5 Prediksi Tren Desain Interior Rumah 2023

Bersiaplah membuat interior rumah tahun 2023 menjadi menakjubkan!


Tren desain interior selalu berubah dari tahun ke tahun. Perubahan gaya hidup dan perkembangan ilmu pengetahuan turut mempengaruhi perubahan interior yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Menurut desainer interior profesional, Joke Ross dan Roland Adam, terdapat tren interior yang akan diminati pada 2023.

Beberapa tren tahun 2022 masih akan berlanjut hingga kuartal kedua 2023. Berikut ini lima prediksi tren desain interior 2023 yang dapat kamu terapkan saat merancang ruangan.

1. Desain Interior yang Fokus pada Kesehatan

Desain interior rumah (Pexels.com/Mark McCammon)

Sejak adanya pandemi, orang-orang menjadi semakin aware terhadap kesehatan. Mereka menginginkan sebuah ruangan yang dapat meningkatkan kualitas hidup. Kesejahteraan hidup dianggap lebih penting daripada barang-barang yang indah dan mahal.

Faktanya, desain interior suatu ruangan memang dapat mempengaruhi kualitas hidup seseorang. Pengaturan pencahayaan, warna, dan tata letak harus dipikirkan dengan matang agar tidak mengganggu kesehatan tubuh maupun mental.

Beberapa studi neuro arsitektur menyebutkan bahwa pengaturan pencahayaan yang buruk dapat meningkatkan risiko kanker pada tubuh manusia. Begitu pula dengan pemilihan warna pada sebuah ruangan, ternyata bisa mempengaruhi emosional dan kondisi psikologis seseorang.

Karena banyak beraktivitas di dalam ruangan, penataan interior perlu disesuaikan dengan kebutuhan agar lebih nyaman dan tidak terlihat berantakan.

Tren tata letak desain interior pada 2023 lebih banyak dipengaruhi oleh budaya timur, seperti estetika feng shui, wabi-sabi, ikigai, dan japandi.

2. Desain Interior Berkonsep Back To Nature

Desain interior rumah berkonsep back to nature (Pexels.com/ Valeria Boltneva)

Konsep back to nature atau biofilik diprediksi masih menjadi tren interior pada 2023. Pemilihan material berbahan alami seperti rotan, kayu, batu, linen, katun, beludru, dan keramik membuat suasana ruangan menjadi damai. Bahan alami cenderung memiliki daya tahan yang baik dan ramah lingkungan sehingga cocok untuk hunian yang berkelanjutan.

Penempatan tanaman di dalam ruangan dapat menambah kesegaran dan perasaan dekat dengan alam. Sejumlah studi menyatakan bahwa beberapa tanaman dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan kualitas udara, serta memberi kenyamanan psikologis bawah sadar.

Penambahan unsur air seperti akuarium dan kolam ikan juga dipercaya dapat memberikan efek ketenangan dan bisa menurunkan tekanan darah, sehingga baik untuk kesehatan jantung. Konsep back to nature membuat indoor garden semakin diminati pada 2023.

3. Desain Interior dengan Kombinasi Warna Earth Tone

Desain interior kamar dengan warna earth tone (Pexels/Pixabay)

Warna yang menjadi tren desain interior pada 2023 merupakan warna-warna yang kalem dan bisa menenangkan jiwa. Warna yang terinspirasi dari alam (earth tone) memiliki efek yang tenang, rileks, dan santai. Salah satu warna earth tone yang diprediksi akan banyak diminati adalah warna gentle gold. Warna ini memberikan kesan hangat dan lembut dengan rona emas yang sedikit berpasir.

Saat matahari terbenam, warna gentle gold akan tampak seperti pemandangan gurun yang indah dengan kesan tradisional. Alternatif warna earth tone yang dapat digunakan di dalam ruangan antara lain biru, hijau, cokelat, tan, terracotta, tranquill, atau abu-abu.

Pemilihan warna pada ruangan sebaiknya menggunakan satu tone dan netral. Karena terlalu banyak warna dapat memberikan efek cepat pusing dan lelah.

4. Desain Interior yang Menenangkan

Desain interior ruangan yang menenangkan (Pexels/Pixabay)

Kebutuhan akan ruang yang menenangkan masih menjadi tren di tahun 2023. Hal ini karena banyaknya aktivitas yang dilakukan di dalam ruangan, serta meningkatnya kesadaran masyarakat akan kesehatan mental.

Sebelumnya, desainer interior Marie Cloud pada 2022 menyebutkan bahwa akan semakin banyak ruangan yang memiliki kepribadian serta ikatan pribadi dengan minat, hobi, dan kesenangan pemiliknya.

Ketenangan pada ruangan bisa didapatkan dengan cara menghindari warna yang mencolok, memastikan pencahayaan yang baik, serta meminimalisir perabotan rumah.

5. Desain Interior Multifungsi

Desain interior multifungsi (Pexels,com/Vecislavas Popa)

Semakin banyak masyarakat yang bergaya hidup hemat (frugal living) menjadikan kebutuhan desain multifungsi semakin meningkat. Orang-orang akan menjadi kreatif dan memanfaatkan apa yang ia miliki.

Misalnya dengan menggunakan ruang tamu sekaligus menjadi ruang kantor, ruang keluarga bergabung dengan ruang makan, atau desain dinding multifungsi yang dapat digunakan untuk menyimpan barang. Konsep desain interior multifungsi juga dapat menjadi alternatif untuk menyiasati lahan yang terbatas.

Itulah lima prediksi tren desain interior 2023 yang dapat kamu terapkan saat mendesain rumah. Semoga bisa menjadi inspirasi dan menjadikan hidupmu jauh lebih baik.

Baca Juga: Mengenal Borobudur, Sebuah Mahakarya Asli Buatan Nusantara

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Explorer

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *