Yuk! Kenalan dengan Program CSR dan Manfaatnya Bagi Perusahaan serta Masyarakat


Ilustrasi perusahaan (pexels.com/kelly)

CSR atau Corporate Social Responsibility merupakan tanggungjawab sosial yang perlu dilakukan perusahaan kepada masyarakat. Tujuan CSR juga bermacam-macam, mulai dari ekonomi, hukum, sosial, etika dan filantropi.

Di Indonesia sendiri dasar penerapan CSR diatur dalam UU yaitu Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 33 yang mengatur tentang perekonomian dan kekayaan alam dan beberapa UU lain di bawahnya. Di antaranya seperti UU No. 40 tahun 2007 tentang PT yang menyebutkan bahwa setiap perusahaan yang menjalankan usaha di bidang atau bersangkutan dengan sumber daya alam maka berkewajiban melakukan tanggung jawab sosial dan lingkungan.

Alasan pemerintah mengatur dan memayungi CSR dengan hukum adalah karena CSR dilihat sebagai bagian dari sarana untuk menanggulangi kesenjangan sosial dan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Program-program yang dilakukan CSR dapat membantu pemerintah untuk mengatasi masalah sosial yang ada di Indonesia.

CSR dilakukan oleh perusahaan kepada semua pihak yang terlibat atau terdampak dengan memberikan program, bantuan, fasilitas atau pemberdayaan. Oleh karena itu, CSR sangat penting dilakukan oleh perusahaan untuk bertanggung jawab dan menjaga nama baik perusahaan.

Manfaat CSR bagi Perusahaan

Dengan melakukan kegiatan CSR maka perusahaan juga akan mendapatkan manfaat. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Menjaga nama baik perusahaan untuk meningkatkan citra di masyarakat. Apabila perusahaan memiliki citra yang baik di masyarakat maka branding pun akan lebih mudah dilakukan.

  2. Dengan branding tersebut perusahaan akan memiliki keuntungan lain diantaranya, loyalitas konsumen, peningkatan penjualan, memudahkan promosi dan lain sebagainya. Tentunya hal tersebut akan semakin menambah profit untuk perusahaan.

  3. Nama baik yang dimiliki perusahaan akibat melakukan CSR juga akan meningkatkan rasa kepercayaan beberapa pihak terkait. Diantaranya adalah program CSR yang ditujukan untuk karyawan. Dalam hal ini mereka akan semakin memiliki loyalitas yang tinggi kepada perusahaan karena diberdayakan dan dilindungi perusahaan. Hal tersebut akan membentuk rasa percaya dan loyalitas karyawan kepada perusahaan.

Baca Juga:

Manfaat CSR bagi Masyarakat

Masyarakat merupakan pihak yang secara langsung mendapatkan manfaat dari adanya program CSR. Hal tersebut karena umumnya masyarakat merupakan tujuan utama atau target dari adanya program CSR. Berikut beberapa manfaat yang dirasakan masyarakat dengan adanya program CSR:

  1. Peningkatan ekonomi. Dengan adanya program CSR seperti pemberdayaan atau penyerapan tenaga kerja, masyarakat sekitar perusahaan dapat memiliki perekonomian yang lebih baik. Hal ini dikarenakan mereka dapat bekerja di perusahaan atau dibekali modal untuk mendirikan usaha. Dengan adanya perusahaan maka potensi pendatang akan semakin besar, sehingga masyarakat sekitar dapat membuat usaha seperti warung makan, penginapan dan lain sebagainya.

  2. Peningkatan kualitas hidup. Program CSR biasanya dapat berupa layanan kesehatan, sehingga hal tersebut akan membantu masyarakat memiliki kualitas kesehatan lebih baik lagi. Selain itu juga terdapat program lain seperti pemberian beasiswa sehingga membantu masyarakat mengakses pendidikan yang lebih baik.

  3. Peningkatan kualitas lingkungan. Program CSR juga seringkali memberikan bantuan dalam perbaikan infrastruktur, penghijauan atau sosialisasi mengenai kesadaran lingkungan. Dengan itu masyarakat akan memiliki pengetahuan dan akses untuk meningkatkan kualitas hidup mereka.

Pendekatan dan Contoh Program CSR

Terdapat beberapa pendekatan dalam CSR dan berikut contohnya:

1. Pendekatan Filantropi

Pendekatan ini dapat dikatakan sebagai bentuk penerapan CSR secara tradisional. Biasanya dapat berupa bantuan yang diberikan perusahaan seperti donasi, beasiswa, sembako gratis, periksa kesehatan gratis dan lain sebagainya.

Baca Juga:

2. Pemberdayaan Masyarakat

Pendekatan ini biasanya digunakan perusahaan untuk menentukan program CSR yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Misalkan jika masyarakat membutuhkan peningkatan kualitas hidup maka perusahaan akan mendampingi masyarakat hingga mereka mandiri. Sehingga dalam hal ini perusahaan perlu mendekati masyarakat untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi dan mencari solusi bersama untuk masalah tersebut.

Demikian penjelasan mengenai CSR beserta manfaatnya bagi perusahaan dan masyarakat. Semoga dapat membuka cakrawala baru pengetahuan Anda.

Baca Juga: Busang: Skandal Emas Berlumuran Darah dan Jejak Keluarga Cendana

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.