Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2026, Timnas China Vs Indonesia; Garuda Tumbang 2-1


Duel timnas China vs Indonesia (Liu Lu/CFIDC/VCG via Getty Images))

Laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Putaran Ketiga Zona Asia kini kian memanas. Semua tim mulai berlomba-lomba dan haus kemenangan agar bisa melaju ke babak Piala Dunia 2026 mendatang.

Pada pertandingan hari ini Selasa (15/10/2024) pukul 19.00 WIB ini mempertemukan Timnas Indonesia dengan Cina yang disiarkan secara langsung di Qingdao Youth Football Stadium.

Kedua agregat ini diprediksi akan sama-sama menunjukan performa terbaiknya untuk memperoleh poin dan kemenangan. Tentu, ini bukanlah suatu hal yang mudah bagi Timnas Indonesia dalam menghadapi Dragon Team. Mengingat Cina juga memiliki beberapa pemain berbakat dan cepat.

Babak Pertama China Unggul 2-0 Atas Indonesia

Babak pertama ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026 Putaran Ketiga Grup C, China Vs Indonesia pada Selasa (15/10/2024) 19.00 WIB Timnas China berhasil memperluas kemenangannya dari Tim Garuda. Tim dengan julukan Dragon ini berhasil mencetak gol di menit ke-21 lewat sepakan Behram Abduweli. Skor tipis 1-0 pun terjadi.

Namun, menjelang menit-menit akhir China masih terus berusaha memberikan kontribusinya dalam menggiring bola dan berhasil menembus dinding pertahanan Indonesia di menit ke-44 melalui Zhang Yuning. Di mana Zhang mendapatkan umpan dari Zhunyi Gao dan ia pun berhasil lolos dari kawalan ketat Mees Hilgers dan skor akhirnya berubah menjadi 2-0. China unggul atas Indonesia.

Di babak pertama sampai dengan tiupan peluit berakhir, Garuda memiliki banyak peluang dengan lima tembakan dan keempatnya on target, tapi sayangnya masih belum terealisasikan dengan baik dan masih bisa ditepis oleh Penjaga Gawang negeri Tirai Bambu tersebut.

Babak Kedua Indonesia Memperkecil Ketertinggalan Atas China

Pasca tertinggal dua gol dari China, tentu ini menjadi pecutan keras bagi Indonesia untuk terus berjuang menembus gawang lawan. Pada babak kedua yang terjadi malam ini, Shin Tae Yong, pelatih Indonesia bahkan melakukan beberapa pergantian pemain yakni Shayne Pattynama digantikan oleh Rizki Ridho, Witan Sulaeman diganti Marselino Ferdinan dan Thom Haye menggantikan Mees Hilgers.

Pertandingan babak kedua ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026 Putaran Ketiga, Timnas China masih memimpin 2-0 atas Indonesia dan memilih untuk bermain bertahan dengan tidak memberikan celah bagi Indonesia untuk menjebol pertahanan. Walaupun tertinggal, Timnas Garuda masih tetap menunjukan keahliannya dalam bermain. Bahkan peluang-peluang Timnas Indonesia banyak yang tercipta namun hasilnya masih nihil dan belum teranulir dengan baik.

Di menit-menit awal pertandingan kedua, Indonesia masih kesulitan untuk menerobos masuk ke pertahanan Negeri Panda tersebut. Bahkan China sampai menumpuk banyak pemain tuk menjaga lini gawang mereka.

Pada menit ke-68 Nathan Tjoe A-On juga mencoba peruntungan namun umpannya masih melesat dan digagalkan oleh pemain bernomor punggung 5. Di sisi lain, Asnawi juga mencoba menembak langsung ke gawang pada menit ke-77, namun sayang sepakannya masih terlalu lemah.

Lagi-lagi di menit ke-81, Nathan kembali mencoba untuk melempar umpan dari sudut, namun, masih terbuang begitu saja.

Kemudian, keajaiban terjadi dan berbuah hasil, di menit ke-86 Thom Haye berhasil menjebol gawang Dragon Team dengan sepakan terbaiknya hingga membuat Indonesia membalas satu gol atas China melalui lemparan Pratama Arhan yang dimanfaatkan dengan baik oleh Haye. Dari cetakan gol Thom Haye ini Indonesia berhasil mempersempit keadaan dengan skor 2-1.

Berselang dua menit, Thom Haye mencoba peruntungan lagi melalui tendangannya, namun bolanya masih melesat jauh melewati tiang gawang. Hingga masa perpanjangan waktu sembilan menit, belum ada gol lagi yang tercipta. Hingga skor akhir, Indonesia tumbang 2-1 atas China.

Walaupun demikian, Indonesia tetap berada di peringkat kelima di Klasemen Sementara Grup C antara Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, Indonesia dan China masih ada di posisi terakhir Klasemen Grup.

Baca Juga:

Daftar Line Up Full Time Timnas China Vs Indonesia

China: Wang Dalei; Jiang Guangtai, Gao Zhunyi, Jiang Shenglong, Li Lei; Wang Shangyuan, Li Yuanyi (Wang Haijian 61), Wei Shihao, Xie Wenneng (Lin Liangming 85), Behram Abduwelli (Alan 85), Zhang Yuning.

Indonesia: Maarten Paes; Asnawi Mangkualam (Pratama Arhan 85), Jay Idzes, Mees Hilgers (Thom Haye 46), Calvin Verdonk; Shayne Pattinama (Rizky Ridho 46), Nathan Tjoe-A-On, Ivar Jenner (Malik Risaldi 85); Witan Sulaeman (Marselino Ferdinan 46), Rafael Struick, Ragnar Oratmangoen.

Baca Juga: Prediksi Kualifikasi Piala Dunia 2026 Timnas China Vs Indonesia: Kemenangan Garuda Harga Mati!

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Pegiat literasi