7 Tips Mengenakan Heels untuk Pemula, Agar Lancar dan Percaya Diri!


Ilustrasi menggunakan heels (pexels.com/luis quintero)

Bagi seorang wanita, heels menjadi salah satu penunjang penampilan yang cukup penting agar tubuh terlihat lebih jenjang dan ramping. Sayangnya, menggunakan heels itu tidaklah mudah apalagi untuk pemula. Butuh keberanian dan kepercayaan diri penuh agar tidak salah dalam menggunakannya. Sebab, jika salah sedikit bisa mengakibatkan kaki pegal, keseleo bahkan cedera.

Tapi tenang saja. Buat pemula yang ingin mencoba mengenakan heels, kamu bisa banget ikuti 7 tips di bawah ini ya supaya lancar dan percaya diri.

1. Pilihlah heels yang sesuai dengan ukuran kaki kamu

Hal pertama yang wajib kamu pertama adalah pastikan heels yang digunakan tidak kebesaran atau kekecilan. Sebab, ini akan memengaruhi gerakan kedua kaki kamu saat berjalan. Pastikan panjang dan lebar sepatu tersebut sudah pas dengan kedua kakimu.

Ukuran sepatu yang pas akan membantumu lebih leluasa berlatih mengenakan heels dan tentunya kakimu juga akan terhindar dari lecet, nyeri atau masalah lainnya. Perlu diperhatikan juga, jangan mengenakan alas sepatu yang licin ya karena kamu bisa terjatuh nanti.

2. Mulailah dengan hak yang rendah

Sebagai pemula, kamu bisa memilih sepatu heels dengan hak yang rendah. Mulailah dengan tinggi hak antara 3-4 inchi untuk pemakaian di awal. Ini bertujuan untuk membuat kamu terbiasa dahulu dalam mengenakan heels. Jangan langsung mencoba mengenakan heels dengan hak tinggi ya. Sebab, jika belum terbiasa kamu bisa saja terjatuh saat mencobanya dan berakhir cedera.

Jika kamu sudah terbiasa, kamu boleh banget menaikkan sedikit demi sedikit hak sepatunya agar kamu semakin jago mengenakannya.

3. Gunakan heels dengan hak tebal

Ketika memilih heels, perhatikan juga tebal hak yang akan digunakan. Untuk pemula, baiknya pilih heels dengan hak tebal. Heels tebal akan membantu menyeimbangkan tubuh dan kakimu saat mulai melangkah. Selain itu, ketebalan heels ini pun tidak akan membuat kakimu cepat pegal.

Kamu bisa memilih heels jenis wedges atau chunky di awal pemakaian untuk membiasakan kedua kakimu memakai heels. Jika sudah terbiasa, perlahan-lahan kamu bisa mencoba mengganti heels tebaldengan hak yang sedikit lebih tipis.

Baca Juga: 5 Tips agar Kamar Mandi Tetap Aman Bagi Lansia dan Penyandang Disabilitas

4. Pastikan sol tidak flat atau licin

Selain hak tebal, kamu juga harus memerhatikan sol sepatu yang akan digunakan. Jangan mengenakan sepatu dengan sol yang flat atau licin. Pilihlah sol sepatu yang berlekuk agar tidak terjatuh saat mengenakan heels. Jika kamu tidak menemukan sol berlekuk, kamu bisa banget mengakalinya dengan membuat goresan-goresan di dasar sol kamu menggunakan gunting atau mengamplasnya sedikit.

Trik ini mungkin akan sedikit merusak sol sepatumu, tetapi ini akan membantumu lebih leluasa saat berjalan dan terhindar dari terpeleset.

5. Mulai melangkah dengan langkah kecil

Setelah mendapatkan heels yang tepat, tips selanjutnya adalah mulai melangkah dengan langkah kecil secara perlahan dan pastikan tidak menekuk lutut berlebihan. Cobalah melangkah dengan menapakkan bagian tumit atau haknya terlebih dahulu kemudian tapakkan ujung kaki. Jangan berjalan dengan ujung kaki terlebih dahulu karena akan membuat badan tidak seimbang nantinya.

Selanjutnya, melangkah dengan membentuk satu garis lurus dan pandangan fokus ke arah depan. Hindari berjalan dengan langkah kaki yang terlalu lebar agar langkahmu terasa alami dan membuatmu lebih nyaman.

Baca Juga: Tips Menggantung dan Menyimpan Hijab

6. Pastikan postur tubuh tegak tidak membungkuk

Postur tubuh saat berlatih dengan heels juga perlu diperhatikan agar memudahkan kelancaranmu saat berjalan. Jika kamu berlatih dengan posisi membungkuk atau menyeret kaki, kakimu akan terasa tertekan dan mudah sakit. Jadi, cobalah berlatih dengan posisi tubuh yang tegak, tarik kedua bahu sedikit ke belakang dengan sejajar dan tegakkan kepala menghadap lurus ke depan. Setelahnya, mulailah berjalan santai dengan menggerakkan pinggang dan lutut mengikuti ayunan langkah kaki.

Perlu diingat juga, meski tubuhmu berdiri tegak, tetap bawa santai saja ya saat berjalan jangan terlalu kaku agar otot-otot kakimu tidak sakit saat berlatih dan tidak terlihat dibuat-buat.

7. Banyak berlatih

Tips terakhir adalah banyak berlatih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tentu kamu harus banyak berlatih mengenakan heels di setiap waktu luangmu. Kamu bisa mulai berlatih di rumah dengan mengelilingi area dalam rumahmu atau teras rumah. Setelah mulai terbiasa dan nyaman dengan heels, kamu bisa mulai pindah berlatih di medan yang sedikit sulit. Seperti naik turun tangga, berjalan di atas jalanan yang kurang rata atau mungkin bisa di area tanah atau rumput.

Jika kamu ingin berlatih berjalan menggunakan tangga, pastikan kamu memulai dengan menapakkan bagian depan dahulu ya agar badanmu seimbang dan kamu juga bisa memanfaatkan pegangan tangga atau railing agar tidak terjatuh. Begitu juga saat kamu ingin mencoba di area tanah atau rumput, tapakkan bagian depan bukan pada heels agar tidak menancap dan merusak heels.

Ingin lancar dengan heels memang tidak mudah. Butuh banyak waktu untuk berlatih dan konsisten di setiap latihan. Tapi perlu diingat juga, keseringan berlatih pun tidak baik untuk kakimu lho. Kamu bisa mengatur jadwal latihan di waktu senggang saja. Semangat!

Baca Juga: 4 Tips Memilih Sunscreen yang Bagus

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Explorer

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *