Perpustakaan Jakarta: Info Lokasi, Cara Mendaftar, Koleksi Buku, Fasilitas dan Layanan


Perpustakaan Jakarta (Liputan 6.com)

Perpustakaan adalah tempat paling sering dikunjungi oleh orang-orang yang memiliki ketertarikan terhadap literasi. Biasanya, perpustakaan bisa dijumpai di berbagai sekolah yang memiliki sarana dan prasarana lengkap dan bertujuan untuk menunjang pembelajaran serta meningkatkan kesadaran siswa-siswinya terhadap pentingnya literasi.

Buku-buku yang tersedia pun meliputi buku edukasi maupun buku pelajaran, sedangkan buku fiksi atau non-edukasi biasanya relatif sedikit bahkan tidak ada. Dan perpustakaan di sekolah ini hanya bisa diakses oleh siswa-siswi di sekolah tersebut, sehingga masyarakat umum tidak bisa berkunjung dan mengaksesnya.

Tetapi jangan khawatir, sekarang banyak tersedia perpustakaan yang bisa diakses oleh siapapun. Dan perpustakaan seperti ini biasanya memiliki beragam koleksi buku dan fasilitas yang memadai agar para pengunjungnya memiliki kenyamanan ketika berada di perpustakaan. Perpustakaan ini bisa di jumpai di berbagai tempat, salah satu perpustakaan umum yang dapat dikunjungi adalah Perpustakaan Umum Jakarta.

Perpustakaan Jakarta diresmikan oleh Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta pada Kamis 7 Juli 2022 di Taman Ismail Marzuki Jl. Cikini Raya No.73, RT.8/RW.2, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

Perpustakaan Jakarta merupakan bagian dari revitalisasi TIM sejak 2019. Andra Martin sebagai arsitek Gedung Panjang terinspirasi dari not balok dalam lagu Rayuan Pulau Kelapa anggitan Ismail Marzuki. Di Gedung Panjang ini terdapat Perpustakaan Umum Daerah (Perpumda) Jakarta dan Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin yang juga berbentuk perpustakaan.

Untuk anda yang penasaran, berikut ini ada beberapa informasi umum mengenai Perpustakaan Jakarta yang dikutip dari akun instagram@perpusjkt, diantaranya:

1. Lokasi dan Jam Operasional Perpustakaan

Perpustakaan ini terletak di Gedung Panjang Komplek Taman Ismail Marzuki Jl. Cikini Raya No.73, RT.8/RW.2, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat tepatnya di lantai 4-6 dari 14 lantai yang ada.

Pengunjung dapat melakukan check-in dan penyimpanan & penukaran tas di lantai 3. Dibuka setiap hari mulai dari pukul 09.00 WIB – 17.00 WIB. Dan batas check-in adalah pukul 16.00 WIB setiap harinya. Saat ini, pengunjung masih dibatasi yaitu hanya 300 orang per sesi dengan sistem in-out. Tujuannya agar aktivitas di dalam perpustakaan tetap kondusif. Maka jika ingin mendapatkan kesempatan untuk berkunjung, pastikan tidak terlambat dalam melakukan reservasi.

2. Cara Mendaftar Sebagai Anggota dan Cara Reservasinya

Jika kamu berniat berkunjung ke Perpustakaan Jakarta, pastikan anda mendaftar sebagai anggota kemudian melakukan reservasi terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar anda dapat menggunakan fasilitas yang ada, karena ada beberapa layanan yang tidak bisa digunakan oleh non-anggota di perpustakaan ini.

Berdasarkan akun instagram@wajabaru_tim, pengunjung dapat melakukan reservasi secara online melalui laman https://perpustakaan.jakarta.go.id/

Langkah-langkah untuk reservasinya adalah:

  1. Daftar keanggotaan melalui Jaklitera
  2. Melakukan reservasi kunjungan melalui perpustakaan.jakarta.go.id, seperti berikut:
  3. Jika sudah berhasil, login kembali dengan memasukan Username dan Password
  4. Untuk reservasi, pilih Jelajahi lalu Isi Buku Tamu
  5. Pilih Tanggal Kunjungan lalu tujuan Perpustakaan Jakarta dan setelah itu submit.
  6. Jika telah muncul QR Code pilih Simpan atau Screen Shoot lalu tunjukkan ke Petugas Perpustakaan.

