7 Langkah Membangun Rumah Sederhana Minimalis dan Elegan, Dengan Budget Minim


Ilustrasi rumah sederhana minimalis elegan (mitrarenov)

Rumah adalah tempat untuk berlindung serta tempat untuk merasakan kenyamanan. Dalam era modern seperti saat ini, tampilan rumah sederhana minimalis dan elegan menjadi pilihan banyak orang.

Banyak orang berkeinginan memiliki rumah yang indah dan nyaman, namun tidak semua orang memiliki anggaran besar untuk membangun rumah impian mereka. Tapi tenang saja, kamu bisa memiliki rumah sederhana minimalis dan elegan dengan beberapa tips yang tepat.

Yuk kita bahas bagaimana menciptakan rumah sederhana minimalis dan elegan dengan budget terbatas.

1. Memilih lokasi rumah

Ilustrasi lahan membangun rumah yang strategis (pixabay,com/paulbr75)

Pemilihan lokasi untuk lokasi merupakan hal utama dalam memilih rumah. Tentunya kamu akian mempertimbangkan beberapa aspek seperti Lokasi yang strategis, keamanan dan kebersihanĀ  lingkungan sekitar, adanya fasilitas umum yang memadai, lokasi tersebut tidak rawan bencana (seperti banjir dan tanah longsor), dan tentunya kamu juga harus mempertimbangkan investasi atau harga jual kembali jika kamu membeli suatu aset.

Untuk membangun rumah sederhana minimalis dan elegan, tentunya kamu perlu memilih lokasi yang sekiranya pas untuk membangun rumah tersebut. Untuk pemilihan lokasi, tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Misal, jika ada 4 orang anggota keluarga, maka bangunlah rumah yang sesuai dengan bijak, tanpa perlu membangun rumah yang besar. Pembangunan rumah ini harus disesuaikan anggaran atau kemampuan keuangan kamu.

Baca Juga:

2. Perencanaan dan disain rumah sederhana minimalis dan elegan

Ilustrasi disain rumah sederhana minimalis dan elegan (pixabay.com/ElasticComputeFarm)

Setelah menemukan lokasi yang tepat dan menetapkan budget hal yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah membuat desain yang sesuai dengan keinginan kamu. Pilihlah desain yang sekiranya dapat membuat kamu dan keluarga merasa nyaman dan perhatikan budget yang sanggup kamu siapkan. Beberapa aspek yang harus kamu perhatikan dalam merancang disainĀ  rumah yang minimalis dan elegan seperti:

Memilih desain rumah yang minimalis dan eleganĀ 

Untuk memilih desain rumah yang minimalis dan elegan, kamu bisa bertanya kepada teman atau kerabat terlebih dahulu, tentunya orang yang paham dengan desain rumah ya. Jangan langsung bertanya langsung kepada kontraktor, karena kontraktor pasti akan terus mengejar kamu untuk melanjutkan ke pembangunan.

Kamu juga bisa mencari referensi di google untuk desain rumah sederhana minimalis dan elegan, baik itu eksterior maupun interiornya.

Baca Juga:

Membuat gambar rencana bangunan

Setelah desain rumah telah dipilih hal yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah menyusun gambar rencana bangunan. Dalam merencanakan gambar bangunan rumah, pastikan kamu telah membuat sedetail mungkin untuk menghindari kesalahan pada pembangunan dan juga dapat di baca oleh tukang bangunan.

Jangan meremehkan gambar perencanaan rumah tinggal yang akan kamu buat. Banyak sekali orang yang telah meremehkan gambar perencanaan rumah tinggalnya yang berakibat fatal pada hasil pembangunan.

Selain itu gambar rancangan rumah, yang mesti dibuat juga adalah Rencana Anggaran Biaya (RAB) untuk pembangunan. Buat RAB sedetail mungkin, dengan patokan harga bahan bangunan dan biaya jasa tukang yang dibutuhkan saat ini.

3. Proses pembangunan rumah dan memperhatikan detil finishing bangunan

Ilustrasi pembangunan rumah sederhana minimalis dan elegan (master tukang)

Sebelum membangun rumah kamu harus mencari penyedia jasa/tukang bangun rumah yang tepat. Kamu perlu berhati hati dalam mencari penyedia jasa bangun rumah, jika salah dalam memilih kontraktor atau pemborong dapat berakibat muncul potensi pembekakan biaya yang di gunakan untuk pembangunan rumah. Selain itu, kamu juga harus mengurus Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) terlebuh dahulu, agar tidak ada masalah di kemudian hari.

