Profil Jeonnam Dragons, Klub Baru Asnawi Mangkualam di Liga 2 Korea Selatan


BekelSego – Asnawi Mangkualam resmi bergabung dengan klub divisi kedua Liga Korea Selatan atau K League 2, Jeonnam Dragons, Jumat (27/1/2023). Kabar bergabungnya bek Timnas Indonesia itu diumumkan melalui sebuah unggahan foto di Instagram Jeonnam Dragons. Dalam unggahan tersebut terlihat Asnawi mengenakan kaus tim berwarna kuning dan syal milik Jeonnam Dragons.

“Selamat datang di JDFC,” tulis Jeonnam Dragons dalam keterangan unggahannya.

Profil Jeonnam Dragons

Jeonnam Dragons merupakan sebuah tim sepak bola profesional yang didirikan pada 16 Desember 1994. Klub yang berkompetisi di divisi kedua Liga Korea Selatan ini berbasis di Gwangyang, Provinsi Jeolla Selatan, Korea Selatan.

Jeonnam Dragons memulai kompetisi pertamanya pada tahun 1995 di Liga 1 Korea Selatan atau K League 1. Namun, pada musim 2018 Jeonnam Dragons terdegradasi dari K League 1 ke K League 2 hingga saat ini. Jeonnam Dragons berada di bawah asuhan pelatih Lee Jang-Kwan. Lee Jang-Kwan resmi diangkat sebagai pelatih Jeonnam Dragons sejak 9 Juni 2022.

Baca Juga: Serba-serbi Piala Dunia Qatar 2022

4 Kali Juara Piala Korean FA Cup

Meski belum pernah menjuarai liga, Jeonnam Dragons ternyata sudah berhasil meraih trofi Korean FA Cup sebanyak empat kali. Jeonnam Dragons berhasil menjuarai turnamen tersebut pada tahun 1997, 2006, 2007, dan terakhir tahun 2021.

Pada Korean FA Cup 2021, Jeonnam Dragons berhasil mengalahkan Daegu FC dengan agregat gol 4-3. Kemenangan Jeonnam Dragons dalam Korean FA Cup sekaligus juga membuat mereka menjadi klub pertama di divisi dua Liga Korea Selatan yang memenangkan Piala Korean FA Cup. Kemenangan tersebut juga membawa Jeonnam Dragons melaju ke babak penyisihan grup AFC Champions League 2022.

Penampilan Jeonnam Dragons dalam AFC Champions League

Dalam babak penyisihan grup AFC Champions League, Jeonnam Dragons bergabung di grup G bersama BG Patthum United, Melbourne City, dan United City. Namun, Jeonnam Dragons belum berhasil lolos ke babak 16 besar.

Meski gagal lolos ke babak 16 besar, Jeonnam Dragons sempat memenangkan dua kali pertandingan dari total enam pertandingan yang telah dimainkan. Sayanganya kala itu, kemenangan tersebut belum mampu membawa Jeonnam Dragons lolos ke babak berikutnya karena Jeonnam Dragons hanya mampu mencapai peringkat ke-3 fase grup sehingga otomatis tersingkir dari AFC Champions League.

Baca Juga: 5 Fakta Shayne Pattynama, Pemain Naturalisasi Baru Timnas Indonesia

 

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *