6 Tips Perawatan Rambut Kering, Lembap Sepanjang Hari


Ilustrasi perawatan rambut kering

Rambut kering bisa menjadi masalah yang menjengkelkan, karena bikin kusam, kasar, mudah patah, dan sering mengembang. Namun tenang aja, ada banyak cara terbaik untuk merawat rambut kering agar lembap sepanjang hari dan sehat berkilau.

Perawatannya pun nggak ribet kok, bahkan bisa dilakukan di rumah juga. Yuk intip cara mengatasi rambut kering dan kusam dengan tips-tips perawatan rambut kering terbaik ini.

1. Pilihlah sampo rambut yang tepat

Ketika merawat rambut kering agar lembap sepanjang hari, pastikan kamu memilih sampo yang dirancang khusus rambut kering. Pilih produk yang mengandung minyak argan, minyak almond, atau minyak rambut yang dapat melembapkan rambut lebih ekstra.

Hindari menggunakan sampo dengan bahan kimia keras, seperti sulfat, alkohol, dan paraben karena menyebabkan rambutmu semakin kering dan bercabang. Kemudian, usahakan membilasnya dengan air dingin, jangan air panas, karena hanya akan menghilangkan minyak alami rambut yang menyebabkan rambut kering.

Baca Juga:

2. Gunakan kondisioner secara rutin

Kondisioner menjadi perawatan rambut kering penting yang tak bisa boleh dilupakan. Gunakan kondisioner setiap kali kamu mencuci rambut, dan fokuslah mengolesi pada bagian ujung rambut yang cenderung lebih kering.

Kemudian, biarkan kondisioner meresap selama beberapa menit sebelum dibilas air bersih. Pastikan kondisioner yang digunakan mengandung bahan pelembap seperti gliserin, shea butter, atau minyak kelapa.

3. Jangan keramas terlalu sering

Idealnya, mencuci rambut yang tepat adalah 2-3 kali seminggu atau sesuai kebutuhan.Terlalu sering mencuci rambut, dapat menghilangkan minyak alami pada kulit kepala, yang berperan penting untuk menjaga kelembapan rambut.

Pastikan kamu menggunakan sampo berbahan lembut dan sesuai dengan kondisi rambutmu, kemudian pijat dengan lembut dan merata saat keramas.

3. Hindari menggunakan alat styling rambut

Alat-alat styling rambut seperti hair dryer, catokan, dan curling iron dapat membuat rambut semakin kering dan rusak. Sebaiknya, hindari penggunaan alat-alat tersebut secara berlebihan, atau jika ingin menggunakannya, atur suhu dengan lebih rendah.

Kemudian, pastikan selalu memakai perlindungan rambut sebelum menggunakan alat styling rambut tersebut ya.

4. Gunakan perawatan rambut tambahan

Menggunakan perawatan rambut tambahan, seperti masker, minyak, dan vitamin rambut sangat dibutuhkan untuk menjaga rambut tetap sehat dan lembap. Masker rambut dapat menutrisi dan melembapkan rambut lebih baik. Pilih masker rambut yang sesuai dengan jenis rambutmu dan gunakan masker 1-2 kali seminggu.

Minyak rambut dapat membantu menjaga kelembapan rambut dan membuatnya lebih berkilau. Pilih minyak rambut yang sesuai dengan jenis rambutmu, kemudian oleskan minyak rambut setelah keramas atau sebelum tidur.

Sementara, vitamin rambut dapat menutrisi rambut dari dalam dengan sempurna, sehingga rambut tetap terjaga sehat. Konsumsi vitamin rambut secara rutin sesuai petunjuk penggunaan yang tertera pada produk.

5. Hindari paparan sinar matahari langsung

Sinar matahari tidak hanya dapat merusak kulit, tetapi juga membuat rambut kering dan kusam. Nah, agar rambutmu tetap sehat dan lembap, jangan biarkan rambut terkena paparan sinar matahari langsung.

Gunakan topi atau scarf ketika tengah berada di luar ruangan agar rambut terlindungi dari paparan sinar matahari.

Baca Juga:

6. Jaga keseimbangan nutrisi

Keseimbangan nutrisi yang baik juga berperan penting untuk kesehatan rambut. Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral, seperti sayur dan buah-buahan, serta minumlah cukup air setiap hari agar hidrasi tubuh dan rambutmu tetap terjaga.

Hindari makanan dan minuman tidak sehat seperti makanan olahan, makanan yang digoreng, cepat saji dan kafein karena bisa membuat rambut kering dan juga bisa berdampak pada tubuhmu.

Sekarang sudah tahu cara perawatan rambut kering? Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu dapat memiliki rambut kering yang lembap dan sehat sepanjang hari.

Baca Juga: 6 Tips Ampuh Mengatasi Rambut yang Berdiri, Agar Tertata Rapi dan Indah

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Novice