Ada beberapa tahapan dalam membangun rumah sederhana minimalis dan elegan, yaitu:

  1. Pengerjaan awal seperti perataan dan pembersihan lahan, pembuatan bedeng yang akan digunakan sebagai tempat istirahat maupun sebagai tempat penyimpan peralatan dan material, menyiapkan kebutuhan air, dan menyiapkan kebutuhan listrik.
  2. Pengerjaan pondasi untuk bangunan rumah, yang mana telah dihitung dari semua panjang pondasi dikalikan dengan tinggi pondasi menggunakan satuan meter persegi.
  3. Pengerjaan struktur bangunan
  4. Pengerjaan dinding menggunakan bata dengan adukan semen atau semen khusus.
  5. Pengerjaan kusen, pintu dan jendela pada sisi-sisi dinding tertentu sesuai dengan desain rumah yang telah disepakati.
  6. Pengerjaan atap yang merupakan pemasangan rangka atap dan genteng
  7. Pengerjaan plumbing seperti pemasangan WC, wastafel, pemasangan kran-kran, pancuran dan semprotan air, pemasangan instalasi air bersih dan air kotor.
  8. Pekerjaan mekanikal dan elektrikal yaitu berupa pemasangan jaringan kabel listrik dari meteran listrik, kotak sekring, saklar, titik-titik lampu penerangan dst.

Setelah rangkaian pengerjaan tersebut selesai, langkah selanjutnya adalah finishing. Finishing rumah yang baik dan berkualitas dapat mempengaruhi keeleganan rumah. Elemen seperti warna dinding, desain dinding, pemilihan material dan kualitas pemasangan bisa membantu meningkatkan kesan elegan pada rumah.

Finishing juga termasuk elemen penting dalam membuat rumah tampak lebih bersih, rapi dan terawat. Finishing yang baik dapat menambah nilai estetika dan juga memperkuat struktur rumah. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan ditail dan memilih bahan berkualitas saat melakukan pengerjaan finishing rumah.

Baca Juga:

5. Menggunakan lighting/pencahayaan yang baik

Ilustrasi pencahayaan rumah yang baik (scgcbm.id)

Pencahayaan yang baik dapat membuat rumah terasa lebih elegan dan memesona. Sistem pencahayaan yang tepat dapat menambah kesan ruang, menonjolkan fitur rumah dan memberikan nuansa yang menyenangkan. Tidak hanya itu, pencahayaan yang teratur dan harmonis juga dapat membuat ruang terasa lebih besar dan nyaman.

Dengan mengatur pencahayaan yang berbeda pada tiap-tiap ruang juga dapat membantu mempertegas fungsi ruang dan membuat rumah terasa lebih hidup.

3. Menggunakan perabotan dan furnitur yang minimalis

Ilustrasi furnitur rumah sederhana minimalis dan elegan (pixabay.com/ErikaWittlieb)

Setelah proses pembangunan dan finishing selesai, untuk lebih menonjolkan sisi minimalis dan elegan, kamu bisa memilih perabot rumah yang sesuai dengan hal ini. Pilih perabotan yang sederhana dan fungsional dengan garis-garis bersih. Perabotan dan furnitur harus dipilih dengan cermat untuk memastikan kenyamanan dan kesesuaian dengan gaya rumah. Furnitur yang berkualitas dan nyaman dapat membuat rumah terasa lebih nyaman dan elegan.

Desain furnitur yang unik dan elegan juga dapat membuat rumah terlihat lebih stylish dan membuat kamu merasa lebih bangga tinggal di rumah tersebut. Pempertimbangkan ukuran dan bentuk furnitur agar sesuai dengan ruangan dan tidak membuat ruangan terlihat sempit atau penuh.

7. Membuat taman yang minimalis

Ilustrasi taman untuk rumah sederhana minimalis dan elegan (pixabay.com/mschiffm)

Setelah bagian eksterior dan interior rumah siap, kamu bisa memikirkan hal lain untuk menambahkan kesan minimalis dan elegan, seperti membuat taman. Kamu bisa merancang taman dengan tanaman yang cocok untuk menciptakan kesan yang alami. Kamu juga bisa menambahkan tanaman hijau dalam rumah dapat memberikan kesan segar dan alami. Selain sebagai hiasan, tanaman hijau juga dapat mengurangi polusi udara dan membuat rumah lebih hidup.

Itulah langkah untuk memciptakan rumah sederhana minimalis dan elegan. Jangan takut untuk mencoba hal-hal baru dan mengombinasikan gaya yang berbeda untuk menciptakan suasana yang unik dan memesona.

Baca Juga: 7 Pilihan Warna Sofa Yang Elegan, Menambah Estetika Ruang Tamu


Legend