3. Koleksi Buku dan Prosedur Peminjaman Buku

Di Perpumda ini terdapat 38.000 koleksi judul buku dan kurang lebih 190 ribu eksemplar buku yang dapat dibaca. Sedangkan Pusat Dokumentasi Sastra (PDS) HB Jassin memiliki 169.309 eksemplar buku.

Untuk dapat meminjam dan mengembalikan buku, anda harus terdaftar sebagai anggota yang terverifikasi, maka artinya pastikan anda sudah mendaftar sebagai anggota dengan cara-cara diatas. Setelah menjadi anggota, anda bebas meminjam buku yang tersedia.

4. Fasilitas dan Layanan yang ada di Perpustakaan

Sebelum mengunjungi perpustakaan ini, tentu saja kita perlu mengetahui fasilitas apa saja yang ada didalamnya sehingga dapat menjadi perbandingan apakah sesuai dengan kebutuhan atau tidak.

Berikut beberapa fasilitas Perpustakaan Jakarta yang telah dikutip dari instagram @wajahbaru_tim.

  • Ruang baca terbuka, ruangan ini telah disesuaikan dengan berbagai karakter pengunjung yang ingin membaca di tempat terbuka.
  • Ruang privasi, ruangan bagi pengunjung yang menyukai ketenangan. Ruangan ini didesain khusus dengan sekat pada masing-masing bilik agar membaca lebih nyaman dan aman.
  • Ruang inklusi, di ruangan ini tersedia buku braille dan komputer dengan sistem bahasa isyarat untuk memfasilitasi pengunjung difabel.
  • Ruang podcast, ruangan yang bisa digunakan secara gratis, dan silent piano yang bisa didengarkan menggunakan headset.
  • Ruang bermain anak, di ruangan ini tersedia sejumlah permainan yang dapat mengasah motorik anak seperti puzzle dan bussy board sehingga tidak perlu khawatir jika ingin mengajak anak-anak berkunjung.

Selain fasilitas di atas, tersedia layanan yang hanya bisa diakses oleh pengunjung yang terdaftar sebagai anggota. Layanan-layanan tersebut berupa:

  • Layanan Sirkulasi, yaitu layanan bagi pengunjung untuk melakukan proses peminjaman dan pengembalian buku.
  • Layanan Multimedia, yaitu layanan bagi pengunjung dapat mengakses komputer untuk kepentingan audiobook ataupun tugas lainnya.
  • Bilik Diskusi, yaitu layanan untuk keperluan diskusi kelompok, meeting maupun penelitian.
  • Bilik Siniar, yaitu layanan yang dapat digunakan untuk keperluan podcast para content creator.
  • Ruang Multifungsi (Belajar, Berkarya, Bertumbuh), yaitu layanan yang dapat digunakan untuk kegiatan komunitas, seperti : seminar, workshop, maupun launching buku.

5.Akses Transportasi Umum menuju Perpustakaan Jakarta

Sebagai warga ibu kota yang ketika akan bepergian tidak menggunakan kendaraan pribadi, anda tidak perlu khawatir karena ada transportasi umum yang dekat dengan Komplek Taman Ismail Marzuki sehingga memudahkan ketika akan mengunjungi Perpustakaan Jakarta. Transportasi umum itu berupa:

  • Transjakarta. Jika menggunakan Transjakarta, kamu bisa menaiki Transjakarta di koridor 5M/6H dan langsung turun di depan Taman Ismail Marzuki
  • KRL. Jika menggunakan KRL, kamu bisa turun di Stasiun Cikini dan melanjutkan perjalanan ke Taman Ismail Marzuki menggunakan ojek online.
  • MRT. Jika menggunakan MRT, kamu bisa turun di Stasiun MRT Bundaran HI kemudian melanjutkan perjalanan ke Taman Ismail Marzuki menggunakan ojek online.

Itulah wajah baru Perpustakaan Jakarta dengan berbagai fasilitas yang sangat lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Perpustakaan Jakarta ini diharapkan dapat meningkatkan literasi masyarakat juga memperkenalkan karya-karya seniman serta budayawan.

Maka dari itu, Perpus Jakarta ini menjadi pilihan wisata edukatif yang bisa digunakan oleh masyarakat di ibu kota. Jadi, kapan kamu akan berwisata yang menambah wawasan di Perpustakaan Jakarta?

Baca Juga: 5 Manfaat Menulis yang Kamu Harus Tahu


Like it? Share with your friends!

Emperor

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *