5 Jenis MBTI yang Disebut Paling Langka, Apakah Kamu Termasuk?


MBTI
Ilustrasi MBTI (Pixabay)

Saat ini MBTI tengah populer di kalangan masyarakat dunia. Istilah dengan kepanjangan Myers-Brigg Type Indicator ini merupakan alat ukur kecerdasan seseorang, tipe kepribadian, serta bakat. Sebelum tahu hasilnya, kamu akan dihadapkan oleh berbagai soal psikotes dan perlu mengerjakannya sampai tuntas.

Total kepribadian versi MBTI ini berjumlah 16 buah. Lima diantaranya dianggap paling langka karena angka populasi yang tidak mencapai 10 persen di dunia. Kira-kira apa saja, ya? Berikut daftarnya.

1. INFJ

MBTI INFJ
MBTI INFJ, Sumber: 16personalities.com

Jenis ini disebut paling langka karena angka populasi yang hanya mencapai 1-3 persen saja. INFJ berarti Introvert, Intuition, Feeling, dan Judging. Artinya, seseorang dengan tipe kepribadian ini sulit membagikan masalahnya terhadap orang lain. Ia lebih senang memendam dan mencoba menyelesaikannya secara personal.

INFJ juga seringkali menggunakan perasaan daripada logika. Ia bersifat lemah lembut, seorang pemimpi, dan banyak melakukan hal untuk orang lain. Namun, tidak lupa akan diri sendiri meskipun termasuk jarang. Selain itu, tipe ini memiliki kreativitas, imajinasi, dan iktikad untuk keseimbangan sosial.

INFJ tidak jarang menganggap dunia tidak adil. Saat merasa kurang bersemangat, seseorang dengan tipe ini akan mudah lelah, sakit, dan tertekan. Kondisi ini bisa terlihat ketika ia menerima kritik atau serangan pribadi.

Beberapa tokoh populer yang punya kepribadian INFJ adalah Nelson Mandela, Martin Luther King, Lady Gaga, dan Nicole Kidman.

2. ENFJ

MBTI ENFJ
MBTI ENFJ, Sumber: 16personalities.com

ENFJ merupakan kependekan dari Extrovert, Intuition, Feeling, dan Judging. Populasinya di dunia sebesar 2-5 persen, sehingga tergolong tipe kepribadian yang langka. Ia adalah pemimpin yang dilahirkan dengan penuh percaya diri. Ia senang jika membantu dapat memberi dampak baik bagi dirinya sendiri dan orang lain.

Tipe ENFJ punya kemampuan public speaking yang baik, serta mudah percaya terhadap orang lain. Jika kurang berhati-hati, kamu dengan kepribadian seperti ini mudah dipatahkan oleh realitas karena terlalu optimis (cenderung berharap). Namun, kebanyakan tidak merasa takut dalam menghadapi risiko tersebut.

Tokoh-tokoh populer dengan tipe kepribadian ENFJ, antara lain Barack Obama, Oprah Winfrey, Ben Affleck, Jennifer Lawrence, dan Maya Angelou.

Baca Juga: 10 Fakta Unik Tipe Kepribadian ISFJ

3. ENTJ

MBTI ENTJ
MBTI ENTJ, Sumber: 16personalities.com

ENTJ juga hanya mencapai populasi sebesar 2-5 persen di dunia. Kepanjangan dari tipe ini adalah Extrovert, Intuition, Thinking, dan Judging. Seseorang dengan kepribadian tersebut bersikap layaknya pemimpin yang penuh kekuasaan dan sifatnya sensitif.

Keberadaan ENTJ yang termasuk langka disebut perlu disyukuri. Pasalnya, ia bisa saja berbuat semaunya pada tipe kepribadian yang lebih lemah dan pemalu. Namun, ia memiliki peran penting untul membantu dalam dunia bisnis.

ENTJ punya kemampuan menilai bakat orang lain dan akan menghormatinya jika setara dengan apa yang ia miliki. Ia sangat suka tantangan dan ketika segala hal yang diperlukan dirasa cukup, tipe ini yakin dapat berhasil. Lalu, juga sering menyinggung seseorang yang tidak kompeten atau malas.

Siapa sajakah tokoh publik yang memiliki kepribadian ENTJ? Mereka adalah Steve Jobs, Gordon Ramsay, Whoopi Goldberg, Jim Carrey, serta Margaret Thatcher.

4. INTJ

MBTI INTJ
MBTI INTJ, Sumber: 16personalities.com

Populasi tipe kepribadian ini tergolong langka, yakni hanya 2-4 persen saja. INTJ berarti Introvert, Intuition, Thinking, dan Judging. Ia adalah seseorang yang penuh ambisi, imajinatif, sangat ingin tahu, bisa menjaga privasi, serta tidak akan membuang energi untuk hal-hal yang kurang penting.

Kepribadian INTJ bahkan jarang dimiliki oleh wanita. Disebutkan ratio-nya hanya mencapai 0,8 persen di dunia. Dikarenakan rasa ingin tahu yang tinggi, ia sering dianggap kutu buku. Namun, tipe seperti ini yakin bahwa usaha dan kecerdasan mampu meraih kesuksesan. Tidak ada yang tak mungkin baginya.

Selain senang belajar dan menyikapi segala hal dengan logika, tipe INTJ dianggap penuh misteri. Berbagai tokoh terkenal yang punya kepribadian ini antara lain, Michelle Obama, Christopher Nolan, Elon Musk, Samantha Power, dan Arnold Schwarzenegger.

5. ENTP

MBTI ENTP
MBTI ENTP, Sumber: 16personalities.com

Terakhir, ada kepribadian Extrovert, Intuition, Thinking, dan Perceiving, disingkat ENTP yang tergolong dalam tipe paling langka. Populasinya berada di angka 2-5 persen saja. Ia merupakan seorang pendebat. Namun, tidak dilakukan untuk mencapai kesepakatan, melainkan hanya dianggap hiburan semata.

ENTP tidak suka mengeluh, tapi seringkali merasa sulit dalam menangani masalah yang berasal dari pendapatnya. Ia memiliki kecakapan intelektual saat diberi tanggung jawab. Namun, tetap perlu ada bukti guna memperlihatkan kinerja yang dilakukan tersebut.

Tokoh publik dengan tipe kepribadian ENTP adalah Adam Savage, Sarah Silverman, Thomas Edison, Tom Hanks, Mark Twain, dan Celine Dion.

Itulah kelima kepribadian MBTI yang dianggap paling langka. Bagaimana milikmu? Apakah termasuk salah satu tipe yang disebutkan di atas?

Sumber:
https://id.quora.com/Apa-kepribadian-paling-langka-di-MBTI-dan-yang-paling-banyak-dari-populasi-dunia-Bisakah-Anda-urutkan-16-kepribadian-dari-tingkat-kelangkaannya

https://www.16personalities.com/id/tipe-kepribadian

Baca Juga: Kenali Kerpibadianmu Melalui Tes MBTI


Like it? Share with your friends!

Explorer

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *