Bali, Banjarmasin, Jakarta, Medan, dan Surabaya.

Alasannya menjalankan bisnis tersebut karena dia ingin memberikan dampak positif pada kesehatan masyarakat dengan menjual daging berkualitas terbaik. Bisnis ini juga lahir lantaran dirinya kerap menghidangkan barbeque untuk teman-teman yang berkunjung ke rumah.

Selain itu, Veronica juga meluncurkan aplikasi layanan kesehatan dengan nama LoveCare sehingga memungkinkan masyarakat mengakses jasa perawat untuk anak berkebutuhan khusus, lanjut usia, dan orang sakit pasca-perawatan di rumah sakit. Perempuan berusia 46 tahun itu aktif menunjukkan perannya sebagai President Commisioner LoveCare.

Semua bisnis yang dijalankannya memang tidak terpaku pada profit, melainkan juga berfokus pada amal dan sosial. Oleh karenanya, dia juga membuka bisnis suvenir oleh-oleh khas Jakarta dengan memberdayakan ibu-ibu rusun (rumah susun) untuk membatik. Dia membantu memasarkan hasil karya ibu-ibu tersebut lewat brand miliknya.

Selain menjadi seorang enterpreneur, dia juga menjabat sebagai Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) DKI Jakarta, sebuah organisasi pelayanan sosial di bidang kesehatan, khususnya untuk penanggulangan kanker.

Sukses besarkan anak sendirian

Enam tahun pasca perceraiannya dengan Ahok, Veronica telah berhasil membesarkan anak sendirian. Ketiga anaknya kini sudah masuk ke fase dewasa. Putra sulungnya, Nicholas Sean Purnama berhasil meraih gelar sarjana dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia pada Februari 2022 silam.

Selain berhasil dalam bidang pendidikan, Sean juga mengikuti jejak ayah dan ibunya sebagai seorang pengusaha. Diketahui, sejak kuliah dia telah menggeluti bisnis dibidang kuliner bernama Kopi Se-Indonesia yang menghadirkan hidangan kopi dari seluruh Indonesia dan juga restoran hot pot bernama Qin Ma. Kedua bisnis miliknya ini sudah tersebar di berbagai lokasi.

Sean juga merupakan seorang konten kreator dengan akun YouTube aniCmal sejak 2021. Dia kerap membagikan konten-konten seputar dunia hewan dan menjuluki dirinya sendiri sebagai Immanuel Animal atau Mr. Animal. Meski belakangan dia tak terlihat aktif mengunggah konten, namun terkadang dia masih dijumpai sebagai bintang tamu di konten YouTube lain.

Di sisi lain, Sean juga didapuk menjadi Brand Ambassador game berbasis nft di Indonesia yang bernama Komoverse dan aktif memberikan seminar-seminar tentang pendidikan di beberapa universitas.

Baca Juga:

Anak keduanya, Nathania Berniece Zhong, sedang menempuh pendidikan tinggi di Amerika Serikat dan mengambil jurusan Ekonomi dan Psikologi. Dia mewarisi jiwa sosial dari ayah dan ibunya, yang dibuktikan lewat sumbangsihnya mendirikan The Spring Water.

The Spring Water sendiri merupakan organisasi non-profit yang bergerak dalam bidang pengabdian masyarakat untuk membantu daerah-daerah yang masih membutuhkan fasilitas air bersih. Dia menggagas proyek tersebut bersama kedua temannya, Christopher Pramana dan Grace Chandra.

Namun, berbeda dengan ayahnya yang tertarik di dunia politik, Nathania justru memiliki hobi di bidang musik. Perempuan berusia 23 tahun itu diketahui sangat berbakat memainkan biola.

Sedangkan anak ketiganya, Daud Albenneer Purnama, kini masih berusia 17 tahun. Tidak diketahui secara pasti dimana ia bersekolah saat ini. Namun yang pasti, Veronica sangat mendukung pendidikan untuk anak-anaknya. Hal tersebut diungkapkan Veronica lewat unggahan Instagram pribadi.

“Kita selalu bersyukur ketika melihat anak-anak tumbuh besar dan sehat. Tetapi jika mereka bisa tumbuh dengan rasa tanggung jawab dan mandiri itu adalah anugerah yang besar, berharap mereka selalu ada dalam komunitas yang baik dan positif. Menuntut ilmu boleh dimanapun tetapi berharap mereka bisa kembali lagi untuk membangun negeri sendiri. Miss you Nia,” tulisnya.

Itulah profil Veronica Tan, single mom yang sukses membesarkan tiga orang anaknya sendirian. Semoga menginspirasi!

Baca Juga: 5 Sifat Teladan Dari RA Kartini, Bisa Ditiru di Masa Kini

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Novice