4 Hormon Ini Ternyata Berperan Membuat Anda Bahagia


Ilustrasi hormon bahagia (pixabay.com/tumisu)

Meskipun terlihat sederhana, namun perasaan bahagia sangatlah besar manfaatnya dalam kehidupan ini. Perasaan bahagia membuat seseorang lebih bugar, bersemangat, dan terhindar dari kecemasan dalam mengerjakan tugas sehari-hari.

Apakah Anda tahu bahwa suasana hati kebahagiaan itu diatur oleh senyawa kimia yang ada di dalam tubuh manusia?

Senyawa kimia tersebut bernama hormon yang merupakan hasil dari produksi kelenjar di seluruh bagian tubuh manusia. Hormon didistribusikan ke seluruh tubuh melalui aliran darah dan bertindak sebagai pembawa pesan yang memiliki peran penting di dalam tubuh manusia. Dari sekian banyak fungsi hormon, terdapat fungsi penting yang berhubungan dengan kebahagiaan yaitu berperan mengatur suasana hati. 

Mau tahu jenis-jenis hormon yang diketahui membantu meningkatkan perasaan positif, bahagia, senang, dan ceria? Ini dia!

1. Serotonin

Ilustrasi hormon serotonin (pixabay.com/bestbiologygirl)

Serotonin adalah neurotransmiter yang mengatur banyak bagian otak melalui berbagai jalur di otak. Serotonin secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi hampir semua sel di otak dan berkaitan dengan berbagai fungsi seperti suasana perasaan, keinginan seksual, memori, nafsu makan, perilaku tidur dan bahkan perilaku sosial. Serotonin sesungguhnya terdapat hampir di seluruh tubuh dan memainkan peranan penting dalam pencernaan makanan, sirkulasi darah, dan pernapasan.

Turunnya kadar hormon yang juga dikenal dengan sebutan ‘hormon kebahagiaan’ ini akan mengakibatkan gejala fisik dan mental ringan termasuk kelelahan, sulit konsentrasi, kurang tidur, banyaknya pikiran negatif, dan mudah marah. Tapi jangan khawatir, Anda bisa meningkatkannya dengan cara berolahraga/beraktivitas fisik, pijat, mandi dengan air dingin, dan berjemur di bawah paparan sinar matahari pagi.

2. Endorfin

Ilustrasi hormon endorfin (dictio.id)

Hormon endorfin merupakan zat yang ada dalam diri manusia dan memiliki  manfaat yang cukup besar. Diantaranya ialah mengatur produksi hormon pertumbuhan dan seks, mengendalikan rasa  nyeri sakit yang menetap, mengendalikan perasaan stres, serta meningkatkan sistem kekebalan   tubuh. Hormon endorfin adalah senyawa kimia yang mampu menimbulkan perasaan senang dan nyaman hingga membuat seseorang merasa bersinergi.

Adapun cara meningkatkan hormon yang dianggap sebagai zat penghilang rasa sakit terbaik ini ialah dengan melakukan kegiatan relaksasi, berolahraga, pijat, tertawa dan menangis, serta mengonsumsi cokelat hitam.

Baca Juga: Kamu Sandwich Generation? Atasi dengan 4 hal ini yuk!

3. Dopamin

Ilustrasi hormon dopamin (oscmedcom.id)

Hormon dopamin juga disebut sebagai hormon pengendali emosi. Saat dilepaskan dalam jumlah yang tepat, hormon ini akan meningkatkan suasana hati, sehingga orang akan merasa lebih senang dan bahagia. Sebaliknya, kekurangan hormon dopamin akan membuat suasana hati menjadi buruk, bahkan dapat meningkatkan risiko terjadinya depresi. Dopamin juga dikenal sebagai hormon ‘perasaan baik’ dan bagian penting dalam sistem penghargaan otak.

Hormon ini dapat membuat seseorang menjadi semangat belajar, mengejar keinginan, dan cita-cita. Cara untuk meningkatkannya ialah dengan membuat daftar aktivitas, membuat perencanaan jangka panjang yang matang, meditasi, dan berolahraga.

Baca Juga: 5 Tips Move On dari Toxic Relationship

4. Oksitosin

Hormon oksitosin

Oksitosin membantu Anda lebih percaya sekaligus termotivasi untuk membangun hubungan jangka panjang dengan orang lain. Hormon ini juga berperan penting dalam hal persalinan, menyusui, dan ikatan orangtua terhadap anak yang erat. Hormon yang dikenal sebagai ‘hormon cinta’ ini juga dapat membantu meningkatkan kepercayaan dan empati. Cara memantik hormon dengan kadar yang umumnya dapat meningkat dengan rangsangan fisik seperti ciuman, pelukan, dan hubungan dekat ini ialah mandi menggunakan air dingin, mendengarkan musik, dan bersosialisasi dengan orang lain.

Satu hal yang mesti perlu diketahui, hidup bahagia adalah dambaan seluruh makhluk. Jangan pernah terlarut dalam penderitaan secara berkepanjangan. Kebahagiaan akan datang jika Anda mengasihi diri sendiri dan ingat kebesaran Tuhan yang telah menyisipkan berbagai hormon untuk dapat diusahakan bagaimana mengaktifkannya dengan berbekal dari wawasan ilmu pengetahuan yang tentunya telah dibahas sebelumnya.

Itulah empat hormon yang berperan membuat anda bahagia. Kebahagiaan pun merupakan sebuah pilihan, apakah kebahagiaan itu Anda biarkan meresap ke dalam diri atau malah terabaikan begitu saja pada akhirnya.

Baca Juga: Menjadi Bahagia, Rajinlah Buang Sampah Batin!

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Emperor

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *