Perlu diketahui, Definisi dan Manfaat Kerja Remote


Ilustrasi kerja remote (pixabay.com/InstagramFOTOGRAFIN)

Perkembangan dunia yang ditandai dengan kehadiran internet, membuat komunikasi person to person, komunitas ke komunitas, negara ke negara sampai antar perusahaan terasa sangat cepat, maka saat ini masyarakat dunia sedang berada dalam era globalisasi.

Termasuk dunia kerja, jika jaman dahulu kerja didasari dengan banyaknya pabrik dan orang harus datang ke pabrik agar bisa bekerja, namun dengan adanya era globalisasi dan kecepatan internet, masyarakat zaman sekarang bisa juga melakukan pekerjaannya dengan jarak jauh atau biasa disebut Kerja Remote.

Lantas bagaimana definisi kerja remote? Tenang, admin akan menjelaskan kepada teman-teman semua.

Secara garis besar, kerja remote atau remote working adalah pekerjaan yang dapat diselesaikan tanpa perlu pergi ke kantor.

Dalam artian lain, kamu dapat bekerja dari rumah, kafe, coworking space, atau tempat-tempat lainnya. Metode kerja seperti ini dinilai memberikan kenyamanan bagi karyawan.

Bahkan, menurut Flex Jobs, sebuah survei yang dilakukan dengan Mental Health America menemukan bahwa orang dengan pilihan kerja secara remote atau fleksibel, melaporkan kondisi kesehatan mental yang lebih baik.

Dari pekerjaan yang fleksibel tersebut, 48% mengatakan work-life balance mereka berada dalam kondisi yang sangat baik.

Itu artinya, tingkat produktivitas kerja seorang karyawan berada dalam kondisi yang baik sehingga mampu menyelesaikan pekerjaan dengan maksimal.

Dalam praktiknya, biasanya perusahaan yang menerapkan sistem kerja remote akan memanfaatkan internet untuk berkomunikasi dengan karyawannya.

Tak bisa dimungkiri, fleksibilitas yang tinggi membuat semua orang menginginkan pekerjaan dengan metode seperti ini.

Memang tidak semua pekerjaan bisa dilaksanakan dengan sistem jarak jauh atau remote, namun admin akan juga memberikan penjabaran pekerjaan apa saja yang bisa dilakukan dengan remote atau melakukan pekerjaan dengan cara jarak jauh ini.

Kerja Remote Content Writer

Tertarik dengan dunia kepenulisan? Cobalah untuk mendalami profesi sebagai content writer. Profesi ini dinilai dapat dikerjakan secara remote.

Pasalnya, menurut Career Side Kick, biasanya seorang content writer bertugas untuk menulis, mengedit dan mengirimkan dokumen.

Jadi, tanpa bertatap muka pun kamu dapat menyelesaikan pekerjaan. Kamu bisa memilih ingin menjadi content writer yang terpaku satu perusahaan atau menjadi seorang freelancer sehingga dapat bekerja dengan banyak perusahaan.

Baca Juga:

Kerja Remote Sales

Mengutip The Balance Careers, posisi sales dapat bekerja secara remote tanpa perlu pergi ke kantor.

Pasalnya, kebanyakan sales bekerja secara fleksibel. Ada yang mencoba berjualan di mall, supermarket atau tempat-tempat umum lainnya.

Beberapa perusahaan pun tidak keberatan jika posisi sales tidak harus bekerja di kantor, asalkan targetnya dipenuhi dengan baik.

Baca Juga:

Kerja Remote Programmer

Punya keahlian dalam bidang pemrograman komputer dan tertarik untuk kerja secara remote? Cobalah karier sebagai programmer.

Sama seperti content writer, profesi yang satu ini juga dapat dikerjakan di mana saja, termasuk dari rumah atau work from home.

Programmer biasanya bertugas untuk menguji program dengan bahasa pemrograman seperti JavaScript, C++, dan SQL.

Nah, dikarenakan pekerjaannya berkaitan erat dengan komputer, programmer dapat bekerja secara remote.

Penutup

Berikut banyaknya pilihan yang bisa dilakukan untuk kamu semua jika ingin bekerja secara jarak jauh atau biasa disebut kerja remote

Namun mungkin kalian masih bingung apa manfaat kerja remote ya, tenang. Admin akan menjelaskan juga manfaat kerja remote agar kita tau kebutuhan dan kemampuan masing-masing sebelum terjun.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu manfaat terbesar dari kerja remote atau remote working adalah work-life balance yang sangat baik.

Dengan keadaan seperti itu, kamu bisa melakukan aktivitas apa pun di luar pekerjaan, seperti mengurus anak atau bahkan melakukan hobi. Selain itu, menurut Remote Year, karyawan yang melakukan pekerjaan secara remote cenderung mendapatkan produktivitas yang tinggi.

Tak hanya itu saja, kerja secara remote juga membuat orang dapat menghemat uang. Sebab, ia tidak perlu mengeluarkan ongkos untuk pergi ke kantor setiap harinya.

Selain itu manfaat kerja remote adalah kita belajar mengelola waktu kita sendiri untuk lebih bisa optimal selama 24 jam sehari. Mengelola waktu kita sendiri sangat memungkinkan untuk kita menambah side job lagi lho. 

Baca Juga: 7 Bisnis Online Tahun 2023, Penghasil Banyak Cuan!


Legend

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *