6 Alasan Kenapa Harus Punya Rasa Takut, Tidak Selalu Buruk lho!

Hadirnya rasa takut juga mampu membuat seseorang mengenali diri sendiri dengan baik!


Sebagai seorang manusia biasa, Anda pasti kerap memiliki rasa takut bukan? Namun rasa takut yang terdapat dalam diri seseorang tidak selamanya buruk, bahkan terkadang ada orang yang tidak mengenal rasa takut. Hal ini tentu saja bisa menjadi masalah bagi dirinya atau pun orang lain yang terlibat dengannya.

Dilansir dari detikhealth, seorang peneliti, Dr Justin Feinstein dari University Of Lowa, Amerika Serikat menyatakan bahwa ada orang yang tidak takut akan apa pun. Kondisi ini membuat seseorang tidak peduli dengan apa yang terjadi dilingkungan sekitarnya. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan olehnya, gejala tersebut disebut penyakit langka.

Hal tersebut dikarenakan penyakit yang mengakibatkan kehilangan sebagian otak yang disebut dengan amygdala. Sebenarnya kasus dari kerusakan amygdala ini membuat seseorang tidak bisa berperilaku dengan kondisi sosial yang dihadapinya. Kondisi ini tentu tidak selamanya menguntungkan, alasan kenapa punya rasa takut tidak selalu buruk.

1. Membuatmu belajar akan nilai-nilai yang terkandung dalam kegagalan

Ilustrasi  saat mengalami kegagalan (pexels.com/Anna Shvets)

Dalam diri seseorang tentu ada yang namanya ambisi atau rasa untuk memenangkan sesuatu yang diinginkannya. Namun dalam melakukan prosesnya, terkadang manusia dihinggapi dengan rasa takut. Rasa takut ini tentu bermacam-macam mulai dari takut gagal, mengecewakan keluarga, dan yang lainnya.

Rasa takut yang timbul itu sebenarnya adalah hal yang normal dan tidak selamanya buruk, mengapa? Adanya rasa takut tentu akan membuatmu lebih berhati-hati dalam berproses sehingga apa yang diinginkan bisa terwujud. Tidak hanya itu, Kamu juga akan lebih mempelajari nilai-nilai dan makna yang terkandung dalam sebuah kegagalan.

2. Meningkatkan kepekaan terhadap lingkungan sekitar

Ilustrasi peka terhadap lingkungan (pexels.com/Rodnae Productions)

Mempunyai rasa takut juga dapat meningkatkan kepekaanmu terhadap lingkungan sekitar lho! Pasalnya setiap makhluk hidup punya tingkat kemawasan terhadap diri dan lingkungannya, hal ini dilakukan sebagai bentuk perlindungan. Kamu akan merasa lebih peka terhadap lingkungan dan juga lebih waspada.

3. Menyadari akan kekurangan diri

Ilustrasi menyadari kekurangan diri (pexels.com/Liza Summer)

Timbulnya rasa takut yang Kamu miliki bisa membuatmu sadar akan kekurangan yang dimiliki. Hal ini tentu akan berbanding terbalik dengan seseorang yang tidak takut akan hal apa pun. Pasalnya mereka yang tidak takut dengan berbagai hal cenderung menjadi pribadi yang sombong. Bukan hanya itu saja, mereka biasanya juga tidak mampu untuk mengenali bagian yang kurang dari dirinya.

Menyadari kekurangan yang kita miliki tentu bisa menjadi sebuah renungan dan bahan evaluasi diri. Kesadaran akan hal ini tentu dapat kita jadikan sebagai bahan untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik ke depannya. Sehingga Kamu bisa menciptakan versi terbaikmu di masa depan.

Baca Juga: 5 Tips Mencegah Kekhawatiran dari Ramalan Mengerikan Tahun 2023

4. Membuatmu lebih waspada dan berhati-hati

Ilustrasi waspada (pexels.com/Nandhu Kumar)

Memiliki rasa takut juga dapat membuatmu lebih waspada dan berhati-hati lho! Pasalnya rasa takut yang Kamu miliki tersebut dapat membuatmu lebih sensitif dan juga peka terhadap orang lain dan lingkungan. Hal ini tentu memberikan dampak positif sehingga Kamu tidak mudah untuk terluka.

5. Membuatmu semangat untuk terus maju

Ilustrasi semangat untuk maju (pexels.co/Rodnae Productions)

Perasaan takut akan hasil yang tidak sesuai dengan ekspektasi tentu bisa membuat seseorang makin semangat untuk maju, bagaimana tidak? Bagi sebagian orang, rasa takut bisa mencegahnya untuk gagal, sehingga berbagai usaha pun dilakukan demi sebuah keberhasilan.

6. Menyadari pentingnya perubahan yang harus dilakukan

Ilustrasi penerimaan perubahan (pexels.com/Christina Morillo)

Dalam melakukan perubahan diri, tentu tidak semua orang siap untuk melakukannya. Namun dengan adanya rasa takut oleh berbagai hal, tentu membuat seseorang menyadari bahwa perubahan penting untuk dilakukan. Hal ini dilakukan supaya Kamu dapat melangkah maju ke depan dengan versi terbaik yang bisa Kamu berikan.

Nah, itulah alasan mengapa rasa takut perlu Kamu butuhkan dalam hidup, tidak melulu buruk, kan? Kamu bisa mengubah cara berpikirmu ke berbagai perspektif lain, sehingga hal-hal positif dan kebaikan di baliknya pun terlihat.

Baca Juga: 5 Macam Phobia dan Pengertiannya, Kamu Wajib Tahu!

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Senior

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *