Cepat Panen! 7 Tanaman Buah dan Sayur Ini Cocok Untuk Anda yang Ingin Mulai Berkebun


Buah dan sayuran (pixabay.com/congerdesign)

Menyaksikan tanaman perlahan tumbuh dengan baik merupakan sebuah kepuasaan tersendiri bagi sebagian orang. Apalagi ketika memetik sendiri hasil panen dari jerih payah berkebun merupakan sebuah rasa yang tak bisa terlukiskan. Berkebun juga dapat menjadi terapi untuk meningkatkan fokus, menjaga kesehatan fisik dan mental serta sarana pengembangan diri untuk terus konsisten dan bersabar.

Tak harus memiliki lahan yang luas untuk mulai berkebun. Lahan kosong di rumah, dapat Anda manfaatkan untuk mulai berkebun. Selain mempercantik halaman rumah, Anda juga turut serta menjaga kualitas udara ketahanan pangan keluarga. Dengan berbagai manfaat tersebut, tidak ada salahnya untuk mulai berkebun sedari sekarang.

Maka dari itu bagi Anda yang ingin mulai berkebun, berikut merupakan rekomendasi 7 tanaman buah dan sayur yang mudah perawatannya dan singkat masa panennya. Cocok sekali bagi Anda yang baru ingin mencoba. Penasaran? Yuk, simak!

1. Kangkung

Dengan masa panen yang cukup singkat, yakni sekitar 21-50 hari setelah pembibitan, kangkung merupakan tanaman yang cocok bagi Anda yang ingin mulai berkebun. Perawatannya pun mudah dan ia siap hidup di berbagai kondisi. Hal ini dikarenakan kangkung merupakan salah-satu tanaman yang tahan banting. Bahkan di keadaan tanah yang minim nutrisi, kangkung masih dapat tumbuh dengan baik.

Baca Juga:

2. Pakcoy

Sama halnya dengan kangkung, masa panen sayuran ini juga sekitar 40-50 hari setelah pembibitan. Perawatannya pun mudah, Anda hanya perlu rutin menyiramnya tiap pagi dan sesekali diberi pupuk. Di jamin stok sayuran di rumah Anda akan selalu aman.

Bahkan ketika tidak memiliki cukup lahan, Anda bisa mencoba metode hidroponik untuk menanam sayur pakcoy. Konon, pakcoy yang dipanen dari hasil hidroponik memiliki rasa yang lebih manis dan kaya air.

3. Selada

Selada hanya memerlukan waktu 45 hari setelah pembibitan untuk dapat di panen. Selada juga tidak banyak membutuhkan sinar matahari dan air karena dapat menyebabkan daunnya menguning. Sehingga memang perawatannya cukup mudah. Sama halnya dengan pakcoy, selada juga bisa ditanam dengan menggunakan metode hidroponik.

4. Daun Bawang

Daun bawang dapat dipanen ketika sudah berusia di atas 50 hari. Cara menanamnya pun mudah. cukup potong ujung bawang merah lalu tanam sebagian. Maka, daunnya akan mulai tumbuh 5-7 hari kemudian. Beri sinar matahari, air dan pupuk maka mereka akan tumbuh dengan subur. Umbinya akan semakin banyak dan daunnya semakin lebat.

5. Timun

Timun merupakan salah satu buah yang cukup singkat masa panennya, yakni sekitar 75-85 hari. Ketika masa pembentukan buah, timun juga memerlukan cukup air agar buahnya tumbuh dengan sempurna. Oleh karena itu, penting untuk rutin menyiram dan memberinya pupuk. Jangan lupa memberikan kayu atau pagar agar timun bisa merambat, ya!

6. Tomat

Tomat merupakan salah satu tanaman buah yang masa panennya cukup singkat dibandingkan lainnya. Hanya dalam waktu 75-90 hari Anda dapat menikmati buahnya. Selain itu, kebun Anda dapat menjadi lebih cantik dengan kehadiran tomat yang berwarna merah.

Baca Juga:

7. Melon

Hanya dalam waktu 70-90 hari Anda sudah dapat menikmati segarnya melon. Ketika panen usahakan di pagi hari ya agar buahnya lebih segar. Jangan lupa untuk memasang media rambat agar melon dapat tumbuh dengan maksimal.

Nah itu dia rekomendasi tanaman buah dan sayur yang memiliki masa panen singkat dan mudah perawatannya. Namun meskipun demikian, konsisten dalam melakukan perawatan tetap menjadi penting ya agar panen maksimal.

Semoga dapat Anda jadikan referensi untuk mulai berkebun, ya!

Baca Juga: Tidak Hanya Buat Makanan, Berikut 10 Manfaat Baking Soda Untuk Kebun dan Taman

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.