7 Keutamaan Berkurban Saat Hari Raya Idul Adha


Ilustrasi hewan kurban (pixabay.com/pexels)

Hari raya Idul Adha akan dilaksanakan pada tanggal 29 Juni 2023 dan tak sedikit umat muslim yang mulai mempersiapkan hewan kurban. Sebab, terdapat banyak keutamaan berkurban di perayaan Idul Adha, sehingga tak heran banyak umat muslim yang bersemangat untuk berkurban.

Lalu, apa saja sih keutamaan berkurban tersebut? Nah berikut ulasan lengkapnya yang wajib kamu tahu. Simak di bawah yuk.

1. Derajatnya akan dinaikkan oleh Allah

Keutamaan berkurban saat hari raya Idul Adha yang pertama adalah derajatnya kan dinaikkan oleh Allah. Mulai dari niat pembelian hewan kurban hingga proses kurban selesai. Sebagaimana yang dikatakan oleh sahabat Ali ra:

“Barangsiapa berangkat dari rumah hendak membeli hewan kurban, maka setiap langkahnya akan memperoleh 10 kebaikan dan dihilangkan 10 keburukan serta dinaikkan 10 derajat.” (Jawahir Zadah)

2. Amalan yang sangat Allah sukai

Berkurban termasuk ke dalam amalan yang sangat Allah sukai. Sehingga, bagi umat muslim yang melaksanakan kurban, akan mendapatkan pahala secara langsung.

Sebagaimana hadis riwayat Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Hakim berikut:

“Tidak ada satu amalan yang paling dicintai oleh Allah dari Bani Adam ketika hari raya Idul Adha selain menyembelih hewan kurban. Sesungguhnya hewan itu datang pada hari kiamat (sebagai saksi) dengan tanduk, bulu, dan kukunya. Dan sesungguhnya darah hewan kurban telah terletak di suatu tempat di sisi Allah sebelum mengalir ke tanah. Karena itu bahagiakan dirimu dengannya.”

Baca Juga:

3. Akan dihapuskan keburukannya

Ketika melaksanakan kurban, Allah akan meningkatkan setiap kebaikan dan menghapus keburukan. Keburukan tersebut akan dihapuskan dari setiap bulu hewan yang telah dikurbankan.

Sebagaimana dikatakan oleh sahabat Ali ra berikut:

“Barangsiapa berangkat dari rumah hendak membeli hewan kurban, maka setiap langkahnya akan memperoleh 10 kebaikan dan dihilangkan 10 keburukan serta dinaikkan 10 derajat, baginya setiap rambut menjadi gedung di surge, seorang bidadari yang ayu dan kendaraan bersayap berkecepatan tinggi, ia kendaraan ahli surga.” (Zahratul Riyadh)

4. Diselamatkan dari bahaya dunia akhirat

Bagi umat muslim yang berkurban dengan niat karena Allah serta melakukan tata cara berkurban yang benar, maka baginya akan dijauhkan dari bahaya di dunia dan akhirat. Sebagaimana berikut ini:

“Ingatlah, bahwa kurban itu termasuk amal-amal penyelamat yang menyelamatkan pemiliknya dari kejelekan dunia dan bahaya di akhirat.” (Zubdatul Wa’idhin)

5. Mendapatkan pahala yang berlimpah

Ikhlas berkurban dengan semata-mata karena mencari ridha Allah Ta’ala juga akan diberikan pahala berkali-kali lipat. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda:

“Bahwasanya para sahabat bertanya kepada Rasulullah Shallallaaahu ‘alaihi wasallam: “Apakah kurban-kurban ini? Beliau menjawab: “Sunnah bapak kamu sekalian, Ibrahim ‘alaihissallaam”. Sahabat bertanya: “Pahala apa yang kami dapatkan darinya? Rasulullah menjawab: Setiap satu tetes darah satu kebaikan.”

Baca Juga:

6. Sebagai bentuk menjalankan perintah agama

Melaksanakan kurban juga sebagai bentuk menjalankan perintah agama. Bagi umat muslim yang mampu, baik dari segi financial maupun mental diperintahkan untuk berkurban dan nantinya akan mendapatkan pahala berlimpah.

Syaikh Abdullah Alu Bassam berkata:

“Sebagian ulama yang ahli tafsir mengatakan: yang dimaksud dengan menyembelih hewan adalah menyembelih hewan qurban setelah shalat ied”.

7. Didekatkan dengan Allah SWT

Terakhir, bagi umat muslim yang melaksanakan kurban akan lebih dekat dengan Allah karena telah menjalankan apa yang Allah perintahkan. Sebagaimana penjelasan berikut ini:

“Udh-hiyah adalah hewan ternak yang disembelih pada hari raya Idul Adha dan hari Tasyriq dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah karena datangnya hari raya tersebut.” (Lihat Al Wajiz 405 dan Shahih Fiqih Sunnah II/366).

Sekarang sudah tahu kan apa saja keutamaan berkurban di hari raya Idul Adha. Yuk jangan lupa untuk berkurban bagi yang mampu secara finansial dan mental ya.

Baca Juga: 6 Langkah Menyembelih Hewan Kurban Sesuai Sunah

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Emperor

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *